Luzon Tenggara

 

Windmills di Camarines Norte (dok PDOT)

Tentang Luzon Tenggara

Berada di tenggara Manila, provinsi yang berada di kawasan Luzon Tenggara memiliki banyak destinasi favorit wisatawan saat liburan ke Filipina. Mereka punya segala keajaiban alam, laut, kuliner dan budaya yang menjadi tujuan utama turis ke Filipina.

Mulai dari snorkling dengan hiu paus, trekking ke gunung berapi, selancar dengan ombak yang menantang dan jajaran pantai berpasir putih menjadi alasan turis ramai liburan ke wilayah Luzon Tenggara.

Sebut saja Provinsi Quezon yang tereknal dengan Gunung Banahaw, gunung berapi paling terkenal di Filipina. Ada Pulau Marinduque dengan panoramanya yang indah, Legazpi dan Sorsogon dengan garis pantainya yang menawan.

Lanjut ke Semenanjung Caramoan dengan beragam surga tersembunyinya. Bico dengan panorama bawah lautnya dan Masbate dengan ombak pantainya untuk pecinta selancar.

Beragam destinasi, beragam daerah, tentu beragam pula pesonanya. Jika kamu ingin liburan ke Filipina, khususnya ke wilayah Luzon Tenggara persiapkan waktu yng panjang. Karena tidak sedikit tempat indah yang menunggu kedatanganmu. Yuk!

Kegiatan Utama

Karena terdapat beberapa provinsi di wilayah Luzon Tenggara, maka kita akan mengelompokaan destinasi wisatanya berdasarkan provinsinya.

1. Quezon

Sebagian besar wilayah utara Provinsi Quezon adalah ataran tinggi dan pegunungan. Kebanyakan dari mereka adalah wilayah terpencil dan sulit untuk dijangkau. Sedangkan bagian selatan dari provinsi ini berfungsi sebagai pos masuk Manila ke wilayah Bicol.

Adapun atraksi utama yang itawarkan Quezon adalah gunung berapi untuk para pendaki. Ada Gunung Banahaw dan Gunung Cristobal, yang jalurnya bisa dibilang mudah dan aman untuk pendaki pemula kok. Kamu juga bisa trekking menjelajahi Taman Nasional Quezon.

Nah bila kamu datang bulan Mei, nikmati Festival Pahiya, festival terbesar di Quezon. Biasanya festival ini diadakan di sekitar Lucban.

Baca tentang Quezon di sini ya.

2. Masbate

Masbate terletak ditengah kepulauan Filipina dengan ibukotanya bernama sama. Ada dua pulau sekunder yaitu Burrias dan Ticao, serta pulau-pualu kecil lainnya. Tentu saja sejumlah pantai cantik dimiliki oleh Provinsi Masbate.

Jelajahi juga Bituon dengan gua-gua besar di hutannya yang lebat di Kalanay dan Batongan. Nikmati juga hasil pertanian warga lokal, karena bertani adalah mata pencarian utama provinsi ini.

Baca tentang Masbate di sini ya.

Air Terjun Catandayagan di Masbate (dok zeotrip.com)

 

3. Semenanjung Caramoan

Wilayah ini diberkati tebing batu kapur dan teluk biru yang menyaingi Visayas atau Palawan. Walau bisa dikatakan wilayah ini terpencil, namun tak kehilangan turis yang penasaran karena keindahannya. Adapun atraksi utamanya adalah pantai-pantai cantik berpasir putih.

4. Legazpi

Jelajahi Gunung Mayon yang terkenal dengan bentuknya yang berbentu sangat kerucut. Jangan lewatkan pantai-pantai cantik di Legazpi tepatnya disekitar Santo Somingo.

Telusuri juga gereja tua di Cagsawa yang hancur karena letusan dasyat Gunung Mayon di tahun 1814, dan Gua Hyop-Hoyopan dan Calabidongan.

5. Marinduque

Pulau berbentuk hati ini menyimpan pantai-pantai cantik dan bawah lautnya yang menawan. Ada beberapa pulau bagus yang bisa kamu jelajahi Marinduque, seperti Pulau Tres Reyes dan Kepulauan Santa Cruz.

Marinduque juga punya Festival Moriones, tradisi Paskah yang menampilkan pria-pria bertopeng berpakaian prajurit Romawi.

Baca tentang Marinduque di sini ya.

 

Festival Mariones (dok PDOT)

6. Provinsi Catanduanes

Provinsi Catanduanes merupakan pulau pedesaan yang luas dan kaya akan garis pantainya. Provinsi ini terkenal dengan ombak lautnya yang besar, hingga jangan heran ramai wisatawan dunia yang ingin berselancar di sini.

Di sini juga terdapat beberapa pantai cantik seperti Pantai Puraran yang terkenal ombaknya. Juga ada beberapa pantai cantik yang tidak jauh daari ibukota Boac. Kamu juga bisa jelajahi gua-gua besar di Lictin.

Waktu terbaik ke sini adalah Maret-Juni karena curah hujan sedikit dan kamu bisa menikmati pantai yang tenang. Selama bulan Juli-November wilayah ini sering dihantam topan dan tidak disarankan berlibur ke sini.

Baca tentang Provinsi Catanduanes di sini ya.

7. Bicol

Bicol dikenal dengan keindahan alamnya yang luar biasa. Adapun provinsi di dalamya meliputi Camarines Norte , Camarines Sur , Albay dan Sorsogon, dan provinsi Pulau Catanduanes dan Masbate.

Daerah ini kaya akan olahraga yang menantang adrenalin, seperti berselancar di Camarines Norte dan mendaki gunung berapi di Albay. Juga melihat hiu paus di Sorsogon. Bicol juga terkenal dengan kuliner pedas dan bersantannya.

8. Provinsi Sorsogon

Provinsi Sorsogon dikenal dengan topografi gunung berapi, beberapa pantai, danau, mata air panas dan air terjun yang tidak banyak diketahui. Sorsogon terletak di sebelah selatan Albay dan merupakan bagian paling timur dari daratan Bicol.

Provinsi ini terkenal dengan kawasan snorkeling dengan hiu paus di lepas pantai dekat Donsol. Juga banyak spot bagus untuk kegiatan seperti hiking dan caving.

Kota Sorsogon menjadi basis yang baik untuk menjelajahi banyak pantai indah, seperti Pantai Rizal. Ada banyak teluk-teluk kecil murni untuk dijelajahi di sepanjang pantai di sekitar Bacon, dan juga ada Gunung Bulusan, gunung berapi aktif yang bisa didaki.

Produk yang paling terkenal di Provinsi Sorsogon adalah serat abaka, serat spesies pohon pisang dan salah satu produk utama provinsi. Kadang-kadang dikenal sebagai rami Manila, serat ini diproses untuk membuat segala sesuatu dari uang kertas hingga kantong teh.

Baca tentang Provinsi Sorsogon di sini ya.

(dok donsolecotour.com)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *