Sorsogon

 

Tentang Sorsogon

Sorsogon dengan ibukota Sorsogon City tidak hanya berkembang dalam perekonomian saja. Sorsogon juga punya alam yang alami yang bisa menarik minat turis untuk berkunjung.

Salah satu atraksi yang membuat Sorsogon dikenal adalah habitat alami butanding (hiu paus) di lautnya. Hewan ini menarik mata para penyelam untuk datang dan melihat langsung hewan dan keindahan lautnya.

Namun bukan cuma Butanding yang menjadi atraksi di Sorsogon. Objek wisata lainnya yang tidak kalah mengagumkan adalah tiga danau di Gunung Bulusan, dan gemerlap cahaya kunang-kunang di Donsol dan Sungai Ogod.

Untuk aktivitas yang lebih santai, Anda dapat berjalan-jalan di Capitol Park atau menempuh jalan-jalan di kota. Warga setempat yang dikenal dengan Sorsoganon sangat ramah dan terbiasa menangani wisatawan. Suasana kehidupan di area ini sederhana dan santai.

Rencana perjalanan Anda juga sebaiknya disesuaikan dengan suasana yang santai di tempat ini. Tambahkan beberapa hari dalam liburan Anda karena waktu pun akan berjalan lambat di Sorsogon dan kegiatan akan mengalir dengan sendirinya.

 

Danau Bulusan (dok PDOT)

Kegiatan Utama

1. Berenang bersama hiu paus

Sorsogon punya atraksi melihat dan berenang bersama hiu paus atau warga lokal menyebutnya Butanding. Kamu bisa menyewa perlengkapan snorkling, guide dan kapal di Donsol. Supaya lebih hemat, patungan saja bersama wisatawan lain untuk menyewa kapal.

Untuk dapat bertemu dengan hewan hiu paus ini, kamu harus bersabar. Karena dia harus ditunggu dan diintai di waktu yang cukup lama. Dan hiu paus juga tidak diberi makan, namun dia akan datang saat dia memang lapar atau mencari makan. Waktu terbaik untuk datang ke sini adalah Desember-Mei.

2. Saksikan gemerlap alami

Ribuan tunton-balagon (kunang-kunang) menerangi malam di bantara Sungai Donsol dan hutan bakau di Sungai Ogod. Sebaiknya kamu mengikuti tur dengan pemandu.

3. Menikmati aktivitas air

Kamu yang suka menantang adrenalin, cobain deh drift boarding di pusaran air di Selat Calintaan di Matnog. Ini merupakan petualangan laut kelas atas dan memacu adrenalin. Seru banget!

Kamu yang mau diving, berkunjung saja ke Manta Bow, ini adalah spot terbaik menyelam di Bicol. Tempat ini cocok untuk yang sudah profesional, karena arus lautnya cukup kuat. Di sini kamu bisa bertemu hiu pasu dan beragam ikan lainnya.

 

(dok donsolecotour.com)

4. Mendaki gunung berapi

Taman Nasional Gunung Api Bulusan merupakan hutan lindung dan suaka margasatwa. Anda dapat mendaki Gunung Bulusan dari Danau Bulusan dan nikmati keindahan alamnya. Jika Anda masih menginginkan lebih banyak aktivitas fisik, Anda dapat menyusuri tepian danau atau berkayak. Anda juga bisa mendapatkan pijat di sini.

5. Kenali budayanya

Kunjungi rumah-rumah era kolonial Spanyol yang berjajar sepanjang jalan utama di kota Juban. Cicipi juga tsokolate (minuman coklat) setempat dengan timitim atau kinaluko.

6. Wisata air panas

Manjakan tubuh Anda dengan berendam di Mata Air Panas dan Dingin di San Benon atau Mata Air Mapaso. Berendam di tempat-tempat ini menenangkan dan sempurna untuk menghilangkan nyeri otot Anda.

7. Wisata pantai

Nah, di Sorsogon ada pantai dengan pasir yang berwarna pink. Pantai ini berada di Pulau Tikling dan Malarosa di Pulau Calintaan. Pantai ini merupakan variasi yang berbeda dari pantai-pantai pada umumnya. Kamu harus ke sini.

8. Kuliner

Nikmati hidangan favorit setempat seperti ginataang alimasag (kepiting direbus dalam santan kental) yang kaya rasa, atau ensaladang lato (salad rumput laut) yang menyehatkan.

9. Wisata sejarah

Telusuri juga Sorsogon Wartime Tunnel, salah satu terowongan yang berada di Kota Bulan. Ada dua sistem terowongan dan diyakinin berhubungan. Satunya berada di San Fransisco, Bulan, Sorsogon dan satunya lagi berada di Sta Remedios. Semua terowongan ini diyakini sebagai tempat persembunyian, gudang senjata, dan penyimpanan harta karun Yamashita.

Selain itu kamu juga bisa berkunjung ke Gereja St Joseph Parish. Ini adalah salah satu gereja tua di Bicol yang dibangun pada tahun 1884.

Cara ke Sorsogon

1. Udara

Setiap harinya ada penerbangan dari Manila ke Kota Legaspi. Butuh wsktu sekitar 50 menit perjalanan.

2. Darat

Jika kamu ingin ke Sorsogon menggunakan jalur darat, juga ada bus yang berangkat dari Manila ke Sorsogon City. Sedangkan jika kamu ingin berkeliling di Kota Sorsogo, kamu bisa menggunakan taxi, mobil sewaan, bus, jeepeney dan tricycle.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *