Cotabato Selatan

dok PDOT

Tentang Cotabato Selatan

Cotabato Selatan merupakan provinsi yang terkenal dengan tenunnya. Cotabato Selatan merupakan kampung halaman kerajinan tenun. Selain itu banyak spot menarik yang bisa dikunjungi di Cotabato Selatan.

Wilayah ini memiliki iklim mikro yang menjadikannya tempat yang sangat asyik. Marbel atau Koronadal, ibukota Cotabato Selatan cukup hangat. Danau Sebu, di lain pihak, dijuluki ‘Baguio Kecil’. Tempat ini indah dan dingin, cocok bagi yang mencari udara segar dan sejuk.

Kegiatan Utama

1. Mendaki Gunung

Objek wisata paling terkenal di sini adalah Gunung Matutum, menjulang setinggi 2.293 mdpl. Gunung ini salah satu dari 22 gunung berapi aktif di Filipina. Kamu tidak perlu cemas karena gunung ini terakhir kali meletus di tahun 1911 dan tidur sejak saat itu. Dari kota Tupi, dari pos ke puncak memakan waktu sekitar 4-5 jam dan Anda dapat menyaksikan keindahan hutan lebat dengan aneka ragam flora dan fauna.

Juga ada Gunung Parker dapat terlihat dari kejauhan dengan ketinggian 1.600 meter di atas permukaan laut. Di kakiknya ada Danau Maughan dengan hutan yang masih perawan dan spesies kupu-kupu langka.

2. Air terjun

Untuk kegiatan yang seru, datanglah ke Air Terjun Seven —ini wajib. Bagaikan pemandangan dari Trilogi Lord of the Rings, setiap air terjun menyimpan rahasia mistis. Tempat ini terasa bagaikan alam baka bagi arwah suku T’boli yang mendiami arus deras selama ribuan tahun. Hebatnya lagi, warga setempat memasang zipline yang melintasi air terjun dan sungainya.

3. Budaya

Untuk lebih mengenal suku asli Filipina, datanglah ke Danau Sebu dan bermalam di resor seperti Punta Isla atau Estares. Anda juga bisa bertualang bersama Cultureight Travel dan, sebagai bagian dari paket ekoturime mereka, Anda dapat tinggal di rumah panjang kerluarga suku T’boli.

Pastinya kita tidak bisa melupakan T’nalak, produk T’boli yang paling terkenal hasil tenunan wanita pengrajin tenun di Danau Sebu. Desain dan kualitasnya tidak tertandingi dan ada Sekolah Tradisi yang memungkinkan generasi muda belajar dan memahami seni membuat T’nalak. Lang Dulay, penenun yang paling terkenal berbagi keahliannya dengan generasi muda di tempat ini.

 


4. Mencicipi hasil pertanian setempat

Blia kamu berkunjung ke Cotabato Selatan, wajib pula merasakan dan mencicipi hasil pertanian di sana. Beragam buah an sayur segar sangat mudah kamu temukan di sana. Di sana sangat terkenal dengan durian dan nenasnya lho.

5. Museum dan situs budaya

Kenali Cotabato Selatan lebih dalam lagi di T’Boli Museum dan South Cotabato Community Museum. Beragam benda-benda unik dan kuno yang ada di Cotabato Selatan bisa kamu lihat di sana.

Juga ada Surallah Cultural Landmark, sebuah situs seni yang menggambarkan umat beragam yang harmonis di Cotabato Selatan.

6. Festival

Banyak festival yang bisa kamu saksikan di Cotabato Selatan, seperti Flom’Lok Festival, Kasadyahan Festival, Lemlunay Festival dan lainnya. Kamu bisa cek di sini ragam festivalnya ya.

Bagaimana Mencapainya

1. Udara

Ada penerbangan setiap hari dari Manila ke General Santos City. Kamu bisa terbang dari Manila, Cebu, dan Iloilo. Dari General Santos City, Anda bisa menggunakan taksi ke Koronadal City, ibu kota Cotabato Selatan.

2. Darat

Jika ingin ke Cotabato Selatan mengunakan bus, kamu bisa berangkat dari Manila (Cubao an Pasay City Terminal). Silahkan cek di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *