Home » Media Releases » Mulai 6 Agustus 2021 Kembali Penerapan ECQ di Metro Manila

Mulai 6 Agustus 2021 Kembali Penerapan ECQ di Metro Manila

Mulai 6 Agustus hingga 20 Agustus 2021, Metro Manila atau Wilayah Ibu Kota Nasional (NCR) akan kembali ditempatkan di bawah Karantina Komunitas yang Ditingkatkan (ECQ) yang terketat selama dua minggu. Kebijakan ini diambil untuk mencegah penyebaran varian Delta yang lebih menular di Filipina.

Meski belum ada lonjakan kasus, Presiden sudah menyetujui rekomendasi ini pada 30 Juli 2021 lalu, menurut juru bicaranya, Harry Roque Jr.
Saat ini NCR berada di bawah Karantina Komunitas Umum (GCQ) dengan pembatasan yang ditingkatkan hingga 5 Agustus.
Di bawah ECQ, mereka yang dapat beroperasi sepenuhnya hanya yang berada di sektor-sektor esensial, seperti kesehatan, produksi dan distribusi makanan, bank, energi, telekomunikasi, penerbangan, layanan pemakaman, dan personel keamanan berlisensi polisi.
Pendistribusian vaksin Covid-19 di Filipina akan tetap beroperasi penuh karena pelayanan kesehatan dianggap esensial.
Lockdown ini tentunya akan berdampak pada sektor-sektor yang berpenghasilan rendah. Presiden Duterte melakukan pengaturan dengan bagian anggaran terkait bantuan yang akan disalurkan.
Dengan ini, warga diharapkan untuk mengikuti protokol kesehatan dan menunda perjalanan dan pertemuan sosial yang tidak penting untuk sementara waktu.
Sumber: Philstar
Baca Juga:  DOT, kesepakatan Rumah Sakit Seluler LGU Manila

Filipina menerapkan pembatasan perjalanan sementara untuk menahan penyebaran COVID-19. Mohon tetap tinggal di rumah dan mengikuti protokol kesehatan.