Home » Media Releases » Herd Immunity di Metro Manila Mulai September

Herd Immunity di Metro Manila Mulai September

Beberapa kota, terutama di Metro Manila, diperkirakan akan mencapai kekebalan kawanan (herd immunity) dengan 70 persen dari populasi mereka divaksinasi pada awal September, menurut gugus tugas pandemi negara itu.

Harapan itu muncul setelah pemerintah mengatakan pihaknya menargetkan untuk menyuntik setidaknya setengah dari penduduk Wilayah Ibu Kota Nasional (NCR) pada akhir Agustus melalui tanggapan “lebih agresif”.

“Walikota Metro Manila berada di dek untuk mempercepat vaksinasi. Kita juga perlu memastikan pengiriman vaksin yang lebih cepat,” kata Ketua Gugus Tugas Nasional (NTF) Melawan Covid-19, Carlito Galvez Jr. Galvez. Pemerintah menargetkan setidaknya mencapai 250.000 tusukan per hari. Vaksinasi harian di Metro Manila saat ini rata-rata 231.000. Para walikota meminta tambahan empat juta vaksin dari pemerintah nasional untuk dikelola saat ibukota berada di bawah lockdown.

Gugus tugas ingin mendorong alokasi vaksin di Metro Manila dari 3,5 juta menjadi 6 juta dosis di bulan Agustus. Lebih dari 9,6 juta penduduk di NCR memenuhi syarat untuk vaksin Covid-19. Sejauh ini, 41 persen telah sepenuhnya divaksinasi, dengan 62 persen telah menerima dosis pertama, kata NTF. “Inilah sebabnya mengapa 50 persen penduduknya adalah ambang batas yang sangat signifikan,” kata Galvez. “Begitu kita memvaksinasi mereka, ada kecenderungan kasus kita akan meningkat atau menurun.” Negara ini mencatat jumlah dosis yang diberikan tertinggi dalam satu hari pada 5 Agustus dengan 710.842.

Baca Juga:  1000 Pekerja Pariwisata Pampanga Diinokulasi

Galvez mengatakan tim negosiasi vaksin telah mulai bernegosiasi ulang dengan produsen untuk meningkatkan jadwal pengiriman. Dia mengatakan akan bekerja untuk lebih meningkatkan pasokan vaksin bulanan negara itu menjadi 25 hingga 30 juta dosis. Dia mengatakan dia tetap yakin pemerintah bisa mencapai 750.000 atau bahkan satu juta tusukan per hari di bulan-bulan berikutnya. “Tujuan kami untuk memiliki Natal yang lebih baik masih dapat dicapai.

Ada banyak daerah yang memiliki peluncuran vaksin cepat. Dengan pengiriman pasokan kami yang berkelanjutan, kami dapat mencapai tujuan kami di NCR dan daerah lain pada bulan Desember,” katanya. (DOT)

Sumber: ManilaTimes

Sumber foto: CNNPhilippines

Filipina menerapkan pembatasan perjalanan sementara untuk menahan penyebaran COVID-19. Mohon tetap tinggal di rumah dan mengikuti protokol kesehatan.