Home » Media Releases » DOT Targetkan Peningkatan Inokulasi Pekerja Pariwisata di Lebih Banyak Destinasi

DOT Targetkan Peningkatan Inokulasi Pekerja Pariwisata di Lebih Banyak Destinasi

Pemulihan pariwisata lokal terus mendapatkan momentum karena Departemen Pariwisata (DOT) memperkuat kerja samanya dengan sektor publik dan swasta untuk membawa lebih banyak dosis vaksin ke tujuan pariwisata utama negara itu.

Sebanyak 5.000 dari 13.000 pekerja pariwisata di Bohol telah menerima dosis pertama Sputnik V mereka, sementara 2.500 pekerja pariwisata di Tagbilaran sedang menunggu tembakan Sinovac pertama dan kedua mereka. Tambahan 11.000 dosis telah diminta untuk seluruh Bohol yang mencakup pendirian penyedia layanan yang diakreditasi oleh DOT.
Di Boracay, 7.634 pekerja garis depan dan pekerja terkait pariwisata lainnya dari 12.809 pekerja pariwisata yang ditargetkan sudah diinokulasi.
Sekretaris Pariwisata Berna Romulo-Puyat menegaskan kembali dukungan di antara mitra publik dan swasta DOT untuk lebih mempercepat dorongan vaksinasi Departemen untuk pekerja pariwisata.
“Menginokulasi frontliner pariwisata kami di seluruh negeri akan menjadi faktor kunci dalam membuka kembali industri serta mengembalikan kepercayaan masyarakat untuk bepergian, menormalkan kegiatan sosial ekonomi dan meningkatkan prospek pemulihan keseluruhan. Saya meminta agar badan publik dan swasta mempraktikkan semangat Bayanihan dalam memajukan vaksinasi para pekerja pariwisata kita,” jelas Puyat.
Sekretaris Pariwisata Berna Romulo-Puyat mengatakan bahwa DOT juga berupaya mempercepat vaksinasi pekerja pariwisata di destinasi wisata yang tidak termasuk dalam NCR Plus 8, yang terdiri dari National Capital Region (NCR), Metro Cebu, Metro Davao, Bulacan, Batangas, Cavite, Laguna, Pampanga, dan Rizal – daerah yang diidentifikasi oleh pemerintah sebagai yang terpadat dan dengan kepadatan tertinggi, yang membuat mereka berisiko lebih besar untuk penularan COVID-19.
Destinasi wisata yang akan diprioritaskan oleh DOT adalah El Nido, Coron, dan San Vicente, Palawan (16.000); Kota Puerto Princesa (15.000); Siargao (13.150) membawa jumlah penerima vaksin target DOT menjadi 69.959.
Baru-baru ini, Puyat dan Wakil Kepala Pelaksana NTF Sec. Vince Dizon mengikuti seremonial vaksinasi bagi 2.500 pekerja pariwisata di Palawan.
“Kami akan melanjutkan koordinasi dengan Kepala Pelaksana NTF Sec. Carlito Galvez untuk memvaksinasi pekerja pariwisata terutama di destinasi yang ekonominya terutama mengandalkan pariwisata,” kata kepala pariwisata. (DOT)
Baca Juga:  El Nido dan Cebu Masuk 50 Pulau Terbaik di Dunia

Filipina menerapkan pembatasan perjalanan sementara untuk menahan penyebaran COVID-19. Mohon tetap tinggal di rumah dan mengikuti protokol kesehatan.