Home » Media Releases » DOT Menyambut Baik Peoposal Lokasi Pembangunan Fasilitas Medis Sementara

DOT Menyambut Baik Peoposal Lokasi Pembangunan Fasilitas Medis Sementara

“Sekretaris Pariwisata Bernadette Romulo-Puyat mengatakan pada hari Selasa bahwa Departemen Pariwisata (DOT) akan mendukung pembangunan di lokasi pariwisata rumah sakit sementara dan fasilitas medis lainnya yang diperlukan untuk memerangi krisis COVID-19.

Puyat membuat pernyataan dalam peletakan batu pertama Rumah Sakit Lapangan Mega Manila, fasilitas sementara yang akan dibangun di Burnham Green of Rizal Park.

“DOT bersyukur dan merasa terhormat dapat menggunakan taman dan ruang publiknya untuk mendukung respons pandemi nasional,” kata kepala pariwisata.

Bergabung dengan Puyat adalah Menteri Pertahanan Delfin Lorenzana, ketua Gugus Tugas Nasional Melawan COVID-19; Kepala pelaksana IATF Sekretaris Carlito Galvez, Jr.; Wakil kepala pelaksana IATF Vince Dizon; Manajer Umum Otoritas Pengembangan Metro Manila Jojo Garcia; Direktur Eksekutif Komite Pengembangan Taman Nasional (NPDC) Cecille Lorenzana-Romero; Asisten Sekretaris Kesehatan Romeo Ong, dan Walikota Manila Francisco “Isko Moreno” Domagaso.

Puyat berterima kasih kepada Domagoso karena mengabulkan permintaan DOT untuk menyediakan fasilitas bagi semua orang Filipina dan bukan hanya orang Manileño. Dia mengatakan usulan Domogaso untuk membangun rumah sakit sementara di Rizal Park telah disetujui dengan suara bulat oleh dewan NPDC, lembaga terlampir dari DOT. Rumah sakit sementara ini mampu menampung setidaknya 500 pasien dengan gejala COVID-19 ringan hingga sedang.

Baca Juga:  Lebih dari 70% Frontliner Pariwisata di Metro Manila Sudah Divaksinasi

Dewan NPDC, yang diketuai oleh Sekretaris Pariwisata, juga menyetujui proposal untuk menggunakan Quirino Grandstand sebagai tempat pusat vaksinasi drive-thru sementara. Digambarkan oleh Puyat sebagai “pengubah permainan”, fasilitas sementara ini dapat menampung 350 hingga 450 orang per hari.

“Kota Manila dan NPDC telah mengambil langkah pertama dan kami berharap ini dapat direplikasi oleh unit pemerintah daerah lainnya di bagian lain negara ini,” tambah Puyat.

The Burnham Green dinamai arsitek terkenal Amerika Daniel Burnham, perencana kota yang merancang Baguio sebagai ibukota musim panas negara itu dan kota Chicago. Ini adalah ruang terbuka besar di depan Quirino Grandstand dan populer di kalangan pengunjung taman sebagai tempat untuk berbagai acara seperti piknik dan kegiatan olahraga. Ini adalah situs pohon Narra yang ditanam oleh Paus Paulus VI pada tahun 1970 dan patung perunggu San Lorenzo Luis yang diberikan oleh Paus Yohanes Paulus II pada tahun 1981.”

Filipina menerapkan pembatasan perjalanan sementara untuk menahan penyebaran COVID-19. Mohon tetap tinggal di rumah dan mengikuti protokol kesehatan.