Home » Media Releases » DOT dan TPB Telah Menggelar Pameran Perjalanan Nasional Hybrid yang Pertama Kali

DOT dan TPB Telah Menggelar Pameran Perjalanan Nasional Hybrid yang Pertama Kali

Departemen Pariwisata (DOT), melalui divisi pemasaran dan promosinya, Tourism Promotions Board (TPB) Filipina, berhasil menggelar edisi hybrid pertama dari Regional Travel Fair (RTF) ke-7 pada 05 hingga 08 Agustus 2021 di Tacloban, Leyte.

Mengusung tema Infinite Escapes: Eastern Visayas, platform online RTF ke-7 ini menjadi tempat bisnis virtual bagi lebih dari 1.500 pengunjung di Summit Hotel Tacloban. Acara 4 hari ini menampilkan webinar pariwisata, sesi business-to-business (B2B) satu hari, dan penjualan langsung business-to-consumer (B2C).
Sekretaris Pariwisata Bernadette Romulo- Puyat menyampaikan dalam upacara pembukaan bahwa “Sepanjang satu setengah tahun perjalanan pandemi, kami berupaya untuk beradaptasi dengan tantangan yang muncul dan perkembangan yang mengikuti mereka di dalam dan di sekitar industri pariwisata. Acara ini akan membantu promosi lanjutan destinasi kami di berbagai daerah sekaligus mengadaptasi digitalisasi sebagai salah satu cara paling efektif untuk menjembatani kami menuju new normal.”
Acara dimulai dengan sesi webinar penuh kekuasaan yang dihadiri oleh lebih dari 780 peserta, dan dibawakan oleh jajaran pembicara yang kuat, termasuk Perwakilan Loren Legarda yang berbagi wawasan yang relevan tentang tenun Filipina; Pendiri Grassroots Travel Joselito Acosta, memperkenalkan aspek Kewirausahaan Pariwisata Berbasis Komunitas yang mengubah hidup, dan Direktur DOT Region VIII Karina Rosa Tiopes, CESO III yang mempresentasikan pembaruan tentang Pariwisata Visayas Timur.
Total 600 janji temu dilakukan dalam sesi B2B, memberikan kesempatan kepada 139 pembeli dan penjual untuk mengalami cara inovatif dalam mengembangkan koneksi bisnis dan memperbarui mitra industri lokal dengan penawaran pariwisata Filipina terbaru.
Penjualan langsung selama 2 hari menampilkan produk-produk dari Visaya Timur seperti kerajinan tangan, tas asli, aksesoris, dan beberapa makanan lokal. Akomodasi hotel dan paket wisata juga ditawarkan oleh perusahaan dan operator tur yang terakreditasi DOT regional.
Acara ini mencatat total prospek bisnis yang dihasilkan senilai PHP 18,9 juta.
“Meskipun akhir pandemi tetap tidak pasti, optimisme Anda bersama menginspirasi kami untuk menghadapi tantangan sehari-hari kami. DOT akan terus memastikan perjalanan yang aman bagi semua orang. Dengan dukungan Anda yang berkelanjutan, kami akan membuka jalan bagi pariwisata kami untuk bangkit kembali. Selain itu juga bagi mereka yang rindu melakukan perjalanan untuk kewarasan mereka dan bagi komunitas pariwisata untuk secara bertahap pulih dari dampak buruk pandemi ini,” tambah Sekretaris Pariwisata Puyat.
RTF merupakan program TPB yang bertujuan untuk mempromosikan dan menjual paket wisata dalam negeri dengan menampilkan produk dan layanan daerah terbaik yang bekerja sama dengan kantor wilayah DOT, unit pemerintah daerah dan pelaku industri swasta.
RTF Infinite Escapes: Eastern Visayas ke-7 adalah edisi hybrid pertama tahun ini, dengan kepatuhan yang ketat terhadap protokol keselamatan bagi peserta di lokasi sebagai Tacloban, Leyte ditempatkan di bawah Modified General Community Quarantine (MGCQ). RTF berikutnya dijadwalkan pada November 2021 yang akan diadakan di Semenanjung Zamboanga dengan DOT Wilayah IX sebagai tuan rumah regional.(DOT)
Baca Juga:  2 Situs Leyte yang Ditandai untuk Tur Sepeda

Filipina menerapkan pembatasan perjalanan sementara untuk menahan penyebaran COVID-19. Mohon tetap tinggal di rumah dan mengikuti protokol kesehatan.