Home » Media Releases » Bangkitnya Situs Ekowisata di Mindoro yang Sudah Dinantikan

Bangkitnya Situs Ekowisata di Mindoro yang Sudah Dinantikan

Ketika orang-orang ingin kembali ke keadaan normal yang akan membuat mereka akhirnya bebas dari pembatasan perjalanan, tujuan ekowisata baru — Pusat Konservasi Keanekaragaman Hayati Mindoro (MBCC) — sekarang sedang meningkat di Puerto Galera, Oriental Mindoro.


Pembangunan fasilitas seluas 600 meter persegi di properti seluas 16 hektar yang menghadap ke teluk di Brgy. Dulangan hampir setengah jalan sudah dilakukan bulan lalu. Dengan pembangunannya yang sedang berlangsung, penduduk setempat dan wisatawan dapat segera mengharapkan tempat konservasi lingkungan utama yang akan datang ini dan situs pendidikan-budaya di negara ini.

“Ini adalah yang pertama dari jenisnya di Mindoro dan akan menjadi perwujudan fisik keberlanjutan, menguntungkan generasi sekarang dan masa depan,” kata Grace Diamante, direktur eksekutif Mindoro Biodiversity Conservation Foundation Inc. (MBCFI).

Proyek warisan ini akan menjadi titik fokus bagi upaya pelestarian alam dan penelitian ekologi di Filipina sejak awal MBCFI pada tahun 2008. Lokasinya strategis karena Mindoro dikenal di seluruh dunia sebagai kawasan konservasi keanekaragaman hayati karena kelimpahan spesies endemik dan keragaman habitat yang, sayangnya, terancam oleh aktivitas manusia seperti perburuan liar dan deforestasi.

Pengunjung dapat menikmati perjalanan mereka di MBCC dengan banyak atraksi, seperti museum sejarah alam; area restorasi hutan untuk spesies pohon asli; aula warisan Mangyan untuk kelompok Masyarakat Adat untuk memamerkan budaya dan produk mereka; laboratorium penelitian untuk membantu penemuan spesies baru; Jalur Penemuan Alam; eco-lodges dengan area glamping di view deck; dan bahkan fasilitas penampungan sementara untuk hewan yang terancam punah yang diselamatkan.

Fasilitas ini selaras dengan pendekatan One Island pemerintah daerah yang mempertimbangkan penggunaan sumber daya alam, program sosial, dan kelayakan ekonomi sesuai dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan PBB.

Dengan fitur keberlanjutannya, MBCC bertujuan untuk menjadi bangunan hijau yang disertifikasi oleh EDGE International Finance Corp. Hal ini juga diharapkan dapat membantu MBCFI melanjutkan studi untuk rekomendasi berbasis sains kepada pembuat kebijakan, dan melakukan dorongan informasi melalui program Conservation Awareness Raising and Education.

Eksekutif puncak menekankan bahwa konservasi lingkungan harus diprioritaskan karena hilangnya keanekaragaman hayati yang terus-menerus disebabkan oleh aktivitas manusia akan mempengaruhi masyarakat dengan konsekuensi perubahan iklim seperti topan, kekeringan, dan hilangnya sumber daya alam.

Filipina berada di peringkat nomor 2 di antara negara-negara sebagai yang paling rentan terhadap perubahan iklim. Oriental Mindoro berada di peringkat kesembilan di antara provinsi-provinsi negara itu yang rentan terhadap banjir menyusul hilangnya bersih kehutanan hampir 30 persen di pulau itu dari 1988 hingga 2015.

Baru-baru ini, Departemen Sains dan Teknologi-MIMAROPA menyetujui penyediaan panel surya untuk membantu menyalakan laboratorium penelitian MBCC. Peluang penamaan juga terbuka untuk membantu mendanai komponen lain dari MBCC untuk anak cucu. (DOT)

Filipina menerapkan pembatasan perjalanan sementara untuk menahan penyebaran COVID-19. Mohon tetap tinggal di rumah dan mengikuti protokol kesehatan.