Home » Media Releases » 2 Situs Leyte yang Ditandai untuk Tur Sepeda

2 Situs Leyte yang Ditandai untuk Tur Sepeda

Kantor regional Departemen Pariwisata (DOT) di Leyte dan penggemar sepeda telah mengidentifikasi dua rute untuk wisata sepeda atau cyclotourism.

Direktur Regional DOT Karina Rosa Tiopes menyebutkan rute sepeda memutari Leyte Timur Laut di Tacloban dan kota-kota terdekat Palo, Santa Fe, dan Alangalang; dan koridor Leyte Barat Laut di Kota Baybay, kota Albuera, dan Kota Ormoc.

Rute lingkaran (loop) Timur Laut diatur dengan bantuan Wakil Walikota Palo Ronan Christian Reposar dan kelompok pesepeda, sementara rute lingkaran Barat Laut dikonsep melalui pembicaraan awal dengan kepala kantor pariwisata Kota Baybay Josie Gutierrez. Departemen pariwisata akan fokus terlebih dahulu mengembangkan dan mempromosikan loop Timur Laut. Loop Timur Laut memiliki panjang 50 kilometer melintasi jalan raya dan jalan bypass, jalan pengalihan, dan bahkan jalan akses barangay.

“Di beberapa daerah, akan ada rute off-road atau jalur lintas negara di mana bikers akan menggunakan sepeda gunung (trail, enduro, atau sepeda ekor keras, tergantung medannya),” kata Tiopes kepada Kantor Berita Filipina (PNA). Pengembangan jalur sepeda ini merupakan bagian dari dorongan dinas pariwisata untuk mengembangkan produk pariwisata baru. Ini adalah respons atas hasil survei Philippine Travel yang dilakukan pada Mei 2020, bertajuk “Lanskap perjalanan domestik yang terus berkembang di Filipina.”

Baca Juga:  DOT dan TPB Telah Menggelar Pameran Perjalanan Nasional Hybrid yang Pertama Kali

“Pemandangan di sepanjang jalan itu sangat indah. Bagaikan kue tiga tingkat, Anda akan melihat sawah pinggir jalan, pohon-pohon di tepi ladang, dan gunung di atas cakrawala. Ada juga perpaduan jalan beraspal yang datar, bergulir dan menanjak selain juga jalanan tanah untuk perjalanan off-road,” kata Tiopes, menggambarkan rute sepeda loop Leyte Timur Laut. Dia menambahkan bahwa pengendara sepeda motor dapat melakukan pengamatan burung di sepanjang jalan.

Berdasarkan penilaian, ada 67 spesies burung di sepanjang lingkaran ini, termasuk 13 jenis burung yang bermigrasi. Para pemangku kepentingan juga akan mengidentifikasi kebutuhan wisatawan dan bikers di sepanjang rute ini seperti rest area, ruang makan dan isi ulang air, dan akomodasi untuk perjalanan panjang. “Kami ingin ini menjadi inklusif. Artinya kami akan mengajak penduduk setempat untuk menyediakan makanan, barang-barang pasalubong (oleh-oleh), dan bahkan mengidentifikasi lokasi pariwisata atau kegiatan wisata terdekat di sepanjang rute yang bisa dikunjungi bikers,” tambahnya.

Rencana ini tidak hanya akan membantu bikers tetapi juga akan menguntungkan penduduk setempat dengan menawarkan produk dan layanan kepada bikers. (DOT)

Filipina menerapkan pembatasan perjalanan sementara untuk menahan penyebaran COVID-19. Mohon tetap tinggal di rumah dan mengikuti protokol kesehatan.