Home » Media Releases » 1000 Pekerja Pariwisata Pampanga Diinokulasi

1000 Pekerja Pariwisata Pampanga Diinokulasi

‘Dakal salamat!’ Upaya vaksinasi diluncurkan untuk pekerja pariwisata Pampanga Departemen Pariwisata (DOT) meluncurkan program vaksinasi dua hari di San Fernando City, Pampanga pada hari Kamis, 12 Agustus 2021 lalu. Program ini bertujuan untuk menyuntik setidaknya seribu pekerja pariwisata aktif di sana.

Menteri Pariwisata Bernadette Romulo-Puyat memimpin kegiatan vaksinasi, sebuah bagian dari upaya departemen untuk mempercepat pemulihan pariwisata lokal, serta ekonomi. “Sangat penting bagi pekerja pariwisata kita untuk divaksinasi, terutama dengan munculnya varian baru. Oleh karena itu, departemen mendukung setiap inisiatif untuk menyuntik setiap pekerja pariwisata di negara ini sesegera mungkin,”” kata Puyat dalam sambutannya.

“Peluncuran vaksin dua hari di Pampanga hanyalah contoh komitmen departemen dalam membantu industri dan para pemangku kepentingannya menutup kerugiannya sambil melindungi keuntungannya di tengah krisis kesehatan,”” tambahnya. Kantor wilayah DOT di Luzon Tengah dan pemerintah provinsi Pampanga bermitra dengan SM Pampanga untuk melakukan peluncuran 2.000 dosis vaksin melawan coronavirus disease (COVID-19) yang disediakan oleh Departemen Kesehatan (DOH).

Gubernur Pampanga Dennis Pineda dan Walikota San Fernando Edwin Santiago bersama Puyat menargetkan total ada lebih dari 240.000 individu yang sepenuhnya divaksinasi di provinsi ini. Puyat mengatakan pariwisata lokal di Region-3 terus menunjukkan tanda-tanda pemulihan untuk semester pertama tahun ini. Ada setidaknya 2,25 juta kedatangan dibandingkan dengan 622.705 yang tercatat selama periode yang sama pada tahun 2020. Penerimaan wisatawan juga tumbuh menjadi P11,27 miliar yang lumayan dari hanya P3,11 miliar pada periode yang sebanding.

Baca Juga:  DOT Dukung Rangkaian Wisata Rizal FFAAN Experience

Sementara, Pampanga telah dibuka untuk perjalanan liburan sejak Oktober 2020, lonjakan kasus dan munculnya varian baru COVID-19 mendorong pembatasan yang meningkat di provinsi tersebut. Karena itu, non-penduduk dan orang yang tidak berwenang diminta untuk menunjukkan tes RT-PCR negatif yang diambil tidak lebih dari 48 jam sebelum masuk ke provinsi. DOT juga menyoroti program bantuannya untuk provinsi seperti Tourism Rapid Assessment dan pelepasan bantuan teknis ke Taman Nasional Gunung Arayat dalam menetapkan pedoman untuk membuka kembali.

Selain itu, Pampanga juga melakukan inisiatif yang berkaitan dengan pemetaan makanan, antara lain, untuk memanfaatkan budaya dan kekuatan kulinernya dan untuk mempromosikan pariwisata lokal. (DOT)

Filipina menerapkan pembatasan perjalanan sementara untuk menahan penyebaran COVID-19. Mohon tetap tinggal di rumah dan mengikuti protokol kesehatan.