Home » Aktivitas » Pusat Konservasi Pawikan

Pusat Konservasi Pawikan

“Terletak di Barangay Nagbalayong, Morong, Bataan adalah situs Program Konservasi Pawikan berbasis masyarakat yang ditujukan untuk pelestarian dan perbanyakan penyu laut yang terancam punah yang disebut penyu Olive Ridley atau Lepidochelys olivacea. Dikelola oleh mantan pemburu dan pengumpul telur penyu yang menjadi pendukung konservasi, misi program ini adalah untuk mengamankan telur yang diletakkan selama musim bersarang (antara September dan Januari) dan memindahkannya ke tempat penetasan untuk memfasilitasi pembiakan dan untuk berkontribusi pada regenerasi daerah penangkapan ikan.

Sekitar 30.000 tukik telah dilepasliarkan di Morong pada tahun 2005 (sejak 1999) oleh pusat konservasi berbasis masyarakat yang sebelumnya diawasi oleh Gerakan Rekonstruksi Pedesaan Filipina (PRRM). Program Pembangunan PBB sejak 2001 telah memberikan dana kepada masyarakat untuk pekerjaan konservasi dan pemeliharaan sebuah kantor. Banyak wisatawan pergi ke cagar alam ini selama musim bersarang dan terutama selama Festival Pawikan untuk mendapatkan kesempatan menyaksikan penyu yang terancam punah berjuang ke pantai pada malam hari untuk bertelur. Selama Festival Pawikan, wisatawan bahkan bisa “”mengadopsi penyu”” dan secara pribadi memegang dan melepaskan bayi penyu ke laut.”

Inpirasi: Keindahan Alam

Region: Luzon Tengah

Kota: Bataan

Filipina menerapkan pembatasan perjalanan sementara untuk menahan penyebaran COVID-19. Mohon tetap tinggal di rumah dan mengikuti protokol kesehatan.