Home » Berita » Aug 2018 » Penghargaan Untuk 3 Tempat Wisata di Filipina

Penghargaan Untuk 3 Tempat Wisata di Filipina

MANILA – Departemen Pariwisata (DOT) Filipina menyambut baik tiga peringkat tempat wisata utama negara itu dari Penghargaan Terbaik Dunia Travel + Leisure 2018.

Palawan masuk ke dalam peringkat ke-6 di antara 15 Pulau Terbaik Dunia, sementara Cebu masih sama seperti tahun sebelumnya yang menempati posisi ke-8. Tidak mau kalah, Pulau Boracay berada di urutan yang sama di peringkat pulau-pulau Asia, meski di tengah-tengah rehabilitasi pulau yang sedang berlangsung.

“Kami senang dengan hasil dari Penghargaan Terbaik Travel + Leisure World tahun 2018 ini. Bahkan Boracay, yang sedang dalam masa rehab masih berada di peringkat terbaik di Asia,” kata DOT Secretary Bernadette Romulo-Puyat.

Sebelumnya, pada tahun 2013, 2016 dan 2017, Palawan terpaksa menyerahkan tempat teratas berdasarkan voting para pembaca sebuah majalah perjalanan internasional yaitu Travel + Leisure.

“Ini akan menjadi tantangan bagi kami untuk merebut kembali posisi teratas tahun depan. Peringkat ini adalah suara dari publik. Kami mengambil alih untuk meningkatkan layanan kami tidak hanya di Palawan tetapi di seluruh negeri,” Sekretaris Romulo-Puyat menambahkan.

Salah satu penulis Travel + Leisure, Rebecca Ascher-Walsh, membeberkan bahwa Palawan mampu muncul di kedua daftar pulau Asia berkat penduduknya yang ramah, keindahan laut sebening kristal, dan pengalaman penyelaman terbaik.

Baca Juga:  27 Resor dan Hotel Filipina Menerima Sertifikat Anahaw

Sementara, kota Cebu juga berhasil kembali dalam daftar peringkat tahunan dari majalah yang berbasis di New York ini setelah sebelumnya menduduki peringkat keenam pada tahun 2016. Ascher-Walsh, mengutip seorang pembaca yang berenang bersama hiu paus di Cebu, menyebutnya sebagai “pengalaman sekali seumur hidup.”

Pulau Cebu. Sumber: Trip Advisor

Tempat wisata ketiga, bukan tempat baru. Ya! Boracay atau disingkat menjadi ‘Bo’ selalu berada dalam peringkat pilihan favorit. Pulau kecil di tengah kepulauan Filipina dikenal akan resorts dan pantai. Di sisi barat ada White Beach dengan pohon palem, bar, dan restoran. Di sisi lain, yaitu Bulabog Beach memanjakan wisatawan pecinta olahraga air dengan hembusan angin kencang yang cocok untuk surfing. Tak jauh dari pantai ada menara pengamatan (observation deck) di Gunung Luho yang menawarkan panorama pulau. Wisata lepas pantai yang menarik adalah menyelam untuk melihat keindahan koral dan habitat laut yang terbentuk di sekitar badan kapal karam.

Pulau Boracay. Sumber: Lonely Planet

Kali ini Bo dinobatkan sebagai salah satu dari 8 Kepulauan Terbaik Dunia di Asia dengan skor 86,14 dari survei pembaca Travel + Leisure.

(PDOT)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Filipina menerapkan pembatasan perjalanan sementara untuk menahan penyebaran COVID-19. Mohon tetap tinggal di rumah dan mengikuti protokol kesehatan.