ATURAN MASUK

Perjalanan ke Filipina untuk tujuan bisnis dan pariwisata diizinkan tanpa visa untuk kunjungan yang tidak melebihi dua puluh satu (21) hari, dengan syarat pengunjung memiliki tiket yang sah untuk perjalanan pulang ke bandara asal atau bandara perjalanan mereka yang berikutnya dan paspor mereka masih berlaku selama sekurang-kurangnya enam (6) bulan setelah periode kunjungan yang diperkirakan. Untuk rincian lengkap silahkan mengunjungi www.dfa.gov.ph.

AIRPORT

Filipina memiliki empat bandara udara internasional, satu di setiap kota penting yaitu Manila, Angeles, Davao dan Cebu.

TARIF AIRPORT

PhP 550 untuk keberangkatan internasional dan PhP 200 untuk keberangkatan lokal, dibayar hanya dengan peso Filipina.

IKLIM CUACA

Januari hingga Mei adalah waktu yang terbaik untuk mengunjungi negara ini. Bulan Maret hingga Mei panas dan kering, Juni hingga Oktober sering hujan dan November hingga Februari sejuk. Suhu udara rata-rata adalah 78°F/25°C hingga 90°F/32°C; kelembaban rata-rata adalah 77%.

BAHASA

Filipino adalah bahasa nasional Filipina. Bahasa Inggris adalah bahasa bisnis dan digunakan secara luas. Sekitar 176 bahasa dan dialek digunakan di seluruh negara ini.

TUKAR MATA UANG

Pengunjung yang membawa lebih dari US$ 3,000 harus melaporkan jumlah tersebut di konter Bank Sentral Filipina (Central Bank of the Philippines) yang terletak di kawasan Bea Cukai.

Mata uang asing yang dibawa keluar pada saat keberangkatan tidak boleh lebih dari jumlah yang dibawa masuk. Penumpang yang berangkat tidak diizinkan untuk membawa lebih dari PhP 10,000 mata uang lokal.

MATA UANG

Mata uang Filipina adalah peso Filipina, yang terbagi menjadi 100 centavos. Kebanyakan mata uang asing dapat dengan mudah ditukarkan di bank, hotel dan pedagang mata uang asing resmi. Di luar Manila, pembayaran dengan peso Filipina lebih disukai. Kartu-kartu kredit utama diterima di kebanyakan hotel, resort, toko-toko dan restoran.

TRANSPORTASI LOKAL

Taksi dengan tarif meteran dan harga pas banyak tersedia di kota-kota penting. Sewa mobil dan bus tersedia di kota- kota besar. Jeepney dan bus merupakan cara yang murah untuk bepergian ke kebanyakan tempat tujuan.

PERATURAN KESEHATAN

Sertifikat vaksinasi untuk mencegah penyakit kuning diperlukan untuk pengunjung dari daerah-daerah yang terjangkit. Negara Filipina bebas dari penyakit epidemis seperti flu burung dan penyakit kaki dan mulut.

PAKAIAN

Pengunjung dianjurkan memakai pakaian yang ringan dan kasual. Pakaian yang lebih hangat dibutuhkan untuk daerah pegunungan. Sewaktu mengunjungi gereja dan kuil, diharap menghindari memakai celana pendek dan pakaian minim.

ZONA WAKTU

GMT+8 jam. Waktu di Filipina satu jam lebih dahulu daripada Jakarta, Indonesia.

LISTRIK

220 volt, A.C. 60 hertz. Kebanyakan hotel memiliki stop kontak 110 volt.

JAM BISNIS

Kantor-kantor swasta dan pemerintah buka pada jam 8 pagi hingga 5 sore atau dari jam 9 pagi hingga 6 sore, Senin hingga Jum’at. Kebanyakan pusat perbelanjaan buka mulai dari jam 10 pagi hingga jam 8 malam setiap hari. Ada toko- toko serba ada dan apotik 24 jam. Bank buka dari jam 9 pagi hingga jam 3 sore, Senin hingga Jum’at

TIPS

Memberi tip diharapkan untuk banyak layanan; standarnya adalah 10% dari tagihan. Memberi tip bersifat sukarela jika tagihan sudah termasuk biaya layanan (service charge) 10%.