SEKILAS TENTANG BORACAY

The Best Island in 2012, via Travel+Leisure Magazine
Berlokasi di Malay, Aklan, Visayas Barat, panjang dari pulau Boracay hanya 7 kilometer. Tidak salah lagi, kalau banyak orang yang mengatakan Boracay sebagai “Surga Tropis Mini” serta mendapatkan penghargaan sebagai Pulau Terbaik 2012 versi Travel+Leisure Magazine.

Jika anda sering melihat-lihat foto seputar Boracay, anda akan sering melihat butiran pasir putih – sepanjang 4 kilometer – serta aneka resort, pertokoan dan restoran. Tempat ini adalah White Beach, surga utama di Boracay yang terbagi menjadi 3 bagian utama.

White Beach : 3 Bagian Utama
Station 1 – Utara
Berada di White Beach bagian terutara, Station 1 memiliki resor dan hotel yang terbaik. Tentu saja, dengan harga yang paling mahal dibandingkan lainnya. Kalau anda memiliki budget lebih, cobalah untuk tinggal disini untuk pengalaman lebih menarik.

Station 2 – Tengah
Berada di White Beach bagian tengah, Station 2 adalah area paling tepat untuk makan, berbelanja dan berpesta. Area ini sangat ramai dan penuh pengunjung, cocok bagi anda yang ingin bersenang-senang dan menikmati suasana meriah.

Station 3 – Belakang
Bagi anda yang tidak suka dengan suasana bising dan ingin memperoleh ketenangan saat berlibur, maka anda bisa berada di Station 3. Nah, lengkap sekali kan bagian-bagian dari White Beach ini?

Waktu yang Tepat Berkunjung ke White Beach
Perairan White Beach sangat tenang selama musim Amihan (bulan November sampai Mei). Tak heran jika arus pariwisata memuncak di bulan-bulan ini. Udara yang sejuk sekaligus arus ombak yang masih bergelombang namun tidak membahayakan adalah keadaan favorit para turis. Keaadan cuaca berbalik di musim hujan saat angin Habagat atau muson bertiup. Namun bagi anda para pecinta pantai, cuaca seperti apapun tak akan ada masalah selama anda melihat betapa Indahnya pantai White Beach.

Bulabog Beach – Surga Peselancar
Berseberangan atau berada di sisi Timur dari White Beach, pantai ini memiliki angin bertiup kencang sepanjang tahun. Keadaan tersebut membuat Bulabog Beach disukai oleh para peselancar angin dan selancar layang (kiteboarding).

Sisi mana pun yang menjadi pilihan Anda, tersedia berbagai pilihan akomodasi sesuai dengan budget sekaligus keinginan anda. Biaya akomodasi berkisar dari US$ 17 (IDR 200,000), sampai dengan US$ 300 (IDR 3,200,000) per orang di resort mewah, contohnya Discovery Shores.

Boracay – Kegiatan Menarik Lainnya
Tak habis-habisnya kegiatan yang dapat Anda lakukan di pulau surga ini. Boracay memiliki 25 lokasi menyelam dengan berbagai tingkat kesulitan. Anda juga bisa melakukan parasailing, menggunakan paraw (perahu tradisional) untuk tur mengelilingi pulau, bermain ski air, atau terjun bebas dari tebing karang. Serunya lagi, pengunjung Boracay berasal dari berbagai belahan dunia, sehingga Anda bisa mencicipi aneka makanan khas internasional seperti: Cina, India, Amerika, Perancis, Italia, Swiss–bahkan Maroko! Hidangan laut yang segar juga sudah pasti tersedia.

Setelah letih melakukan berbagai olah raga air, Anda dapat bersantai dengan pijatan yang menenangkan baik di pantai langsung atau di salah satu spa yang ada. Nikmati shake buah yang menyehatkan di Jonah’s. Berenang di air segar kolam infinity Shangri-La Resort and Spa dengan pemandangan laut yang memukau juga menjadi opsi yang menarik.

Berbelanja Oleh-oleh
Untuk oleh-oleh, cobalah berbelanja perhiasan dari kerang di toko-toko setempat. Jika anda menyukai dunia malam, saat matahari terbenam Anda bisa langsung menuju salah satu bar di Boracay dan merasakan kehidupan malam di pulau tersebut. Cocktail, bir draft, dan ale impor melimpah semalaman dan nikmati sambil mendengar live band dan musik disko.

Terakhir, tentu saja Anda memiliki opsi untuk sekedar berjemur dan bermalas-malasan di atas pasir putih yang menjadi ciri khas Boracay. Apapun yang anda lakukan saat di Boracay, pasti akan seru banget, deh!!

RUTE KE BORACAY

  • Udara: Cara tercepat ke Boracay adalah dengan menggunakan pesawat dari Manila ke Bandara Caticlan di Pulau Panay. Ada juga banyak penerbangan ke Kalibo, salah satunya dari Manila. Namun, dari Kalibo masih harus menyambung perjalanan 1 1/2 jam dengan bus ke Caticlan. Penerbangan dari Manila ke Caticlan sendiri hanya 50 menit. Dari Cebu City, penerbangan memakan waktu 50 menit dan 30 menit dari Tablas, Romblon.
  • Darat: Hingga saat ini, masih belum terdapat jalur darat
  • Laut: Cara yang lebih menantang namun lebih santai dan romantis adalah menggunakan feri dari Manila ke Caticlan atau Dumaguit, di dekat Kalibo. Lama perjalanan sekitar 17 jam.