Langkah Mudah Mendaftar Kursus ESL

Program English as Second Language (ESL) menawarkan keunggulan program intensif untuk meningkatkan kecakapan berbahasa Inggris sesuai dengan kebutuhan peserta. Beberapa keunggulannya adalah sebagian besar program ESL memiliki kelas kecil sehingga siswa menerima perhatian individu dari guru mereka. Dalam belajar bahasa Inggris, siswa juga berpartisipasi dalam kegiatan budaya dan sosial di sekolah dan komunitas tempat mereka belajar.

Kursus ESL biasanya diikuti siswa-siswi internasional dari berbagai negara yang mempersiapkan diri untuk belajar di sebuah College atau Universitas. Jadi, siswa dapat memilih program intensif yang mengajarkan Bahasa Inggris akademik. Dalam mendaftar kursus ini pun tidaklah rumit jika Anda paham langkah umumnya. Berikut beberapa langkah mudah mendaftar kursus ESL:

 

  1. Riset Tentang Agen/Lembaga

Sebelum memutuskan untuk mengikuti kursus ESL, pastikan untuk meriset lebih dalam tentang lembaga atau agen yang menyediakan program tersebut. Carilah yang memang terpercaya untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris, meliputi sertifikasi pengajar, metode pengajaran, fasilitas, program yang ditawarkan, dan sebagainya.

Khususnya jika Anda ingin mengambil kursus di luar negeri, pastikan Anda memilih negara yang menawarkan pengalaman internasional yang berharga dan mampu mengembangkan pribadi Anda.

 

  1. Mengunjungi Agen dan Berkonsultasi

 

Langkah 2. Mengunjungi agen dan berkonsultasi. Img: Fintel

 

Usai mencari tahu dan memutuskan agen mana yang tepat untuk Anda, datangilah tempat kursusnya. Anda bisa langsung survey tempatnya, sekaligus berkonsultasi dengan agen tersebut untuk menanyakan program-program yang disediakan termasuk rincian biaya. Pastikan untuk menyiapkan pertanyaan yang akan diajukan agar waku konsultasi lebih efektif dan efisien.

 

  1. Registrasi Kursus dan Proses Pembayaran
Langkah 3. Registrasi kursus dan proses pembayaran. Img: Coastalplains

Jika Anda sudah mantap untuk mengikuti kursus ESL di agen tersebut, sebaiknya Anda langsung registrasi kursus tersebut agar tidak ditunda-tunda lagi. Siapkan juga uang untuk membayar biaya aplikasi. Untuk kursus ESL di luar negeri, Anda akan diminta membuktikan kepada konsuler bahwa Anda memiliki dana yang cukup untuk menutupi biaya hidup Anda (perumahan, makanan, pakaian, dll.), Special Study Permit (SSP), asuransi kesehatan, serta biaya sekolah.

 

  1. Memesan Tiket Penerbangan
Langkah 4. Memesan tiket penerbangan. Img: Cheatsheet

Bagi Anda yang mengikuti kursus ESL di luar negeri, pastikan untuk memesan tiket penerbangan secepatnya. Idealnya sebelum dua bulan mulai kursus untuk menghindari peak season.

 

  1. Penerimaan Tiket dan Orientasi
Langkah 5. Penerimaan tiket dan orientasi. Img: Freeimage

Setelah mengajukan tiket Anda dan menerima tiket elektronik, Anda akan menerima orientasi keberangkatan dari agen. Biasanya jadwal penjemputan ditentukan berdasarkan informasi penerbangan yang diterima dari agen. Pastikan Anda melengkapi dokumen-dokumen penting yang diperlukan, seperti asuransi, kartu debit internasional, penukaran mata uang, daftar periksa barang-barang yang diperlukan, bagasi, dan lain-lain. (PDOT)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *