Ragam Festival di Filipina Desember 2018

Beragam festival di Filipina bisa kamu lihat saat liburan di Filipina. Berikut ragam festival yang bisa kamu kunjungi di bulan Desember.

1. Paskuhan sa Barangay di Cebu City

(dok choosephilippines.com)

Pasukuhan merupakan salah satu festival di Filipina yang meramaikan bulan Desember selama sebulan penuh. Festival ini menampilkan beragam budaya dari universitas di Cebu City.

2. San Fernando Giant Lantern Festival

(dok AP Photo/Iya Forbes / MANILA BULLETIN)

Festival lentera ini akan berlangsung selama sebulan penuh di Desa Natal Filipina (Philippine Christmas Village) San Fernando, Pampanga. Selama festival kamu bisa melihat lentera berukuran 14-18 kaki dengan beragam corak dan bentuk.

3. Kamundagan Festival

(dok RUEL SALDICO/ balita.net.ph)

Selama sebulan penuh, Naga City di Camarines Sur melaksanakan Kamundagan Festival. Beragam acara meramaikan festival ini, seperti lomba kencantikan, pameran agro industri, carnaval, pertunjukan budaya, kiri kiti, pastoras dan lainnya.

4. Subayan Keg Subanon

(dok OCSAT Updates/Facebook)

Festival ini berlangsung mulai tanggal 1-8 Desember 2018 di Ozamiz City. Selama festival diramaikan oleh pertunjuan theater jalanan, lagu, tarian yang menggambarkan warisan budaya Subanon.

5. Pasko sa Tanjay Festival

(dok buglasanfestival.com)

Di bulan Desember liburan di Negros Oriental, kamu bisa melihat Pasko sa Tanjay. Festival ini dalam rangka menyambut Natal dengan menampilkan presentasi dan kontes budaya akan berlangsung dari tanggal 1-9 Desember di Tanjay.

6. Fiesta de Agoo

(dok Agoo Dinengdeng Festival of Festivals/Facebook)

Festival de Agoo berlangsung tanggal 5-8 Desember 2018 di Agoo Covoc Center, Agoo Basilica. Selama festival kamu bisa menyaksikan festival lentera, penobatan Miss Agoo, pemberian penghargaan Bannuat ti and Dakilang Datu.

7. Sinadya

(dok roxascity.gov.ph)

Di Roxas City kamu bisa saksikan Festival Sinadya mulai tanggal 1-8 Desember 2018. Festival ini menampilkan pertunjukan kembang api, pawai akbar, festival makanan, dan Festival Tari Capiz.

8. Hanging of the Green

Di minggu kedua di Zamboanga City kamu bisa melihat Hanging of the Green. Anak-anak akan ramai-ramai bergabung dalam ‘gantungan hijau’ pertanda dimulainya musim Natal.

9. Feast of the Immaculate Concepcion

(dok catholicsandcultures.org)

Pesta besar bisa kamu kunjungi di tanggal 8 Desember di Puerto Princesa City. Perayaaan ini untuk menghormati pelindung kota dan diramaikan oleh parade dan beberapa gambar Virgin Mary.

10. Pagdiwata

(dok Pearl of the Orient: Discover Old Philippines/Facebook)

Liburan di Palawan, kamu bisa melihat Festival Pagdiwata di tanggal 8 Desember. Festival ini merupakan perayaan ucapan terimakasih dan rasa syukur Tagbanuas untuk hasil panen yang melimpah dengan mempersembahkan makanan untuk dewa dan kerabat yang telah meninggal.

11. Dad Iw Day eng Chants

Di tanggal 8 Desember, Bakod, Benguet mengadakan Festival Dad-Iw Day-eng Chants. Perayaan ini dimeriahkan fitur Ibaloi, penampilan lagi Suku Kankana, dan penampilan tari-tarian.

12. Karisyohan Han Pasko Ha Palo

Desember selalu disambut hangat di Filipina karena menyambut bulan natal. Beragam perayaan dan festival di Filipina diselenggarakan salah satunya Karisyohan Han Pasko Ha Palo.  Perayaan ini berlangsung tanggal 10 Desember-16 Januari di Palo, Leyte. Acaranya diramaikan oleh Misa de gallo, acara kebudayaan, dan konser Natal di Katedral Palo.

13. Philippine International Lantern Parade

Parade lentera di akan berlangsung tanggal 14 Desember di Asia World Complex Roxas Blvd dan Quirino Grandstand. Selama parade kamu bisa melihah lentera warna-warni dari beragam negara dengan beragam bentuk. Acara diramaikan juga oleh band lokal, mobil vintage, komunitas setempat, dan calesas.

14. Christmas Among the Tribes

Festival di Filipina ini diramaikan dengan pembagian hadiah dengan melibatkan kunjungan ke rumah-rumah. Kegiatan ini dilakukan oleh kelompok pribumi di Quirino di 16 Desember.

15. Simballay Festival

Beragam festival di Filipina meramaikan bulan Desember ini. Selama satu minggu di minggu ketiga Desember di Nabunturan, Provinsi Davao terdapat Simballay Festival. Festival ini nantinya diramaikan dengan tarian masal Mansaka, beragam penampilan, street dance, dan pawai akbar.

16. Shariff Kabunsuan

(dok MindaNews/Omar Mangorsi)

Di tanggal 15-19 Desember di Cotabato City ada Festival Shariff Kabunsuan. Festival ini untuk memperingati kedatangan Shariff Kabunsuan dan Islam ke Mindanao.

17. Pastores Bikol

 

(dok bicolhomepage.wordpress.com)

Festival ini berlangsung tanggal 18 Desember di Legaspi City. acara perayaan ini menampilkan anak laki-laki dan perempuan memainkan peran gembala yang bersukacita pada kelahiran Yesus.

18. Maytinis Festival

(dok Pinoy Adventurista)

Di Kawit, Cavite kamu bisa melihat Maytinis Festival di 24 Desember. Festival ini menampilkan peragaan ulang Mary dan Joseph mencari kamar pada malam kelahiran Kristus.

19. Salubong

(

dok ABS-CBN News)

Festival di Filipina ini bisa kamu lihat di tanggal 29 December di Plaridel, Bulacan. Namanya Festival Salubong. Acara ini diisi dengan prosesi wanita yang menari, kuda, dan calesas untuk menjemput Santiago Maria Moros dari Barangay Sipet.

Nah, tunggu apa lagi? Beragam festival di Filipina siap menunggu dan menghibur kamu saat menikmati liburan Desember di Filipina. Yuk!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *