Madrid Fusion Manila ke-4 Diundur, Ini Tanggapan DOT

Setelah diundur dari bulan September 2018 ke April 2019, Madrid Fusion Manila ke 4 tidak jadi diadakan di tahun 2019. DOT pun memberikan tanggapan.

Dalam konfrensi pers di Manila, Menteri Pariwata Filipina Bernadette Romulo Puyat menegaskan bahwa acara Madrid Fusion Manila tidak semata-mata menampilkan kuliner Spanyol saja. Tetapi acara ini murni mempromosikan produk lokal dari Filipina.

“Ini adalah perubahan, benar-benar menempatkan pertanian di peta dunia dan memberi arti penting bagi petani kita. Saya risih jika ada yang bilang acara ini mendukung budaya Madrid, hanya mendukung orang asing, dan hanya mendukung produksi asing. Ini acara yang sangat penting bagi kita,”ujarnya.

Puyat juga menambahkan bahwa lebih baik melaksanakan acara bila sudah siap.

“Saya lebih suka melakukannya dengan benar dan jangan terburu-buru. Saya sudah berbicara dengan penyelenggara di luar negeri bahwa kita kekurangan waktu,” tambahnya.

Madrid Fusion Manila merupakan satu-satunya edisi Asia dari Madrid Fusion. Ini merupakan acara kongres gastronomi paling penting di dunia dan dirayakan setiap tahunnya di Madrid, Spanyol.

Departemen Pariwisata Filipina (DOT) pun mengungkapkan bahwa Filipina akan terus memfokuskan sumber daya negara untuk menghadapi tantangan dalam dunia industri. Khususnya untuk memenuhi kebutuhan sektor-sektor pendukung industri pariwisata yang mengadopsi kebijakan pariwisata berkelanjutan (sustainable).

DOT mengakui bahwa apa yang telah disumbangkan oleh industri makanan lokal telah mempromosikan Filipina sebagai negara dengan citarasa unik. Dengan adanya Madrid Fusion Manila, tidak hanya tentang diskusi masakan tingkat Filipina saja, namun juga bertambah luasnya pemahaman dunia mengenai pertanian lokal dalam kuliner lokal.

Selanjutnya DOT akan melanjutkan dukungan terhadap gastronomi Filipina, salah satu bagian dari Madrid Fusion Manila . Hal ini ditunjukkan dengan memfokuskan  pada upaya yang benar-benar berkelanjutan.

Dari kantor regional akan terus mengembangkan dan meningkatkan penawaran produk wisata kuliner dan pertanian. Sementara dari kantor-kantor asing departemen akan terus mempromosikan negara sebagai tujuan kuliner utama pasar internasional. Semoga tahun depan, Madrid Fusion Manila berjalan sesuai yang diinginkan.(PDOT)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *