Ingin Kuliner Filipina? Yuk ke Festival ini

Chef di Festival Kuliner Kaon Ta Mindanao. Dok: DOT

Kuliner Filipina menjadi alasan kamu wajib untuk liburan ke sini. Beragam olahan kuliner di sini siap memanjakan lidah kamu. Datangi saja Cagayan de Oro City di Mindanao karena mereka punya festival kuliner Filipina untuk kamu.

Departemen Pariwisata Filipina (PDOT) baru saja meluncurkan festival kuliner dan travel di Kota Cagayan de Oro dengan tajuk ‘Kaon Ta Mindanao’ di Seda Centrio Mall. Festival ini diadakan pada tanggal 7-9 Desember 2018 dan diresmikan langsung oleh Menteri Pariwisata Bernadette Romulo Puyat.

Sesuai dengan temanya, pengunjung akan dimanjakan oleh beragam kuliner. Tidak hanya kuliner Filipina, tetapi juga ada kuliner dari beragam negara di dunia lho. Asyik!

 

Ada lebih 30 peserta pameran yang diisi oleh hotel, restoran, farm resort, kelompok agro industri, taman eco-farm adventure, operator transportasi, universitas dan berbagai unit produksi pemerintah lokal setempat. Tidak hanya menyajikan beragam kuliner Filipina saja, tapi juga ada beragam paket wisata kuliner yang bisa diburu selama festival lho.

Selama festival, kamu bisa merasakan langsung olahan dari chef unggulan CDO yang terkenal dengan resep masing-masing. Seperti Chef Benjie Gaviola dengan Beef Rendang, Chef Chiko Arvin Cacanindin dengan Chicken Surol, Chef Pat Sabay III dengan Humba de Oro, Chef Cyril Balbuena dengan olahan Sinuglaw dan Inun-unan na Pidlayan, Chef Albert Chiu dengan olahan Roast Beef and Binaki, dan Chef Roseller S. Fiel II dengan resep Chicken Piaparan (Halal).

 

Tidak hanya menampilkan kuliner saja lho. Pengunjung juga bisa menikmati beragam produksi pertanian setempat. Mindanao terkenal dengan produk pertaniannya seperti lanzones, nanas, kacang dan 31 variasi pisang. Nanti juga memamerkan kopi, sayuran, jus, rempah-rempah lokal, ramuan sayur organik, serta kerajinan tangan.

Pada saat peluncuran banner, Asisten Sekretaris DOT Mindanao dan Palawan, Myra Paz Abubakar yang mewakili Puyat selama perayaan menyampaikan pesan untuk para pengunjung selama acara pembukaan.

“Selama ini orang bertanya kepada saya, mengapa harus mempromosikan makanan. Jawaban saya sederhana, karena makanan akan selalu menjadi salah satu alasan atau pertimbangan untuk destinasi yang dikunjungi,” ungkap Puyat.

 

Kuliner Filipina yang bisa kamu rasakan selama festival yaitu Binaki, kuliner khas Cagayan de Oro City yang terbuat dari campuran jagung, krim, mentega, susu, dan gula. Juga ada kue-kue yang terbuat dari beras dan santan.

Cicipi juga Lanzones Camiguin, olahan khas dari buah lanzones yang tumbuh di tanah vulkanik. Juga pastel klasik camiguin, roti lembut yang sangat cocok dipadu dengan kopi atau coklat panas. Ingin cemilan renyah? Cicipi kiping yang terbuat dari singkong yang dipadu dengan santan caramel. Duh, bikin lapar ya? (PDOT)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *