2 Maskapai Filipina Keluarkan Travel Advisory Untuk Boracay

Filipina kembali menunjukkan keseriusannya menjaga keberlangsungan Pulau Boracay . Mereka pun menggandeng 2 maskapai nasional untuk mengeluarkan travel advisory (anjuran perjalanan) untuk Boracay.

Pulau Boracay sempat ditutup selama 6 bulan karena rusaknya pantai karena sampah. Selama 6 bulan itu, Filipina memperbaiki dan membangun kembali ekosistem pantai yang rusak sehingga kembali seperti awal.

Tepat pada tanggal 26 Oktober 2018, Pulau Boracay kembali dibuka untuk turis. Keputusan dibukanya kembali pariwisata Pulau Boracay diiringi dengan beberapa aturan demi menjaga ekosistem pulau, salah satunya membatasi kunjungan turis.

Pulau Boracay. (Sumber: Lonely Planet)

 

Department of Tourism (DOT) kembali menunjukkan keseriusan dan ketegasan kepada turis yang ingin ke Boracay. DOT menggandeng 2 maskapai nasional,  Philippine Airlines (PR) dan Cebu Pacific Air (5J) untuk mengeluarkan anjuran perjalanan untuk Boracay.

Di dalam website kedua maskapai tersebut, mereka sama-sama mewajibkan kepada turis yang ingin ke Boracay untuk reservasi tempat penginapan sebelum membeli tiket ke Boracay.

Di dalam website Cebu Pacific Air, mereka mengingatkan kepada penumpang yang ingin terbang ke Caticlan dan Kalibo diminta untuk menunjukkan bukti pemesanan hotel yang telah dikonfirmasi sebelum memasuki Boracay . Hanya pemesanan yang dikonfirmasilah yang bisa memasuki Pulau Boracay.

Begitu juga di website Philippine Airlines yang mengingatkan penumpangnya untuk memesan terlebih dahulu akomodasi dan telah konfirmasi sebelum memasuki Pulau Boracay. Jika tidak, mereka bisa ditolak masuk ke Boracay dan maskapai tidak akan bertanggungjawab.

Kedua maskapai ini juga sama-sama mengingatkan kepada penumpang untuk reservasi di hotel atau resor yang telah mendapatkan izin dan diakreditasi pemerintah. Kamu silakan lihat langsung di website Philippine Airlines  dan Cebu Pacific Air.

Aturan tegas pun tidak hanya untuk wisatawan saja. Namun pemerintah Filipina juga mengingatkan kepada penggiat wisata (mulai dari transportasi, jasa tur, dan hotel) untuk memperketat dan mengawasi kegiatan para wisatawan. Mereka pun juga dibekali pengetahuan melalui pelatihan dan seminar.

Terkhusus untuk penginapan, baik itu hotel maupun resor, mereka harus mendapatkan izin dari pemerintah untuk menjalankan usaha. Nah, akomodasi terakreditasi inilah yang perlu dipastikan wisatawan sebelum memesan hotel di Boracay.

Saat ini di Boracay terdapat 157 hotel dan resor yang telah mendapatkan izin untuk menerima tamu. Diantaranya Alta Vista de Boracay, Azalea Hotels & Residences, Crimson Resort & Spa Boracay, Movenpick Resort & Spa Boracay, Shangri-la Resort, Culpepper Lodge, Green Monkey Resort Boracay. Untuk daftar lengkapnya kamu silakan cek di sini. (PDOT)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *