Provinsi Quirino

 

dok PDOT

 

Tentang Provinsi Quirino

Provinsi Quirino dikelilingi oleh Lembah Cagayan di Luzon. Provinsi Quirino sangat sepi dan jarang dikenal oleh turis. Padahal banyak tempat tersembunyi yang dimilili oleh provinsi yang beribukota Cabarroguis ini. Juga provinsi ini kaya akan produk lokal.

Walau tidak ada pantai, Provinsi Quirino memiliki bentangan alam yang cantik dan masih alami. Beragam gua, air terjun, sungai, formasi bebatuan dan spot pemandangan bisa kamu temui di sini. Tak ketinggalan kuliner dan oleh-oleh yang harus kamu bawa pulang.

Kegiatan Utama

1. Wisata Air Terjun

Di Provinsi Quirino banyak air terjun yang bisa kamu jelajahi, diantaranya Mabo Falls, Pensal Falls, Nantugaw Falls, Sinipit Falls, Mandela Waterfalls, Junuan Falls, dan Mactol Falls. Ke ujuh air terjun ini punya karakteristik masing-masing dan airnya sangat jernih dan udara disekitar air terjun sangat rindang dan sejuk.

2. Jelajah gua

Kamu yang suka jelajah, wajib datang ke Aglipay Cave yang erada di Barangay Villa Ventura, Aglipay, Quirino. Hanya dengan Php 25 (Rp 7.000), Anda dapat menjelajah gua batu gamping Aglipay yang megah. Gua ini memiliki formasi yang rapih, tirai batu yang menakjubkan, dan stalaktit yang mengagumkan.

3. Formasi bebatuan dan sungai

Provinsi Quirino memiliki Bimmapor Formation, dinding batu yang cukup tinggi engan pemandangan cntik di sekitarnya. Objek wisata ini berada di Nagtipunan.

Nah yang ingin berkapal menjelajahi sungai sembari menikmati formasi tebing dan hijaunya pemandangan hutan nan alami, datang saja ke Siitan River. KAmu hanya perlu sewa kapal saja.

4. Oleh-oleh

Jika kamu mencari penganan lokal, kotamadya Saguday memiliki prem Kamias, produk kacang tanah, satru asem, dan teh jahe. Kamu juga bisa berburu barang antik atau melihat-lihat fosil bunga. Untuk barang yang lebih besar, kenali juga industri besar di Quirino – mebel kayu untuk rumah tangga dan kantor.

5. Festival

Provinsi Quirino punya Motorcross Event yang diadakan setiap bulan Maret dan Juni. Cocok nih untuk kamu yang suka kegiatan adrenalin. Juga ada Panagdadapun Festival, Aglipay’s Aquero Patronal Festival (14 Februari), Paskuhan sa Quirino( setiap Desember) dan masih banyak lagi.

Bagaimana Mencapainya

1. Udara

Tidak ada penerbangan langsung ke Provinsi Quirino , kamu harus terbang ke Kota Isabella dan menyambungnya lagi dengan naik bus selama 1,5 jam menuju Cabarroguis.

Kamu juga bisa terbang ke Tuguegarao, dan menyambungnya lagi dengan mobil selama 3 jam menuju Cabarroguis.

2. Darat

Dari Cordon, Isabela, Anda dapat menggunakan angkutan umum ke provinsi Quirino. Ada juga angkutan umum dan jeepney jurusan Diffun, Aglipay, Madella, dan Cabarroguis.

Dari Metro Manila, kamu bisa menggunakan bus jurusan Florida-Manila, Nelbusco-Manila atau Bus Luzon Utara-Manila.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *