Apayao

 

dok PDOT

Tentang Apayao

Apayo merupakan provinsi yang berada di wilayah administratif Cordillera di Luzon yang beribukota Kabugao. Apayao walaupun terpencil, tapi di sini sangat tenang dan terkenal dengan margasatwanya.

Menurut Isneg setempat, Apayao berarti ‘sungai yang berubah-rubah(?)’. Provinsi yang baru dibentuk ini berada di ketinggian wilayah Cordillera. Diapit oleh Ilocos Norte, Cagayan, Kalinga, dan Abra, provinsi baru ini juga disebut sebagai “sumber kekayaan alam terakhir Cordillera.”

Kegiatan Utama

1. Arum Jeram

Sungai Apayao, konon merupakan perairan terbersih di wilayah ini dan objek wisata arung jeram terbaru di Filipina. Sungai yang bersih berarti hutan sekitarnya masih utuh.

 

(dok Apayao Tourism/Tony Corado/Facebook)

2. Hiking dan Climbing

Anag-Sicapo di Kabugao dan Taman Nasional dan Suaka Margasatwa Agamata di Calanasan cukup menantang untuk berkendara dan hiking. Kamu bisa climbing di Father Rock, Dupag Rock Pormation.

Formasi bebatuan yang berada di 30 meter di atas Lembah Marag ini akan menantang adrenalin mu. Untuk bisa ke puncak batu memakan waktu dari 35-50 menit saja. Dari atas kamu bisa melihat indahnya hamparan pepohonan dan lembah.

3. Jelajah sungai

Jangan bayangkan hanya sekedar main air dan keliling sungai saja. Di Apayao terdapat sungai yang mengalir di dalam gua, namanya Lussok Underground River. Rasakan pengalaman menjelejahi bebatuan kapur di dalam gua yang butuh perjuangan seperti membungkuk bahkan sampai merangkak. Tertantang?

Juga ada Sungai Purag yang jadi favoritnya warga lokal. Di sini kamu bisa berenang di cela-cela bebatuan besar di tepi sungai. Terdapat kolam-kolam berair biru di sungai yang kedalamannya mencapai 30 kaki.

4. Wisata air terjun

Apayao juga punya air terjun setinggi 33 meter bernama Gololan Falls. Air terjun ini terkenal dengan pelangi yang ada di aliran airnya. Bila ingin ke sini kamu harus hiking sekitar 30 menit.

5. Bertemu Hewan Liar

Temui hewan langka di Taman Nasional dan Suaka Margasatwa Agamata, Suaka Margasatwa Agora, dan Anag-Sicapo. Kalau melihat ke atas Anda mungkin melihat rajawali Filipina. Kalau Anda melihat ke tanah, Anda bisa saja menemukan katak terkecil Filipina.

 

Lussok Underground River (dok Dr. Antonio Corado/Apayao Tourism/Facebook)

Bagaimana Mencapainya

1. Udara

Bila ingin terbang ke Apayao, kamu bisa ambil rute ke Laoag atau Tuguegarao. Setelah itu kamu berkendara dengan mobil, Jeepney atau tricycle selama 3-4 jam.

2. Darat

Menuju Apayao dengan bus, bernagkat dari Manila ambil jurusan Junction Luna. Lama perjalanan sekitar 12 jam. Sesampai di terminal, kamu menyambungnya lagi dengan tricycle atau Jeepney selama 15 menit untuk ke Kota Luna.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *