Zambales

dok PDOT

Tentang Zambales

Zambales merupakan provinsi yang kedua terbesar yang berada di Luzon dan hanya berjarak 3 jam dari Kota Manila. Ibukota Provinsi Zambales adalah Iba. Kamu yang ingin wisata di Filipina wajib datang ke sini.

Zambales dikenal sebagai salah satu tempat terbaik untuk menikmati keindahan Filipina. Kamu yang ingin bersantai di pantai, menikmati peninggalan sejarah, hiking, kuliner dan festival semua bisa kamu temukan di Zimbales.

Kegiatan Utama

1. Festival

Festival yang paling terkenal di Zimbales adalah Mango Festival. Selama tiga hari kamu makan mangga sepuasnya dengan mengikuti kompetisi makan mangga. Perlu kamu tahu, Zambales terkenal dengan produksi mangga bahkan yang termanis di dunia ada di sini.

2. Kegiatan olahraga air dan pantai

Kamu yang mau menantang adrenalin di Zambales, harus coba aktivitas air di pantai-pantainya yang menawan. Kamu bisa bermain banana boat, jet ski, kayak dan parasailing menikmati laut dari ketinggian.

Bicara soal pantai terdapat pantai-pantai cantik yang menunggu kamu di Zambales. Kunjungi Liwliwa Beach, pantai keren untuk surfing dan bermain ombak.

Kunjungi Teluk Anawangin yang berbentuk bulan sabit yang dikelilingi oleh Pohon Agoho dan Gunung Pinatubo. Pemandangan di sini sangat cantik. Ada juga Teluk Nagasasa dengan pantai berair jernih dan pemandangan laut menakjubkan. Di sini kamu bisa melompat dari tebing menuju laut. Berani?

Kamu yang ingin snorkling berkunjung saja ke Pulau Potipoy, sebuah pulau kecil dengan pasir putih yang indah. Hanya butuh waktu 30 menit mengelilingi pulau ini.

 

Liwliwa Beach (kennethesguerra.com)

 

3. Museum dan landmark

Beberapa museum yang bisa kamu kunjungi di Zambales diantaranya Ramon Magsaysay Ancestral House and Museum dan Olongapo City Museum.

Kunjungi juga Ramon Magsaysay Ancentral House di Castillejos. Di sini kamu bisa mengetahui bagaimana kehidupan presiden ke 7 Ramon Magsaysay.

Ada juga The Hellships Memorial, sebuah tugu untuk mengenang para tahanan perang sekutu yang diangkut melalui kapal ke Jepang untuk bekerja paksa pada Perang Dunia II.

Kamu yang ingin melihat satwa liar yang dilestarikan, datang saja ke El Kabayo Stables di Subic Bay Freeport Zone. Di sini kamu juga bisa belajar menunggang kuda lho.

Di Zambales kamu juga bisa menemukan galeri seni CASA San Miguel. Ini adalah proyek seni yang bertujuan untuk memelihara komunitas musisi lokal San Antonio. Di sini juga banyak foto-foto warga lokal dengan sudut pandang yang berbeda.

Satu lagi landmark yang wajib kamu kunjungi di Zambales adalah Mercusuar Capones di Pulau Capones. jangan lewatkan Camara Ancestral House, rumah gubernur pertama Zambales.

Masih belum puas dengan situs sejarah? Kunjungi saja Bontolan Zambales, rumah bagi komunitas Aeta.

 

Ramon Magsaysay Ancentral House (dok National Historical Commission of The Philippines)

4. Wisata religi

Kunjungi Gereja San Andreas yang telah berusia lebih dari 400 tahun. Gereja ini sangat bersejarah dan punya arsitektur yang bergaya di masanya. Gereja ini dibangun dari batu dan coral yang dipoles sehingga megah seperti sekarang.

Kunjungi juga Gereja Ina Poon Bato di Botolan. Gereja ini punya foto Blessed Virgin Mary yang dipercayai diberkati dan ajaib.

5. Mendaki dan hiking

Kamu yang suka kegiatan alam, ada beberapa gunung yang bisa kamu daki di Zambales. Gunung Pinatubo dengan kawah yang indah di tengah puncaknya. Kawah ini membentuk danau yang sangat indah!

Ada juga Gunung Tapulao, gunung tertinggi di Zambales. Dari puncaknya kamu bisa melihat seluruh provinsi ini. Daki juga Gunung Pundaquit yang memiliki jalur yang indah. Butuh 4 jam untuk mencapai puncaknya.

 

(Mt. Pinatubo Adventure Phils./Facebook)

6. Kuliner

Tak lengkap traveling bila tidak mencicipi masakan warga lokal bukan? Cicipi Pastila susu carabao dari Iba. juga lingas, permen yang dilapisi biji wijen dan kunjungi Pasar San Felipe untuk berburu kuliner.

TIPS

1. Hadirilah Mango Festival dan cicipi betapa manisnya mangga Zambales.

2. Ikuti kelas survival di Subic Freeport Zone.

Cara ke Zambales

1. Udara
Kamu bisa terbang ke Manila. Setelah itu menempuh jalur darat menuju Zambales.

2. Darat

Dari Manila kamu bisa menggunakan jalur darat karena hanya berjarak 3 jam saja dari pusat Kota Manila. Kamu bisa menggunakan mobil pribadi atau dengan bus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *