Visayas Timur

 

dok PDOT

 

 

Tentang Visayas Timur

Liburan ke Filipina, singgahlah ke Visayas Timur. Provinsi ini juga menjadi tujuan wisata laut untuk scuba diving, snorkling dan selancar. Visayas Timur menyimpan terumbu karang dan pantai-pantai cantik yang patut kamu kunjungi.

Visayas Timur masuk ke dalam kelompok Pulau Visayas yang tidak memiliki batas daratan. Provinsi ini memiliki tiga pulau utama, Samar, Leyte dan Biliran.

Selain kekayaan laut dan pantainya, Visayas Timur juga memilki festival yang terkenal yaitu Festival Pintados dan Sangyaw. Juga banyak situs sejarah peninggalan Portugis yang bisa kamu kunjungi.

 

Cuatro Islas (from Methelyn Manaog/ Eastern Visayas Tourism/Facebook)

Kegiatan Utama

1. Wisata laut dan pantai

Sebagai provinsi kepulauan, tentu yang menjadi daya tarik utamanya adalah pantai dan kekayaan lautnya. Di Visayas Timur kamu bisa menikmati jelajah pulau-pulau cantik dengan pantainya menawan.

Di Leyte, kamu bisa ke Caniago Island yang terkenal dengan butiran pasir putihnya yang lembut dan air lautnya sejernih kristal. Di sini kamu bisa keliling pantai tanpa alas kaki, menikmati sunset, berenang, snorkling, dan bersantai. Begitu juga di Kalanggaman Island yang terkenal dengan pasir timbul berwarna putih bersih dan air laut yang bening. Ini merupakan salah satu pulau favoritnya wisatawan bila liburan ke Filipina, khususnya Visayas Timur.

Adapun pulau lain di Leyte yang bisa kamu kunjungi yaitu Sila Island, San Pedro and San Pablo Island, dan Capsul Island. Pulau-pulau ini punya daya tarik yang tak boleh dilewatkan.

Di Eastern Samar ada Calicoan Island yang terkenal dengan ombaknya. Ini adalah tempat favoritnya alias ibukotanya surfing di Visayas lho.

Sedangkan di Biliran ada Higatangan Island yang identik dengan pasir putihnya yang menjorok memanjang ke tengah laut. Di sini terkenal dengan aktivitas airnya seperti kayaking, scuba diving, kayaking, snorkling, cliff diving, camping dan trekking.

Ada lagi nih Dalutan Island untuk kamu yang suka jelajah. Di sini kamu bisa melihat beragam spesies burung, terumbu karang dan kehidupan bawah lautnya. dan Maripipi Island yang terbentuk akibat aktivitas volcano. Jadi jangan heran, kalau di sini sangat hijau dan subur.

 

Pantai pasir putih di Kalanggaman (from Rocky Fabilane/ Eastern Visayas Tourism/Facebook)

2. Air terjun

Adapun air terjun yang bisa kamu kunjungi di Visayas Timur adalah Air Terjun Ulan-ulan yang berada di Biliran. Air terjun ini dikelilingi oleh tetumbuhan hijau yang begitu lebat.

3. Landmark

Kamu yang suka sejarah, bisa nih ke Homonhon dan Pulau Limasawa. Dua tempat ini merupakan pemberhentian navigator Portugis, Ferdinand Magellan selama pelayaran yang tercatat di dunia.

4. Festival

Baanyak festival yang bisa kamu temukan saat liburan ke Filipina, begitu juga Visayas Timur. Festival yang terkenal di Visayas Timur yaitu Festival Pintados dan Sangyaw. Di setiap tahun di bulan Juni kedua festival ini dirayakan di ibukota wilayah Tacloban City. Festival ini merupakan perayaan keagamaan untuk menghormati Senor Sto Nino, Santo pelindung Tacloban.

Limasawa Island (from  Rocky Fabilane/ Eastern Visayas Tourism/Facebook)

Cara ke Visayas Timur

1. Udara

Kota Tacloban menjadi titik awal bila masuk kek Visayas Timur melalui jalur udara. Kamu bisa terbang menggunakan Cebu Pacific, Philippine Airlines dan Air Asia dari Manila dan Cebu setiap harinya. Kamu juga bisa terbang dari Manila menuju Bandara Catarman, Bandara Calbayog, dan Bandara Ormoc.

2. Darat

Semua kota yang ada di Visayas Timur bisa ditempuh melalui jalur darat, baik itu menggunakan mobil ataupun bus. Karena setiap pulau-pulau terhubung oleh jembatan. Semuam rute bus dan van pun memiliki koneksi langsung ke suma kota dan ibukota provinsi.Bandara Catarman, Bandara Calbayog, dan Bandara Ormo

Untuk kamu yang ingin berkeliling Visayas Timur bisa menggunakan bus, mini van, maupun Jeepney. Karena mereka semua terhubung ke kota-kota besar di setiap pulau.

3. Laut

Ada kapal feri terjadwal dengan pintu masuk utama dari Ormoc City dari Cebu. Sedangkan Kota Bato, Leyte adalah pelabhan masuk dari Pulau Bohol. Kota Palompon pelabuhan bagi kalap dari Manila dan Mindanao.

 

Nah kapan kamu liburan ke Filipina, khususnya Visayas Timur?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *