Valencia City

Danau Apo (dok PDOT)

Tentang Valencia City

Valencia City merupakan salah satu dari kota terpadat di Bukidnon. Dengan lokasi di tengah-tengah provinsi, kota ini juga merupakan pusat perdagangan dan niaga.

Valencia City ada di atas dataran tinggi Bukidnon, di sisi Sungai Pulangi. Sebagian besar wilayah kota ini merupakan wilayah pedesaan dengan hutan yang lebat dan lahan pertanian yang subur. Pemerintahan setempat memiliki rencana jangka panjang untuk mengembangkan Valencia City menjadi produsen utama beras organik di Filipina.

Bentang alamnya khas wilayah ini dengan perbukitan, pegunungan, air terjun, danau, sungai, dan gua. Yang membedakannya dengan wilayah lainnya adalah Danau Apo. Danau yang tenang ini memiliki pemandangan yang indah dengan bukit, gunung, dan hutan. Danau ini terbentuk dari kawah dan memiliki air yang jernih bahkan termasuk perairan terbersih di Mindanao Utara.

Kegiatan Utama

1. Wisata danau

Berkunjunglah ke Danau Apo, danau berair jernih dan bersih, menjadi kebanggaan warga Valencia City. Danau seluas 24 hektar ini sangat hening dan tenteram.

2. Wisata air terjun

Valencia City juga punya air terjun, berkunjung saja ke Air Terjun Sagumata.  Selain itu juga ada Air Terjun Malingon yang berada di Mountain View College, Barangay Mt Nebo.

3. Pelangi River

Nikmati suasana Pelangi River yang cocok untuk yang hobi memancing. Kamu bisa menyewa perahu atau membeli paket wisata untuk menikmati Pelangi River.

4. Wisata gua

Jika ingin menjelajahi Valencia City, kamu bisa datang ke Kasanayan Cave, gua dengan dengan stalaktit yang menakjubkan dan berada di 400 meter dari permukaan sungai. Juga ada Salawao Cave, dengan formasi kalsit yang mengesankan dengan kolam di dalam guanya.

 

Danau Apo (dok PDOT)

Cara ke Valencia City

1. Udara

Ada penerbangan setiap hari dari Manila, Iloilo dan Cebu ke Cagayan de Oro City atau dari Davao City. Dari sana, Anda dapat melanjutkan melalui jalur darat.

2. Darat

Kamu juga bisa menempuhnya dengan jalur darat dari Bandara Lumbia, Cagayan de Oro ke Velencia dengan jarak tempuh 2 jam 23 menit (145 Km). Sedangkan bila dari Francisco Bangoy International Airport, Sasa, Davao City ke the City of Valencia memakan waktu 2 jam 46 menit (166 Km).

Laut

Anda dapat berangkat dari Manila atau Cebu ke Cagayan de Oro City. Dari sana, lanjutkan melalui jalur darat ke Valencia City.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *