Tubbataha Reef

 

(dok PDOT)

Tentang Tubbataha Reef

Liburan ke Filipina, ini spot tercantik buat diving untuk para divers dunia. Namanya Tubbataha Reef, terumbu karang kebanggaan Filipina yang juga diakui UNESCO.

Tubbataha Reef berada di Laut Sulu, tepatnya 150 Km sebelah tenggara Kota Puerto Princesa, Palawan. Tubbataha Reef berada di Coral Triangle, pusat geografis keanekaragaman hayati laut dunia. Jadi pantas saja kalau Tubbataha Reef menjadi kiblat bagi penyelam scuba dan model untuk konservasi terumbu karang.

Perlu juga kamu ketahui, Tubbataha Reef dianggap bagian dari Cagayancillo, sebuah kota pulau terpencil yang dihuni oleh para nelayan. Tubbataha Reef juga masuk ke dalam area laut yang dilindung seluas 100.000 hektar.

Terdapat peraturan khusus yang wajib dibaca dan diketahui para divers yang ingin datang dan menikmati keindahan laut Tubbataha Reef.

 

(from ORIGINAL DIVING)

Kegiatan Utama

Tentu saja kegiatan yang bisa kamu lakukan di sini adalah diving. Kamu akan dibuat takjub oleh kekayaan laut yang beragam di taman nasional ini.

Perlu kamu ketahui, terdapat kurang lebih 300 spesies terumbu karang berwarna-warni yang menghiasi laut. Dan Tubbataha Reef juga menjadi habitat bagi 600 spesies ikan, 12 spesies lumba-lumba, hinga 11 spesies hiu. Bisa bayangkan betapa beragamnya kehidupan di sini, bukan?

Jadi jangan heran, jika UNESCO memutuskan menjadikan Tubbataha Reef sebagai Situs Warisan Dunia nya pada tahun 1993.

Adapun waktu terbaik untuk datang dan menikmati bawah laut Tubbataha Reef secara maksimal adalah di bulan pertengah Maret- Juni. Hanya 3 bulan saja!

Selama 3 bulan itu kamu bisa menikmati laut yang tenang dengan cuaca yang cerah. Jarak pandangnya juga panjang, 30 dan 45 meter saat 3 bulan tersebut. Bisa rasakan betapa menyenangkannya diving di salah satu spot diving terbaik dan terindah di dunia ini, bukan?

(from UNESCO/Tommy Schultz)

Cara ke Tubbataha Reef

Berangkat dari Manila, kamu ambil penerbangan reguler ke Puerto Princesa. Biasanya operator selam akan menjemput kamu ke bandara dan membawa tamu ke taman bawah laut ini. Eits, tidak sembarangan operator yang bisa datang ke Tubbataha Reef, hanya yang profesional dan berizin saja yang bisa masuk ke dalam.

Butuh waktu 10 jam mencapai Tubbataha Reef menggunaakn kapal. Biasanya turis yang datang berangkat pada malam hari,setelah makan malam. Jadi sesampai di Tubbataha Reef di keesokan harinya. Kamu yang butuh informasi tentang operator diving, peraturan dan segala tentang Tubbataha Reef, bisa kamu cek di sini.

 

(from ORIGINAL DIVING)

 

TIPS

1. Pesan operator wisata yang resmi melayani ke Tubbataha Reef
2. Ketahui segala peraturan dan ketentuan memasuki wilayah Tubbataha Reef.
3. Datanglah di pertengahan Maret-Juni.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *