Terumbu Apo

Pulau Apo

 

Tentang Terumbu Apo

Terumbu Apo, kawasan terumbu cantik yang ada di Filipina ini masuk ke dalam natural park nya UNESCO. Ini adalah kawasan terumbu kedua paling besar di dunia. Warga Filipina pasti berbangga!

Kawasan ini memang terkenal dengan keindahan bawa lautnya yang tiada tara. Karena keindahannya inilah Apo Reef diresmikan sebagai taman laut nasional di tahun 1996. Dan tahun 2006 Terumbu Apo masuk ke dalam Natural Park UNESCO.

Kawasan Terumbu Apo memiliki terdiri dari 3 pulau, yaitu Pulau Apo, Apo Menor, dan Cayos del Bajo. Pulau-pulau ini tidak hanya punya laut cantik, juga menjadi rumah bagi burung-burung dan habitat hijau. Kawasan ini penuh dengan keindahan alam.

Karang dan perairan di kawasan lindung di Filipina ini dikelola oleh Apo Reef Natural Park (ARNP). Taman Nasional Apo ini terletak 33 Km dari lepas Pantai Sablayan, Provinsi Occidental Mindoro.

Kaawasan Terumbu Apo memilki luas 34 Km persegi dengan kedalaman 2-10 meter. Terdapat 285 spesies kehidupan laut yang mewarna karang yang berwarna-warni, seperti ikan akuarium tropis, kakap, omoray yang berenang di celah-celah karang.

 

(via sea-explorers.com)

Kegiatan Utama

1. Diving

Jika kamu mencari spot terbaik di dunia untuk diving, jawaban salah satunya adalah di Terumbu Apo, Filipina. Air sejernih kristal dengan terumbu karang di bawah laut cantik, terlihat jelas dari permukaan lho.

Kamu yang suka diving bisa berkunjung langsung ke sini. Terdapat banyak spot diving untuk memuaskan insangmu. Banyak terumbu karang berukuran besar serta karang batu, karang lunak, karang otak dan lainnya. Berikut beberapa spot diving yang bisa kamu nikmati.

 

(via apo-reef.com)

 

– Apo Island Marine Sanctuary and Protected Seascape

Sebenarnya tempat ini sedang dalam rehabilitasi dan untuk kegiatan bawah laut sedang dilarang. Spot ini berada di bagian barat daya Pulau Apo. Spot ini rumah bagi ikan badut, kura-kura dan kerang raksasa. Juga beragam spesies ikan, termasuk pari manta, kakap hitam dan putih, angelfish dan flounder.

– Coconut Point

Berada di bagian barat Pulau Apo dan terkenal sebagai rumah beragam jenis karang lunak. Spot ini terkenal sebagai schools of jacks, barakuda, hiu terumbu, dan Vlaming Unicorfish. Spot ini disarankan untuk penyelam profesional, karena arus laut di sini sangat kuat.

– Kapel Point

Di sini kamu bisa temukan beragam spesies karang, spons, dan gorgonians. Adapun spesies ikan yang paling sering ditemukan di sini yaitu tuna, kakap hitam dan putih, dan barakuda.

– Rock Point

Spot ini berada di sebelah selatan Pulau Apo. Di sini kamu bisa temukan kehidupan laut dengan formasi bebatuan dan karang yang spektakuler. Di sini kamu bisa temukan hiu ujung hitam dan putih, belut moray, Picasso triggerfish, dan kakap hitam dan putih.

 

(via apo-reef.com)

– Mamsa Point

Berada di sebelah timur Pulau Apo dan kamu bisa temukan berbagai jenis jack di sini. Mamsa di sebut juga dengan jack, dan sesuai namanya kamu bisa temukan beragam spesies Crevalle jack. Selain itu juga ada jenis ikan kerapu, lionfish, scorpion, serta hiu terumbu hitam dan putih.

2. Snorkling

Air lautnya yang bening, bisa kamu nikmati dengan snorkling. Kamu bisa melihat dengan jelas kerang berwarna-warni dan spesies ikan laut yang berenang dengan lincah. Bila beruntung kamu juga bisa bertemu kura-kura.

3. Treeking dan hiking

Setelah puas bermain di lautan, kamu juga bisa puaskan matamu degnan hiking di pulau keci Apo. Adapun jalur yang bisa kamu nikmati seperti jejak ekologi dan jejak mercusuar.

(via apo-reef.com)

Cara Menuju Kawasan Terumbu Apo

1. Udara

Kamu bisa terbang dari Manila atau Cebu menuju Kota Dumaguete. Setelah itu kamu menempuh jalur darat menuju Bayawan.

2. Darat

Sesampainya di bandara Kota Dumaguete, kamu lanjutkan perjalanan dengan bus menuju Bayawan atau tepatnya ke Sibulan. Katakan saja kamu turun di Pasar Malatapay di Kota Zamboanguita dan kamu pastikan kamu mencapai pantai dari pasar tersebut. Setelah itu perjalanan dilanjutkan dengan kapal.

3. Laut

Menuju Pulau Apo memang harus dengan jalur laut. Kamu bisa menyewa kapal-kapal nelayan di sana. Harganya berkisar 1.500 Peso- 2.500 Peso (tergantung ukuran kapal) dengan lama perjalanan laut 45 menit.

Jika kamu ingin praktis dan tidak ingin membuang waktu karena keterbatasan cuti,kamu bisa gunakan jasa tur yang akan mengurus perjalanan kamu. Banyak kok jasa tur yang menawarkan liburan ke Pulau Apo. Dan kamu yang ingin bermalam juga bisa kok.

One thought on “Terumbu Apo

  1. Pingback: Negros Oriental – Wisata Filipina

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *