Tacurong

 

 

Tentang Tacurong

Tacurong merupakan kota yang berada di Mindanao, tepatnya di Provinsi Sultan Kudarat. Walau Kota Tacurong ini kecil, namun di sinilah penduduknya yang paling padat.

Dengan populasinya yang padat, kota ini menjadi pusat ekonomi dan pendidikan di provinsi ini. Ada beberapa perguruan tinggi di sini termasuk Notre Dame of Tacurong. Kunjungi Museum Universitas Notre Dame of Tacurong di Sullivan Hall dan kenali sejarah daerah ini.

Yang menjadi daya tarik dari Kota Tacurong adalah terdapatnya konservasi burung langka dengan jumlah puluhan ribu. Selain itu di sin ijuga ada festival burung yang juga menyuarakan ekowisata, forum burung, dan pelestarian lingkungan.

 

dok PDOT

Kegiatan Utama

1. Berkunjung ke Baras Bird Sanctuary

Baras Bird Sanctuary memiliki lebih dari 20.000 bangau dan penangkaran burung hijau di Kota Tacurong. Di sini pengunjung bisa melihat langsung ribuan burung di habitatnya. Tidak perlu teropong, namun pakailah topi untuk melindungi kepala dari kotoran burung yang beterbangan.

Untuk melihat langsung 20.000 burung, datanglah ke Barangay Baras. Di sini Anda akan menemukan burung Lapay atau cangak kepala hitam dan lima spesies burung kuntul hanya dalam wilayah seluas satu hektar di barangay ini.

Burung-burung di sini aktif di saat siang maupun malam. Untuk mengamati ratusan cangak kepala hitam sedang terbang, datanglah di pagi hari saat mereka meninggalkan sarang. Kuntul sering berada di wilayah ini di siang hari. Burung-burung migran ini baru mendiami kawasan ini di tahun 1996. Di awal tahun 1990-an hanya ada empat ekor burung yang tercatat dan setiap tahun populasinya bertumbuh. Cangak dan kuntul ada sepanjang tahun, siang, dan malam.

Burung ini sangat mudah ditemui dan kamu tidak perlu perlengkapan khusus untuk mengamati mereka. Wilayah ini sendiri baru mulai berkembang sebagai objek wisata dan sebaiknya menghubungi kantor pariwisata setempat terlebih dahulu. Mereka akan memberikan paduan dan jadwal.

 

dok PDOT

2. Festival dan budaya

Terdapat festival burung di Tancurong yang bisa kamu saksikan, salah satunya Tancurong City Bird Festival. Festival ini merupakan acara tahunan yang menyoroti perlindungan burung dan pelestarian lingkungan.

Juga ada Talakudong Festival atau dikenal juga dengan nama festival topi. Di festival ini kamu akan melihat tarian-tarian dan penampilan budaya dan sejarah Tancurog. Jangan lewatkan Festival Inugyunay yang merupakan pesta ucapan syukur dengan kembang api yang spektakuler.

Pengalaman menarik lainnya adalah melihat lumbung terbesar kedua di Asia. Pada dasarnya bangunan ini untuk mengeringkan beras dan merupakan lumbung terbesar saat dibangun di tahun 1980-an. Tingginya sama dengan gedung 11 tingkat dan memiliki kapasitas mengolah berton-ton beras per hari.

Kalau mau bersantai sambil melihat keseharian penduduk setempat, Anda bisa sekadar duduk-duduk di Taman Magsaysay.

 

Talakudong Festival (dok tacurong.gov.ph)

Bagaimana Mencapainya

1. Udara

Ada penerbangan setiap hari dari Manila ke General Santos City dan Cotabato City. Setelah itu menempuh jalu darat.

2. Darat

Kamu bisa menempuh jalur darat dari General Santos City, Davao City, Contabato City ke Tacurong City.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *