Surigao Del Sur

 

Air Terjun Tinuy (dok PDOT)

Sekilas Tentang Surigao Del Sur

Surigao Del Sur dikenal juga dengan nama Surigao Selatan merupakan provinsi di Filipina yang berada di Region Caraga. Provinsi ini memiliki garis pantai dengan keajaiban alam yang patut kamu kunjungi.

Liburan di Surigo Del Sur kamu bisa menikmati beragam destinasi, mulai dari pantai, air terjun juga kulinernya. Jangan kamu lewatkan air terjun cantik Tinuy an Falls yang dijuluki Air Terjun Niagara Filipina.

Kegiatan Utama

1. Wisata Air Tejun

Salah satu destinasi wisata yang terkenal di Surigao Del Sur adalah Tinuy an Falls. Air terjun ini memiliki ketinggian 55 Meter dengan lebar 95 meter. Air terjun terpanjang di Filipina ini juga dijuluki Air Terjun Niagara Filipina.

Temukan kemegahan Air Terjun Magkawas di Lanuza dan kamu dapat berenang di jeramnya yang sejuk.

2. Wisata Pulau dan Pantai

Wisata di Surigao Del Sur, kamu bisa menikmati beberapa pantai cantik. Kunjungi Pantai Cagwait berpasir putih dengan jajaran pohon kelapa dan air biru jernih. Di sini kamu bisa berenang, berjemur, dan berkemah di pulau kecil yang damai ini.

Nikmati juga tur pulau ke Kepulauan Britania. Jelajahi 24 pulau kecil yang muncul langsung dari dasar laut. Kagumi indahnya Kanlota, Taguan, Minasingin, Isla Verde, dan Panlanggan Forest di antara pulau-pulau yang ada. Lalu akhiri petualangan dengan berkemah di Pulau Boslon.

Kamu yang ingin menyelam di air biru muda bisa di Sungai Enchanted di Hinatuan. Bagiannya yang dangkal dan mengalir ke laut memiliki air yang berwarna hijau zamrud. Di siang hari kamu juga dapat memberi makan kerumunan ikan oranye dan kagumi kontras warna antara oranye dan biru. Cantik!

Yang patut Anda kunjungi juga adalah Lanuza. Tempat ini dulu menjadi tujuan rahasia bagi peselancar tapi jelas sekarang sudah bukan rahasia lagi. Anda dapat mengunjungi Air Terjun Magkawas dan berenang di dasarnya yang menyegarkan. Di dekatnya Anda dapat mengunjungi Lanuza Marine Park, tempat yang sangat sempurna untuk menyelam dan snorkeling!

3. Makan hidangan laut sepuasnya

Anda wajib mencoba hidangan laut di sini. Anda dapat mencari tukang jajanan setempat di luar taman di Sungai Enchated yang menjual kepiting, udang besar, tuna, dan tiram. Anda cukup membayar tambahan sedikit untuk dimasakan.

 

Selancar di Lanuza ( from choosephilippines.com)

BAGAIMANA MENCAPAINYA

1. Udara

Ada penerbangan harian dari Manila ke Tandag Airport.

2. Darat

Dari terminal Davao City’s Ecoland, gunakan bus jurusan Mangagoy (Bislig). Dari Butuan Integrated Bus Terminal di Butuan City (Agusan del Norte), ada bus yang langsung ke Mangagoy (Bislig). Dari San Franz (Agusan del Sur) ada juga bus dan mobil angkutan jurusan Mangagoy (Bislig).

3. Laut

Pelabuhan terdekat ada di Lipata (Surigao del Norte) dengan feri dari dan ke Manila, Cebu dan Liloan (Leyte Selatan).

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *