Surigao del Norte

 

(dok PDOT)

 

Tentang Surigao del Norte

Tempat keren yang juga bisa kunjungi saat ke Filipina yaitu Surigao del Norte. Provinsi ini berada di wilayah Caraga Mindanao dengan ibukota Surigao. Provinsi ini terbagi menjadi dua pulau besar, yaitu Siargao dan Bucas Grande.

Surigao del Norte punya banyak destinasi wisata cantik yang bisa kamu kunjungi saat liburan ke Filipina. Kawasan Surigao del Norte dikelilingi oleh pulau-pulau dan pantai yang cantik. Juga wisata alam seperti air terjun, gua, danau, laguna dan kolam pemandian alami melengkapi liburan kamu di sini.

Cara ke Surigao del Norte

1. Udara

Kamu bisa terbang dari Manila dan Cebu ke Siargao. Namun saat ini semua penerbangan langsung hanya bisa dari Cebu. Kecuali maskapai Skyjet yang melayani Manila-Siargao. Kamu juga bisa terbang ke Butuan.

2. Darat

Dari Butuan kamu bisa menggunakan bus ke Surigao City. Setelah itu lanjut dengan kapal feri menuju Siargao.

3. Laut

Setelah dari Bandara Surigao City, kamu lanjut dengan kapal feri menuju Surigao. Untuk jadwal kapal feri kamu bisa lihat di sini.

 

Cloud 9 (dok PDOT)

Kegiatan Utama

1. Wisata pulau dan pantai

Sebagai kawasan kepulauan, salah satu daya tarik dari Surigao del Norte adalah wisata pantai dan pulaunya. Dan juga kawasan ini punya ombak terbaik yang menjadikan dia sebagai salah satu destinasi surfing dunia lho.

Kamu pemburu ombak, silahkan berkunjung ke Cloud 9 yang berada di Pulau Siargao. Reputasi ombaknya telah diakui dunia lho. Sesuai dengan namanya, ombak di pantainya membentuk angka 9. Yakin kamu nggak tertantang?

Yang ingin menjelajahi pulau, kunjungi saja Daku Islands, Guyam Islands, dan Naked Islands. Tiga ini adalah favoritnya wisatawan bila liburan ke Surigao del Norte. Pulau cantik ini diberkati oleh pasir pantai yang putih dan lembut, serta rangkaian pohon kelapa untuk berteduh. Bayangkan saja kamu bersantai di pantai cantik sembari minum es kelapa. Segar!

Jangan puas dulu, kamu yang masih ingin berwisata pantai datang saja ke Pantai Magpupungko. Pantai berpasir putih ini memiliki kolam alami yang muncul bila air pasang surut.

Kunjungi juga Pantai Mabua Pebble, pantai unik yang ada di Filipina yang dimiliki Surigao del Norte. Bukan pasir putih yang kamu temukan, tapi bebatuan kerikil putih yang membentuk garis pantai.

Ada lagi pulau cantik untuk kamu kunjungi, Pulau Basul. Ini merupakan pulau pribadi yang memiliki hamparan panjang pantai pasir putih dan banyak pohon. Sausana di sini sangat teduh! Biasanya pengunjung yang datang akan kemah di sini.

 

Mabua Pebble Beach (www.islandtrotters.com)

2. Wisata alam

Kunjungi Taman Nasional Sohoton Cave, salah satu favoritnya wisatawan di Surigao del Norte. Ini adalah kawasan lindung dimana kamu bisa melihat banyak pulau kecil yang ditutupi pepohonan.

Juga banyak gua yang bisa kamu temukan dan jelajahi di kawasan ini. Setelah keluar dari kawasan gua, kamu harus lompat dari papan loncat menuju laut. Harus!

Selanjutnya Tojoman Lagoon yang di dalamnya terdapat habitat ubur-ubur. Ribuan ubur-ubur akan menemani liburan kamu di sini. Tenang saja, ubur-uburnya tidak menyengat kok. Ada ubur-ubur orange, kuning, coklat yang nantinya akan mengelilingi perahu kamu. Gemas!

Adapun danau keren yang kamu kunjungi di Surigao del Norte adalah Danau Mainit. Danau keempat terbesar dan terdalam di Filipina ini punya pemandangan menakjubkan saat sunset dan sunrise. Tempat ini cocok untuk piknik keluarga.

Kamu yang ingin menjelajah lebih, kunjungi Air Terjun Lumondo. Air terjun setinggi 20 meter ini mengalir di antara bebatuan besar yang dikelilingi flora dan fauna yang super kaya. Di sini juga banyak beragam burung menghiasi pepohonannya lho.

Jangan lewatkan Air Terjun Togonan yang memiliki dua kolam renang di alirannya. Destinasi ini sangat terkelola dan cocok untuk bersantai bersama keluarga.

 

Togonan Falls (kekemoy.tumblr.com)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *