Sultan Kudarat

 

Sultan Kudarat Provincial Capitol (dok hisandhervoyage.com)

Tentang Sultan Kudarat

Sultan kudarat merupakan sebuah provinsi Filipina yang berada di Mindanao. Provinsi ini masuk ke dalam kawasan Soccsksargen dengan ibukota Usulan.

Provinsi Sultan Kudarat dinamai oleh pimpinan Muslim yaitu Sultan Muhammad Dpatuan Kudarat. Kaeasan ini menjadi provinsi pada 22 November 1973.

Adapun penghasilan utama provinsi ini adalah pertanian. Hampir semua tanaman pokok ada di sini, seperti beras, jagung, kopi, peternakan sapi, sayuran dan semua itu punya potensi jual. Lengkap juga dengan swasembada unggas, babi dan umbi-umbian. Daerah ini juga termasuk ke dalam kawasan zona ekspor jagung kuning.

Jika kamu liburan di sini, beragam kegiatan dapat kamu nikmati. Seperti memancing di danau atau laut, jelajah gua, dan melihat bentangan alamnya.

 

Baras Bird Sanctuary di Tancurong City (dok explora.ph)

Kegiatan Utama

1. Wisata pantai dan pulau

Kamu bisa berkunjung ke Pulau Balot, pulau dengan pantai pasir putih bersih, berair biru dan pepohonan hijau. Pulau ini merupakan satu diantara 6 pulau di Barangay Paril, Kalamansig. Pulau ini juga terkenal dengan terumbu karangnya yang cantik.

2. Penangkaran burung

Kamu pecinta burung kunjungi saja Baras Bird Sanctuary di Tancurong City. Ini merupakan salah satu kawasan di Filipina untuk melihat beragam jenis burung. Kawasan ini juga rumah bagi 20.000 migran burung liar seperti bangau hitam,burung kuntul besat, dan bangau rufous.

3. Jelajah kota

Salah satu landmark yang mencuri perhatian di Sultan Kudarat adalah Sultan Kudarat Provincial Capitol. Ini merupakan gedung putih dengan kubah emas yang berada di pusat Kota Isulan. Gedung ini juga sebagai kantor bagi gubernur. Dan terdapat juga ruangan sidang untuk dewan provinsi.

Satu lagi yang perlu kamu tahu, bangunan ini termasuk yang paling mewah dengan biaya pembangunan yang mahal. Dan semua barang yang ada di dalam gedung adaalh barang mewah dan mahal.

4. Jelajah gua dan air terjun

Kamu yang suka jelajah bisa berkunjung ke Gua Lagbasan yang berada di Senator Ninoy Aquino. Di sini kamu bisa melihat speleotem yang cantik di dalam gua. Namun masuk ke dalam gua ini sangatlah terbatas, karena gua ini dililndungi. Hanya untuk fotogarfi dan penelitian saja barulah kamu bisa masuk ke dalam gua.

Beberapa air terjun juga bisa kamu temukan di Sultan Kudarat, seperti Nalum Falls, Trs Andanas Falls, Panigan Falls, Makin Falls, Safeng Falls, Siok Falls dan Canalan Falls.

5. Mendaki

Kamu yang hobi mendaki, bisa mencoba mendaki ke Marawir Peak. Bukit ini memiliki ketinggian sekitar 176 meter. Dari puncak bukit ini kamu bisa melihat pemandangan hijau yang bikin hati tenang. Udara di sini juga segar.

 

Gua Lagbasan (dok explora.ph)

Cara ke Provinsi Sultan Kudarat

1. Udara

Kamu bisa melakukan penerbangan langsung ke Davao. Setelah itu menempuh jalur darat ke Isulan. Jaraknya dari Davao sekitar 117 Km dengan waktu tempuh 2,5 jam.

2. Darat

Kamu bisa menempuh jalur darat dari Davao.

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *