Siquijor

 

Sunset di Siquijor (dok PDOT)

 

Tentang Siquijor

Siquijor penuh keajaiban. Pulau kecil yang berada di kawasan Visayas Tengah ini menyimpan ragam cerita serta keindahan alam yang patut dikunjungi.

Dahulu, kolonis Spanyol menyebut pulau ini ‘Isla de Fuego’ (Pulau Api) karena cahaya dari jutaan kunang-kunang yang berkumpul di malam hari. Sampai saat ini pulau kecil ini masih terkesan mistis.

Aura mistis ini hadir karena tradisi masyarakat setempat yang kental dengan dukun dan magis. Mereka percaya dengan metode pengobatan magis, sihir dan hal-hal supranatural lainnya. Namun, kekayaan alam di sana juga tiada duanya.

Siquijor dikelilingi oleh lautnya, atraksi bawah laut, pantai, air terjun dan bentangan alam yang eksotis. Hampir semua sudut Siquijor punya spot cantik untuk snorkling.

 

Air Terjun Cambugahay (from thepoortraveler.net)

Kegiatan Utama

1. Jelajah alam

Kamu bisa ke Air Terjun Cambugahay yang menampilkan air terjun berair dangkal tapi bertingkat-tingkat. Sangat cocok untuk berenang di siang yang panas. Kota San Juan memiliki taman dengan mata air alami di tengahnya. Ada juga Lugnason Falls yang berada di tengah hutan tropis nan hijau.

Di ketinggian lebih dari 390 meter, Gunung Bandilaan adalah puncak tertinggi di Siquijor. Jangan lewatkan indahnya Taman Alam Gunung Bandilaan yang memiliki mata air, jalur hiking, gua, dan suaka kupu-kupu.

Jelajahi juga Gua Cantabon yang menantang namun indah. Jerih payah kamupasti terbayar setelah melihat formasi stalaktit dan stalagmit yang memukau dengan kolam kecil yang tenang.

2. Wisata religi

Bagi yang tertarik dengan hal-hal religi dapat mengikuti Jalan Salib. Tempat lain yang bisa digunakan untuk renungan ada Gereja St. Francis of Assisi (St. Fransiskus dari Asisi) dan Gereja dan Biara San Isidro Labrador, salah satu bangunan religi tertua dan terbesar di Filipina.

 

Gereja St. Francis of Assisi (dok PDOT)

3. Wisata budaya

Kunjungi Rumah Cang-Isok House yang berumur ratusan tahun dan dibuat dari bahan-bahan tradisional seperti daun palem nipah.

Jika Anda ingin mengenali sisi mistis Siquijor, segera tuju Pohon Balete yang tua dan ambil foto angker. Anda juga dapat meminta penduduk setempat mengantar Anda ke dukun atau kedai yang menjual jimat, ramuan cinta, dan ramuan lainnya.

4. Wisata pantai dan laut

Siquijor memiliki banyak kolam-kolam tersembunyi seperti perairan biru-hijau di Pantai Kagusan dan Salagdoong, dan Suaka Laut Tulapos dengan pasir putihnya.

 

TIPS

1. Penyembuhan alternatif Bolo-Bolo patut dicoba. Cenayang dan dukun dari berbagai tempat di Filipina berkumpul di Siquijor setiap Pekan Paskah untuk mendapatkan jimat dan membuat ramuan. Temui seorang cenayang untuk mendapatkan terawangan dari kesehatan Anda.

2. Menyeberang ke Siquijor di saat musim hujan cukup mendebarkan karena gelombang besar biasanya mengayunkan kapal. Perjalanan memang menjadi seru, tapi jangan lupa membawa kantung untuk muntah dan obat anti mabuk untuk jaga-jaga.

 

Pantai Salagdoong (from thepoortraveler.net)

Cara ke Siquijor

1. Udara

Tidak ada penerbangan langsung ke Siquijor. Jika kamu berangkat dari Manila, silahkan terbang ke Dumaguete City atau Cebu. Setelah itu menyambungnya dengan kapal feri.

2. Darat

Setelah dari bandara, kamu bisa naik bus untuk ke Siquijor. Namun tetap saja nanti menyambungnya dengan kapal feri.

3. Laut

Anda dapat ke Siquijor menggunakan kapal cepat dari Cebu (5 jam) atau Dumaguete (45 menit).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *