Santiago City

Balay Na Santiago (dok PDOT)

Sekilas Tentang Santiago City

Ingin merasakan keberagaman budaya saat wisata di Filipina, berkunjung saja ke Santiago City. Santiago City adalah daerah yang sibuk dan penuh dengan banyak suku asli, serta pengaruh Hindu, Muslim, Cina dan Nasrani.

Santiago City berada di Cagayan Valley, Filipina. Kota ini berada 408 Km dari Metro Manila.

Berada di Provinsi Cagayan, pastinya Santiago memiliki banyak kegiatan yang ditawarkan untuk wisatawan. Mulai dari berkunjung ke tempat-tempat ibadah, trekking di jalur yang memiliki pemandagan indah, mengenal budaya Santiago di museum dan berburu oleh-oleh.

Kegiatan Utama

1. Wisata Religi

Menikmati keberagaman saat wisata di Filipina menjadi pengalaman yang tidak terlupakan. Beberapa umat beragama membangun tempat ibadah untuk umum dan menampilkan keragaman hidup beragama. Kamu bisa wisata dari rumah ibadah ke rumah ibadah mulai dari kelenteng Cina, masjid umat Muslim dan pura Hindu. Ini merupakan cara yang baik untuk memahami keragaman budaya di kota yang penuh toleransi ini.

Trekking menuju situs religi menjadi kegiatan menarik lainnya yang bisa kamu lakukan saat wsiata di Santiago. Jelajahi Calvary Hill di Brgy. Balintokato. Bukit ini berhiaskan 14 pos jalan salib umat Katolik seukuran manusia. Saat di puncak, nanti kamu akan menemukan kapel berumur se-abad dan pemandangan indah daerah sekitarnya.

2. Museum

Penduduk setempat akan berkata kunjungan ke Santiago belum lengkap kalau belum ke Balay na Santiago. Museum yang terawat baik ini memiliki koleksi foto tua, mebel antik, dan berbagai peninggalan budaya dan sejarah lainnya.

Juga berkunjunglah ke Santiago Concrete Water Tank, sebuah tangki air beton setinggi 30 meter yang dihiasi beragam mural warna-warni.

3. Belanja Oleh-oleh

Saat wisata di Santiago, kamu bisa beli oleh-oleh untuk dibawa pulang berupa produk tebu organik seperti cuka, gula Muscovado, arak tebu, dan patupat (lontong ketan) yang dimasak dalam air tebu. Gimana ya rasanya?

4. Menikmati beragam festival

Salah satu daya tarik wisata di Filipina adalah keberagamanan festivalnya. Setiap daerah memiliki festival menarik, begitu juga dengan Santiago City. Di sini ada beberapa festival yang bisa kamu saksikan.

Ada Balamban Dance Festival, dulunya dikenal juga dengan Balamban Butterfly Festival. Festival ini membawakan tarian nan anggun dan berkibar-kibar seperti kupu-kupu. Juga ada Festival Pattaradday, festival ini menampilkan beragam tarian jalanan dari seluruh negeri.

Cara ke Santiago City

1. Udara

Ada penerbangan dari Manila ke Cauayan, Isabela menggunakan Cebu Pacific. Kamu akan memakan waktu perjalanan sekitar 70 menit.

2. Darat

Ada beberapa armada bus dengan jurusan Santiago dari Manila. Lama perjalanan kira-kira 8 jam.

INFORMASI HARGA

  • Harga bisa berubah tergantung tempat dan waktu
  • 1 Peso = Rp 283

 

BARANG/JASA Harga
Makan – hidangan khas – Ihaw-Ihaw mulai Php 150
Makan – ayam bakar mulai Php 250
Akomodasi – kamar Hostel mulai Php 800
Akomodasi – kamar Hotel mulai Php 1.000
Akomodasi – Kamar keluarga mulai Php 1.300
Akomodasi – kamar resort mulai Php 1.300
Transportation Р10 menit menggunakan jeepney  mulai Php 10 / orang
Kegiatan – Wisata Calvary Hill, Balintocatoc mulai Php 100 / orang
Kegiatan – Suvenir T-Shirt mulai Php 250

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *