Samar

 

Rizal Monument di Catbalogan City

 

Tentang Samar

Liburan ke Filipina, ada Pulau Samar untuk kamu. Ini adalah pulau ketiga terbesar di Filipina yang berada di kawasan Visayas Timur. Pulau Samar terbagi 3 provinsi yaitu Samar, Samar Utara dan Samar Timur.

Walau tidak begitu populer di kalangan turis, Samar punya banyak destinasi menarik untuk kamu kunjungi. Semuanya keajaiban alam Filipina bisa kamu temukan di Samar, mulai dari pantai, pulau, laut, festival dan peninggalan sejarahnya.

Samar punya Gua Langon- Gobingob di Calbiga yang merupakan sistem gua terbesar kedua di Asia. Juga ada hutan bakau seluas 750 hektar di Pinabacdao dan jalur trekkingnya. Dan masih banyak lagi.

Persiapkan dirimu untuk menjelajahi cantiknya Pulau Samar!

 

Sohotan Cave and NaturLa Bridge (dok PDOT)

Kegiatan Utama

1. Wisata gua dan atraksi alam

Ada Gua Sohoton di Basey seperti kubah katedral dengan tinggi mulut guanya sekitar 50 meter, lebar 20 meter dan panjang 50 meter. Rangkaian stalaktit kristal tergantung di langit-langitnya, dan stalagmit menghiasi lantai gua. Di ujung gua terdapat seperti balkon yang menghadap ke kolam air alami. Yakin tak mau ke sini?

Selain Gua Sohoton, juga ada Gua Langon-Gubingob di Calbiga yang memiliki sistem gua karst terbesar di Filipina, ketiga di Asia dan keempat didunia. Wow!

Ada lagi Jembatan Batu Sohotan, jembatan batu yang melengkung alami yang menghubungkan 2 pegunungan di Sungai Sohotoon. Jembatan sepanjang 40 meter dan lebar 8 meter ini menggantung di antara pemandangan hutan yang menakjubkan.

Banyak air terjun yang bisa kamu kunjungi di Samar, seperti Balantak Falls,, Bangon Fall, Tarangban Falls, dan Lulugayan Falls yang lebar air terjunnya 50 meter dengan panjang jeramnya 14 Km.

Kamu juga bisa menelusuri keindahan Sohoton Cave dan Natural Bridge National Park dengan menaiki cruise boat menelusuri sungai dan kearifan budaya setempat.

Jelajahi juga City Forest and Marble Park, di sini adalah tempat ideal untuk mendaki, trekking, dan boating. Taman ini merupakan rumah bagi gua bawah tanah,dan masih terjaga walau sudah ditemukan lebih seratusan tahun lalu.

 

Langun Gubingob Cave (dok PDOT)

2. Landmark

Kunjungi Rizal Monument di Catbalogan City. Ini adalah monumen unik berbentuk 3 pria telanjang yang dipahat seniman okal Miguel Alcazar.

Banyak situs religi tua yang bisa kamu kunjungi di Samar, diantara Katedral St Peter and Paul di Calbayog City, Gereja St Bartholomew the Apostle, Tinago Chuch dan Kapel Buscada.

Jangan lewatkan Museum Arkeologi Fr Cancius Kobak di Calabyog City. Museum ini menyimpan sejarah dari 44 pulau besar di Filipina, mulai dari artefak religi sampai benda-benda keseharian masyarakat Samar semenjak abad ke 17. Kenang juga Benteng Perang Dunia 1 milik Spanyol di Pulau Zumarraga.

 

Sohotan Cave and Natura Bridge (dok PDOT) Lulugayan Falls (dok PDOT)

3. Pantai

Salah satu pantai paling terkenal di Samar adalah Pantai Buri. Pantai berpasir putih ini berada di Catbalogan. Daya tarik terbaru dari Buri adalah Infaltable Water Park, dimana banyak kegiatan air yang bisa dilakukan.

Juga ada Pantai Malajog (Looc Beach) yang dikenal dengan tempat nongkrongnya yang nyaman dan tenang. Di sini kamu bisa mencari relaksasi menikmati air lautnya yang jernih dan pasir pantai nan putih. Lokasinya juga mudah dicapai dari pusat kota.

Kamu yang ingin selancar, bisa ke ABCD Beach di Calicoan Island. Selain itu juga ada Pulau Sila yang terkenal dengan Beach Pink nya.

 

Buri Beach (dok PDOT)

4. Festival

Banyak festival yang bisa kamu nikmati di Samar, diantaranya Semana Santa (9-16 April), Jiabong Tahong Festival (15 Mei), Pahoy-pahoy Festival (24 Mei), Hadang Festival (1-31 Agustus), Tandaya Festival dan masih banyak lagi. Tidak hanya festival meriah saja, namun juga ada festival religinya kok. Kamu update saja ya.

 

Tandaya Festival (dok PDOT)

Cara ke Samar

1. Udara

Kamu bisa terbang dari Manila dan Davao ke Tacloban. Juga ada rute terbang dari Cebu ke Calbayog dan Tacloban. Kamu silahkan memilih dan tentukan ingin ke pulau mana di Samar, semuanya bisa di akses dengan jalur udara.

2. Laut

Terdapat beberapa rute pelayaran antar pulau yang bisa kamu pilih. Ada rute Luzon ke Samar Utara, Cebu ke Samar, Biliran, dan Leyte. Ada juga rute dari Mindanao ke Leyte.

3. Darat

Kamu yang ingin menikmati jalur darat, bisa berangkat dari Luzon dan Mindanao dengan melewati jalur tol. Setelah itu kamu menyambungnya dengan perjalanan laut untuk menyeberang antar pulau.

 

St Peter and Paul Cathedral (dok PDOT)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *