Samar Utara

 

San Antonio Island (dok PDOT)

 

Tentang Samar Utara

Liburan ke Filipina kamu singgahlah ke Samar Utara yang berada di kawasan Visayas Timur. Di Samar Utara kamu bisa temukan ketenangan yang tidak akan dijumpai di tempat lain di Filipina. Selain pantainya yang cantik, kamu juga bisa berkunjung ke gereja dan situs sejarahnya.

Mungkin nama Samar Utara tidak sefenomenal kawasan cantik seperti Coron, Palawan maupun Boracay dan sebagainya. Namun kecantikan daerah ini akan membawa kesan liburan yang tidak akan terlupakan.

Adapun pantai yang paling unik yang bisa kamu lihat adalah pantai dengan pasir berwarna pink. Penasaran kan? Kawasan Samar Utara punya banyak destinasi tersembunyi dan sangat cocok untuk para backpaker yang ingin menantang jiwa petualangnya.

Kamu pecinta pantai, pecinta sejarah dan backpaker, bersiaplah. Samar Utara menunggu kedatanganmu!

Kegiatan Utama

1. Wisata Pantai

Adapun pantai yang terkenal di Samar Utara adalah Pink Beach di Sila Island. Sesuai dengan namanya, pasir di pantai ini benar-benar berwarna merah muda lho. Ada juga Onay Beach yang dikelilingi vegetasi subur dan identik dengan cerita gadis patah hatinya.

 

Pink Beach (dok PDOT)

2. Wisata pulau

Jangan lewatkan di Samar Timur pulau unik ini, namanya Pulau Biri. Asapun atraksi yang bisa kamu lihat adalah 7 formasi batuan raksasa yaitu Magasang, Magsapad, Macadlaw, Puhunan, Bel-at, Caranas dan Pinanahawan. Formasi ini sangat unik untuk dipandang, seperti bekas pertempuran dewa. Bebatuan ini terbentuk karena aktivitas tektonik. Selain melihat bebatuan, Pulau Biri juga menawarkan aktivitas snorkling, scuba diving, dan selancar.

Juga ada Pulau Dalupiri yang terkenal dengan suasan tropisnya. Bentangan pantai berpasir putih berpohon palem, air lautnya yang jernih membuat tempat ini menjadi favoritnya wisatawan bila ke Samar Timur. Di pulau ini juga banyak resor-resor pantai berdiri.

 

Biri Rock Formations (dok PDOT)

3. Wisata mercusuar

Ada Mercusuar Pulau Batag setinggi 34 meter di Pulau Batag. Mercusuar ini dibangun di masa pendudukan Amerika di tahun 1907 untuk mengawasi kapal yang masuk lewat Selat San Bernardino.

Dari sini kamu bisa melihat pemandangan hamparan hijau pertanian dengan pohon-pohon kelapa dan garis pantai di dekatnya. Juga dari sini kamu bisa melilhat Slealtl San Berdandino dan pegunungan yang menjulang.

Selain itu juga ada tempat bersejarah lain yang harus kamu kunjungi di Samar Utara, yaitu Mercusuar Capul yang berada di utara Pulau Capul. Mercusuar ini dibangun pada tahun 1896 memandu kapal perdagangan Galleon Acapulco-Manila.

Dari sini kamu bisa menikmati pemandangan dari lereng berumput tempat mercusuar berdiri. Yaitu pemandangan indah Selat San Bernardino, Gunung Bulusan dari Sorsogon, menjulang pegunungan, garis pantai, dan deburan ombak.

 

Mercusuar Capul (dok PDOT)

4. Wisata religi

Kunjungi Gereja Paroki San Ignacio de Loyola atau dikenal juga dengan nama Gereja Capul. Gereja Katolik ini berumur 400 tahun ini dibangun pada tahun 1596 untuk Santo Ignatius dari Loyola.

Gereja bersejarah lain yang ada di Samar Utara yaitu Gereja Paroki Saint Michael the Archangel, atau nama lainya Gereja Laoang yang berada di pusat kota. Gereja yang dibangun pada abad 18 ini dibangun oleh para biarawan Fransiskan. Gereja ini juga menjadi saksi penyerangan Bajak Laut Moro.

5. Air terjun

Air Terjun Busay merupakan atraksi paling populer di Samar Utara. Air terjun setinggi 50 meter ini mengalir di dua tebing curam dan kolam renang yang sangat dalam. Berenang dan malompat di tebing adalah kegiatan paling menarik dilakukan di sini. Kamu berani?

Juga ada Air Terjun Verianto setinggi 30 meter dengan kolam batunya yang alami. Air terjun ini dikelilingi oleh tetumbuhan hijau, jadi suasananya sangat menyatu dengan alam.

 

Gereja Capul (dok PDOT)

TIPS

1. Gunakanlah guide lokal dan rencanakan perjalanan bersama mereka karena lebih murah dan hemat waktu.

2. Buat daftar tempat-tempat yang ingin kamu kunjungi.

Cara ke Samar Utara

1. Udara

Kamu bisa terbang dari Manila ke Calbayog atau Manila ke Bandara Nasional Catarman. Pilihan lainnya naik pesawat dari Manila ke Tacloban City, kemudian shuttle van ke Catarman.

Setelah dari Bandara Nasional Catarman, kamu bisa menggunakan mobil umum atau pribadi ke Victoria Port. Dan dari Victoria ke San Antonio menggunakan perahu motor.

2. Darat

Kamu bisa jalan dari Manila naik bus di Pasay atau Cubao ke Catarman/Rawis. Lama perjalanannya sekitar 15-18 jam. Setelah itu menyambungnya dengan transportasi laut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *