Romblon

 

 

Tentang Romblon

Romblon, satu lagi destinasi cantik yang harus kamu kunjungi saat liburan ke Filipina. Romblon merupakan provinsi kepulauan dengan ibukotanya juga bernama sama.

Terdapat 20 pulau berukuran besar dan kecil dan 17 kota di Provinsi Romblon. Perlu juga kamu ketahui, Romblon juga nama sebuah pulau. Jadi jika orang-orang menyebut Romblon, itu mengarah keapda dua hal, yaitu pulau dan nama provinsi.

Sebagai provinsi kepulauan, bukan rahasia lagi Romblon punya banyak pantai dan pulau cantik. Selain itu juga ada air terjun dengan pemandangan alam dan laut yang epik. Kamu akan terpuaskan menikmati laut buila liburan ke Romblon.

Adapun pantai yang paling terkenal di sini adalah Pantai Bonbon yang berada di Provinsi Romblon, dan ini adalah pantai terbaik di sini.

Siapakan koper atau ransel mu. Saatnya menjelajahi pesona Romblon.

 

Pantai Bonbon (dok PDOT)

 

Cara ke Romblon

1. Udara

Bandara Tugdan di Tablas menjadi pintu gerbang melalui udara bila ingin ke Provinsi Romblon. Dan untuk menuju Pulau Romblon kamu menyambung lagi dengan perjalanan laut.

2. Laut

untuk menuju Pulau Romblon ataupun pulau lainnya, kamu bisa menggunakan kapal feri. Kamu harus cek jadwal keberangkatan kapal supaya bisa mengatur perjalanan selanjutnya nanti.

Jika kamu berangkat dari Manila, ada kapa feri yang langsung dengan lama perjalanan semalam menuju Tablas dan lanjut lagi ke Pulau Romblon.

3. Darat

Adapun saranan transportasi yang bisa kamu gunakan di Pulau Romblon yaitu sepeda motor. Kebanyak warga memang kemanapun memakan motor bebek. Kamu bisa menyewa sepeda motor di sana.

Kegiatan Utama

1. Wisata pantai

Banyak pantai menawan yang bisa kamu kunjungi di Romblon, diantaranya Pantai Bonbon, Pantai Margie’s Tiamban, Pantai Talipasak,

Juga ada Pantai Cobrador dengan air lautnya sejernih kristal dan pantai berpasir putihnya. Pantai ini juga dikenal dengan nama Naguso Beach oleh warga lokal. Pantai ini sangat tenang dan jauh dari keramaian, cocok untuk kamu yang ingin menyendiri.

 

Pantai di Pulau Cobrador (from explora.ph)

2. Wisata pulau

Kamu bisa berkunjung ke beberapa pulau cantik yang berada di Romblon. Ada Pulau Alad, Logbon dan Cobrador yang semua itu di bawah kotamadya Romblon.

3. Landmark

Kunjungi Gereja ST Joseph, gereja tertua di provinsi yang dibangun di abad ke 15. Walau sekarang sedang ada renovasi, namun koleksi ikon di gereja dan lukidan masih lah alami.

Juga ada Benteng San Andres dan Satiago yang berada di dua bukit yang berdekatan di depan teluk. Benteng kembar ini terbuat dari bebatuan karang dan batu bata yang dibangun di era Spanyol. Dua benteng in iberada di dalam daftar sementara Situs Warisan Dunia UNESCO lho.

4. Scuba diving

Lebih dari 20 spot diving yang bisa kamu nikmati di Ramblon. Diantaranya Agnay Sanctuary, Agpanabat Caves & Canyons and Sanctuary, Alad Island, Bangug Island, Bonbon Beach, Cobrador Island, Tinang Island, Coral Garden, Giant Clam Sanctuary, Logbon Island, Naguso’s Wall, Phil’s Fan Coral Collection dan Salvar Beach.

Kunjungi juga San Pedro Cliff and Sanctuary, Sasaigang Point, Sunken Island, Telsie’s Garden and Turtles’ Feeding Place di Romblon Island, Blue Hole, Bonbon Sea Grass Valley, Carmen’s Cliff, Guindauahan Island, Origon Rocks, Peter’s Pinnacles and Times Square di Tablas Island dan Cresta de Gallo di Sibuyan.

Semoga saja kamu bisa menyelam dan menikmati bangkai kapal, hiu, pari, tuna, barakuda dan pelagis serta spesies laut tropos, karang dan crinois. Kamu yang tidak bisa diving, bisa juga snorkling di perairan-perairan cantik ini kok. Atau paling tidak bersantai di pantai-pantainya yang cantik.

 

Marakay Marakay Clift (from explora.ph)

5. Air terjun

Romblon juga punya air terjun bernama Air Terjun Libtong. Air terjun ini tidaklah terlalu tinggi, namun cukup memuaskan mata. Hanya butuh waktu 10-15 menit saja mberjalan mencapai air terjun ini.

6. Gua dan bebatuan karang

Kunjungi Gua Alad di Pulau Alad yang jarakanya hanya 20 menit dari Pulau Romblon. Ada juga bebatuan karang yang membentuk pualu kecil yang bernama Marakay Marakay Clift. Di sini kamu bisa melompat dati tebing karang menuju laut. Ada papan lompatnya lho!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *