Pulau Malapascua

 

 

(dok PDOT)

 

Tentang Pulau Malapascua

Jika wisata di Filipina dan berkeinginan untuk diving, Pulau Malapascua salah satu pilihannya. Pulau ini berada di kawasan utara Cebu.

Pulau ini tidaklah besar, panjangnya sekitar 2,5 Km dengan lebar 1 Km dan posisinya juga cukup jauh dari daratan. Namun, keindahannya memikat siapapun yang ingin wisata pantai dan menikmati alam bawah lautnya. Tak heran jika Pulau Malapascua dijuluki ‘The next Boracay’ karena saking indahnya.

Adapun yang bisa kamu nikmati saat liburan di Malapascua adalah pantai dan spot divingnya. Kawasan ini terkenal dengan spot diving untuk melihat hiu ekor pedang. Rata-rata yang datang berkunjung ke sini adalah turis yang ingin diving.

 

(dok PDOT)

Kegiatan Utama

1. Wisata Diving

Liburan ke Malapascua, kegiatan diving lah yang menjadi tawaran utama. Kebanyakan turis yang datang adalah para penyelam yang ingin berpetualang di bawah laut Malapascua. Adapun yang datang sekedar untuk bersantai di pantai biasanya adalah warga lokal.

Malapascua terkenal dengan spot diving untuk melihat hiu ekor pedang. Gosong Pasir Monad merupakan satu dari sedikit lokasi di dunia yang menjadi habitat hiu ekor pedang. Walaupun hiu jenis ini lebih memilih perairan dalam, hiu ini sering ke gosong pasir ini untuk membersihkan parasitnya dengan bantuan ikan-ikan kecil. Berbagai macam pari dan hiu martil juga dapat ditemukan di sini.

Salah satu spot diving favorit turis ada di Pulau Gato. Lokasi yang berbatu ini berada di tengah Laut Visayas dan merupakan suaka laut untuk ular laut dan berbagai jenis burung laut dan kalong. Tempat ini juga memiliki gua bawah air yang besar dengan berbagai lorong yang menuju ke koloni koral, hiu terumbu, kuda laut kerdil, kelinci laut, cumi-cumi, belut, dan berbagai jenis ikan lainnya.

Ada juga banyak sekali bangkai kapal termasuk Light House Wreck (kapal pendarat Jepang dari era PD II), Donya Marilyn Wreck (feri penumpang yang karam tahun 1988), Taplion Wreck (kapal barang Jepang dari PDII tanpa nama). Pantas saja para penyelam profesional tertarik datang ke sini.

2. Wisata Pantai

Setelah puas menjelajah bawah laut, kamu bisa bersantai di pantai yang berada di Pulau Malapascua. Lokasinya yang terpencil, menjadikan pantai di Malapascua lokasi yang cocok untuk kabur sejenak dari rutinitas.

Kamu juga bisa keliling pulau dengan jalan kaki atau menyewa sepeda.

 

 

(dok PDOT)

 

Cara ke Pulau Malapascua

1. Udara

Berkunjung ke beragam destinasi saat wisata di Filipina bisa kamu tempuh dengan jalur udara. Jika ingin menuju Malapascua, kamu bisa terbang ke Cebu City, kota dengan akses internasional. Kamu bisa terbang dari Manila ke Mactan-Cebu International Airport dengan lama perjalanan sekitar 45 menit.

Ada penerbangan internasional langsung dari Hong Kong, Singapore, Narita di Japan, Incheon dan Pusan di Korea Selatan.

Ada juga rute penerbangan dari Kota-kota besar Filipina seperti Iloilo, Bacolod, Davao, Tacloban, Clark, Zamboanga, Dumaguete, Legaspi dan Tagbilaran.

2. Darat

Untuk menuju Pulau Malapascua kamu harus menuju ke Pelabuhan Maua di Maya Bagay. Gunakan bus (3-4 jam) dari Cebu ke pelabuhan Maya, lalu gunakan kapal (40 menit-1 jam) ke Pulau Malapascua.

3. Laut

Dari pelabuhan Maya-Bagay, gunakan kapal (40 menit-1 jam) ke Pulau Malapascua.

TIPS

– Selalu bawa uang tunai karena tidak ada ATM di Pulau Malapscua
– Jangan lupa bawa perlengkapan selam, atau juga bisa di sewa di Malapascu
– Akses wifi di pulau

 

INFORMASI HARGA

  • Harga bisa berubah tergantung tempat dan waktu
  • 1 Peso = Rp 283 (Update November 2018)
BARANG/JASA Harga
Akomodasi – Kamar hotel mulai Php 300/ malam
Akomodasi – Kamar keluarga mulai Php 4.200
Akomodasi – Kamar resor mulai Php 2.000 – Php 7.000
Transportasi – 4 hrs Bus Ride Cebu City – Logon Php 175 (AC); mulai Php 165 (Non AC)
Transportasi – 40 menit menggunakan kapal mulai Php 100
Belanja – Suvenir T-Shirt mulai Php 300
Belanja – ukiran hiu ekor pedang mulai Php 100 – Php 500
Kegiatan – Belajar menyelam mulai Php 2.000 per pertemuan
Kegiatan – menyelam di laut lepas mulai Php  5.000- 18.000  (3-4 hari)
Kegiatan – wisata pulau ke pulau Php 1,000 / perahu banca untuk 15 penumpang
Kegiatan – rental Snorkel Php 300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *