Pulau Bantayan

(dok PDOT)

 

Sekilas Tentang Bantayan

Pulau-pulau cantik dengan pantai menawan siap menyambut kamu saat liburan di Filipina. Salah satu pulau yang harus kamu kunjungi dan menghabiskan waktu liburan di sana adalah Pulau Bantayan.

Pulau Bantayan berada di Laut Visayan, Filipina dan termasuk ke dalam wilayah Provnisi Cebu. Serta pulau ini masuk ke dalam gugusan Kepulauan Visayas.

Sejarahnya, dulu daerah ini menjadi pangkalan Spanyol dalam melayani invasi Moro karena lokasinya yang strategis. Banyaknya benteng dan menara jaga memberinya nama ‘Bantayan sa Hari’ (Menara Jaga sang Raja), yang di kemudian hari disingkat Bantayan. Sekarang Bantayan merupakan daerah yang banyak memiliki desa nelayan.

Liburan di Filipina dan berkunjung ke Pulau Bantayan, kamu akan disajikan dengan warisan sejarah dan pantai-pantainya yang cantik. Kamu atur saja jadwal liburan dan bersiaplah berpetualang di Bantayan. Kuy!

 

(dok PDOT)

Kegiatan Utama

1. Wisata Sejarah

Saat liburan di Bantayan, kamu akan menyaksikan sisa-sisa warisan sejarah mulai dari rumah kolonial Spanyol sampai dengan reruntuhan benteng yang sudah dimakan usia.

Sebut saja Gereja St Peter dan Paul Parish yang selesai dibangun tahun 1863, sehingga kini umurnya sudah se-abad lebih. Gereja ini dibangun dengan batuan koral dan gamping serta menampilkan ukiran para santo dari batu (berbeda dengan ukiran kayu yang menjadi gaya khas masa tersebut).

Kamu juga bisa berkunjung ke reruntuhan Benteng di Sta Fe, tapi yang masih lumayan utuh ada di Taman Kota di Madridejos. Sisa benteng yang ada dibangun tahun 1790-an, tapi lahan di sekitarnya kini menjadi taman. Beberapa artefak dan relikui kini dipamerkan.

Bantayan juga dikenal sebagai ibu kota masa paskah di Visayas karena peringatan dan prosesi Minggu Paskah yang sangat khidmat.

2. Wisata Pantai

Bantayan semakin popular terutama di kalangan backpacker tapi pantainya masih terawat dan sepi. Berkunjung saja ke pantai berhias pohon kelapa seperti Pantai Sugar, Pantai Paradise dan Pulau Virgin.

TIPS

1. Pastikan memuaskan perut kamu dengan hidangan di salah satu restoran laut di Bantayan dan membeli ikan asin seperti danggit di pasar umum. Bantayan merupakan desa nelayan jadi pastikan kamu menikmati berbagai hidangan laut yang menggugah selera dan masih sangat segar.

2. Perlu kamu ketahui nih, Bantayan merupakan ibukota ikan asin di Cebu. Kebanyakan ikan asin yang kamu temukan di Cebu berasal dari Bantayan. Kalau membeli ikan asin, pastikan Anda membungkusnya dengan baik sehingga tidak berbau.

(dok PDOT)

Bagaimana mencapainya

1. Udara

Pulau Bantayan memiliki bandara yang menghubungkan pulau itu dengan Badnara Internasional Mactan Cebu. Saat ini hanya Maskapai Air Juan yang melayani penerbangan ke sana.

Kamu yang berangkat dari Manila, juga bisa terbang ke Cebu dan selanjutnya mengikuti jalur laut.

2. Laut

Jika ingin ke Bantayan via jalur laut, kamu bisa berangkat dari Pelabuhan Hagnaya di Cebu. Gunakan bus atau travel jurusan Hagnaya dari Cebu (3 jam perjalanan), lalu gunakan feri (1 jam 15 menit) ke Pelabuhan Sta Fe di Pulau Bantayan.

Kapan kamu liburan ke Filipina?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *