Puerto Galera

 

 

Menikmati bawah laut Puerto Galera (puertogalera.gov.ph)

 

  Tentang Puerto Galera

Puerto Galera merupakan munisipalitas yang berada di Provinsi Oriental Mindoro, Filipina. Kawasan ini terkenal sebagai salah satu surga diving di Filipina.

Dalam bahasa Spanyol nama Puerto Galera berarti pelabuhan kapal galeon. Selama berabad-abad, kapal perdagangan menurunkan sauh di pesisir tempat ini yang posisinya di timur laut pulau Mindoro. Kini tempat ini menjadi tujuan liburan akhir pekan bagi warga Metro Manila karena Puerto Galera hanya berjarak beberapa jam saja.

Beragam hiburan dapat dinikmati wisatawan di White Beach. Banyak restoran dan bar yang menawarkan beragam hiburan menarik. Kamu juga bisa menyewa resort pribadi jika ingin suasana yang lebih intim dan tenang di Sabang atau Pantai Muelle.

 

Bawah laut Puerto Galera (puertogalera.gov.ph)

Kegiatan Utama

1. Wisata Pantai dan Laut

Pusat dari keragaman hayati laut di dunia ada di Terusan Verde, perairan di antara Batangas dan Mindoro. Terumbu karangnya mencakup 60 persen spesies ikan pesisir dunia. Sabang dapat menjadi titik keberangkatan anda.

Nikmati juga pantainya dengan tur pulau ke Pulau Boquete dan San Antonio. Kamu harus diving atau snorkling untuk melihat cantiknya bawah laut Puerto Galera.

2. Berbaur dengan Kebudayaan Lokal

Di Puerto Galera, cobalah bertemu dengan warga suku Mangyan. Kunjungi Excavation Museum, Mangyan Heritage Center, dan Desa Mangyan Iraya di Baclayan.

Nikmati Festival Musik dan Kesenian Malasimbo yang diadakan di kaki gunung di amfiteater alami. Band lokal maupun internasional berkumpul untuk merayakan musik dan kesenian. Ada juga Festival Musik Musim Panas, dan nikmati malam penuh reggae bertempo cepat. Yuhuu!

3. Menikmati Air Terjun

Banyak air terjun yang bisa kamu kunjungi saat berada di Puerto Galera. Sebut saja Air Terjun Tamaraw, Tukuran, Aninuan, dan Talipanan. Yang paling mudah dicapai adalah Air Terjun Tamaraw. .

 

Air Terjun Tamamaw (puertogalera.gov.ph)

Bagaimana Mencapainya

Untuk menuju ke Puerto Galara, kamu bisa menempunya dengan transportasi darat dari Kota Manila. Ada bus dari Manila dengan jurusan Pelabuhan Batangas. Perjalanan memakan waktu 2.5 jam.

Sedangkan untuk menikmati pulau-pulau di sekitar Puerto Galara, kamu bisa menyewa kapal tradisional ke pelabuhan Balatero, Sabang atau Muelle.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *