Provinsi Cagayan

(Cagayan Province, Philippines/Facebook)

 

Provinsi Cagayan

Provinsi Cagayan, salah satu provinsi yang bisa kamu kunjungi saat wisata di Filipina. Provinsi Cagayan berada di salah satu lembah terbesar di Filipina yang diapit oleh Pwgunungan Sierra Madre dan Cordillera. Provinsi ini beribukota Tuguegarao.

Bicara soal kekayaan pariwisata, di Provinsi Cagayan memiliki beragam kebudayaan, pemandangan menakjubkan, air terjun, sungai, jeram, gunung kapur dan hutan lebat yang masih perawan, landmark bersejarah dan banyak lagi.

Adapun destinasi tujuan utama turis datang ke Provinsi Cagayan adalah Gua Callao di Kota Penablanca dan Basilica of Our Lady of Piat di Kotamadiya Piat. Karena kedua destinasi ini punya hal istimewa yang tidak dimiliki destinasi manapun di Filipina!

Banyak lagi yang bisa kamu temukan di Provinsi Cagayan. Siapkan kopermu, atur jadwal dan cek langsung cara menuju ke Provinsi Cagayan.

 

 

Kegiatan Utama

1. Wisata religi

Adapun destinasi religi yang wajib kamu kunjungi saat ke Cagayan adalah Gereja Basilica of Our Lady of Piat di Kotamadiya Piat. Gereja ini menyimpan gambar Lady of Piat yang telah berusia lebih 365 tahun. Adapnu hari besar dari gereja ini adalah setiap tanggal 2 Juli. Gereja ini juga sebagai pusat ziarah nasional di Filipina.

Kunjungi juga St. Peter and Paul Metropolitan Cathedral, St. Dominic Church in Centro Lal-lo. Dan Katedral Santo Petrus yang merupakan gereja Spanyol terbesar di Cagayan.

Mampir juga ke Calvary Hills di Iguig. Di sini terdapat 14 menara beton berbentuk salib yang berada di tengah reruntuhan era Spanyol.

2. Jelajah gua

Adapun gua yang terkenal di Cagayan adalah Gua Callao yang berada di Cagayo North. Gua ini memiliki 7 kamar dengan formasi batu kapur dan terdapat aliran air yang langsung mengalir ke Sungai Pinacanuan.

Gua Callao juga berada di kawasan taman nasional. Di sini menawarkan kegiatan ekowisata seperti mengamati burung, kelelawar, hiking, mendaki gunung, panjat tebing, berperahu dan banyak kegiatan lainnya.

Juga ada Gua Baggao, Gua Sierra, Gua Duba yang wajib juga kamu jelajahi saat wisata di Provinsi Cagayan. Setiap gua punya keunikan masing-masing yang pastinya akan memenuhi hasrat jelajah mu!

 

(cagayan.gov.ph)

 

3. Air terjun

Provinsi Cagayan juga memiliki air terjun. Kunjungi saja Air Terjun Bangsang yang airnya langsung dari pegunungan. Walau air terjun ini tidak tinggi, namun airnya sangat segar. Juga pemandangan di sekitarnya asri dan hijau.

4. Wisata pantai

Kunjungi saja Pantai Anguib saat liburan ke Provinsi Cagayan. Pantai berpasir putih, berair jernih ini juga memiliki terumbu karang yang cantik. Jangan lewatkan snorkling dan berenang di lautnya ya.

Jelajahi juga Pulau Palaui yang berada di Sta Ana. Pulau ini memiliki teluk dengan pemandangan yang cantik.

 

Pulau Palaui (dok Philippine Information Agency)

5. Landmark dan sejarah

Kunjungi Cagayan Museum and Historical Research Center (Tuguegarao) yang mengoleksi beragam benda bersejarah provinsi. Jangan lewatkan Megapit Suspension Bridge, jembatan gantung pertama di Asia yang menghubungkan Cagayan dengan Ilocos.

Ada juga Camalaniugan Bell, lonceng tertua di Filipina yang dibuat tahun 1595.

 

Megapit Suspension Bridge (Cagayan Province, Philippines/Facebook)

Cara ke Provinsi Cagayan

1. Udara

Setiap harinya ada penerbangan dari Manila ke Kota Tuguegarao. Kamu bisa menggunakan maskapai Air Philippines dan Cebu Pacific.

2. Darat

Kota Tuguegarao bisa ditempuh dengan bus dari Manila dengan lama perjalanan 9-11 jam.

Jika kamu ingin berkeliling Provinsi Cagayan, gunakan saja becak atau kereta kuda. Kamu juga bisa menyewa mobil atau menggunakan jasa tur.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *