Pilar, Bataan

 

Pemandangan di Pilar, Bataan (dok PDOT)

Sekilas Tentang Pilar, Bataan

Bataan merupakan provinsi yang berada di kawasan Luzon Tengah, Filipina. Daerah ini terkenal sebagai kawasan beragam sejarah. Salah satunya terkenal saat Perang Dunia II karena sebagai benteng pertahanan. Provinsi mungil ini terdiri dari 11 kota kecil dan satu kota besar.

Dalam sejarah dunia provinsi ini terkenal karena March Maut Bataan selama Perang Dunia II. Ada penanda dan monumen di sepenjuru provinsi ini yang memperingati tentara yang telah berjuang keras untuk melindungi Filipina di masa tersebut. Monumen Keberanian (Shrine of Valor) di Gunung Samat salah satunya.

Kalau sejarah PDII tidak menarik bagi Anda, tidak usah khawatir. Bataan memiliki pantai-pantai yang sangat indah. Di pantai di Morong banyak terdapat resor mewah dan milik keluarga. Daerah ini juga memiliki banyak pegunungan yang meliputi 80 persen luasnya. Anda dapat mendaki Gunung Natib atau menikmati air terjun seperti Paskulan dan Duskulan.

Kegiatan utama

1.Jelajah alam

Filipina merupakan negeri yang bergunung-gunung jadi ada banyak gunung yang dapat menjadi pilihan untuk didaki. Bataan, seperti kebanyakan provinsi, memiliki beberapa gunung dan gunung api aktif. Diantaranya Gunung Natib memiliki ketinggian 2.400 mdpl serta penuh dengan spesies endemik dan langka. Perlu sekitar 4 jam untuk mencapai puncaknya.

Jelajahi juga Air Terjun Dunsulan dengan kolamnya yang bisa digunakan untuk berenang.

2. Wisata sejarah

Karena Amerika Serikat menduduki Filipina, negara ini terlibat dalam Perang Dunia II antara Amerika dan Jepang. March Maut Bataan merupakan bukti nyata perang yang dahsyat ini. 78.000 tentara Filipina dan Amerika berjalan dari Mariveles, Bataan sampai dengan Capas Tarlac. Anda dapat berziarah ke Shrine of Valor di Gunung Samat, dan mengheningkan cipta bagi pahlawan PDII.

Lihat juga situs Flaming Sword, patung tangan yang memegang pedang panjang. Patung ini dibangun untuk memperingati keberanian patriot Filipina memperjuangkan demokrasi dan kebebasan Filipina.

Las Casas Filipinas de Acuzar di Bagac merupakan resor dengan nuansa sejarah budaya karena merupakan replika kota Filipina di masa kolonial Spanyol. Terdapat rumah dan bangunan asli yang dipindahkan dengan susah payah ke lokasi dan dibangun kembali. Jika Anda mengharapkan liburan yang mewah dengan sentuhan sejarah, sebaiknya Anda langsung menuju tempat ini.

3. Wisata pantai

Di Morong, Bataan, ada beberapa pantai yang menghadap Laut Filipina Barat. Di sini Anda bisa menemukan penyu yang menandakan airnya murni dan bersih. Coba sekalian menginap di Morong Beach Club.

Cara ke Pilar, Bataan

1. Udara

Kamu bisa terbang ke Diosdado Macapagal International Airport. Di sana melayani penerbangan internasional dari kota-kota besar seperti Incheon, Singapura, dan Hong Kong.

2. Darat

Bila ingin menggunakan bus, bisa ke Bataan Transit. Ini merupakan armada bus yang melayani rute Pasay-Balanga. Armada bus Genesis melayani rute Baguio-Mariveles.

Berangkat dari Manila kamu bisa berkendara dengan mobil melewati Luzon Ekpressway Utara dan mengambil jalan Tol San Fernando atau Subic-Clark-Tarlac Expressway (SCTEX). Lama perjalanan kira-kira 3 jam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *