Pulau Dinagat

 

dok PDOT 

Tentang Pulau Dinagat

Pulau Dinagat merupakan salah satu surga pantai yang tak kalah cantik dengan destinasi populer lain di Filipina. Pulau Dinagat yang beribukota San Jose ini berada di wilayah Caraga di Mindanao.

Pulau Dinagat merupakan provinsi baru yang terdiri dari pulau-pulau kecil dengan keindahan yang luar biasa. Di Pulau Dinagat kamu bisa menikmati laut, pantai, danau dan keindahan alam yang menakjubkan. Penasarankan bagaimana keindahannya?

Kegiatan Utama

1. Wisata pantai

Sebagai negara kepulauan, tentu saja banyak pantai cantik yang bia kamu kunjungi saat wsiata di Filipina, terutama di Pulau Dinagat.

– Bitaog Beach

Pantai di Lalaking Bukid ini merupakan salah satu spot paling populer di Pulau Dinagat. Pantai berpasir putih nan lembut, dihiasi pohon kelapa dan kedua ujung pantainya ada tebing kapur. Sungguh, mata tak akan berkedip menatapnya. Di tambah lagi dengan air lautnya yang jernih, bikin kamu akan betah berlama-lama berenang di sini.

– Sundoyo Beach

Pantai ini berada di sis itimur Pulau Hagakhak. Formasi pantai favorit dengan pasir putih, deretan pohon kelapa dan perairan jernih memikat siapapun yang datang. Pantai ini sering kali menjadi spot makan siang dan tur pulau oleh wisatawan.

– Duyos Beach

Jika mencari pantai yang sempurna untuk wisata dan berkemah, Pantai Duyos lah rekomendasinya. Pantai ini berada di Pulau Dinagat yang menampilkan hamparan gundukan pasir putih dan dikelilingi air laut yang jernih. Juga di pantai ini kamu bisa melihat pemandangan dari pulau-pulau terdekat.

Selain pantai cantik di atas, kamu juga bisa berkunjung ke Punta Buena Suerte Resort, sebuah resor tepi pantai di Kepualuan Dinagat dengan pemandangan, wahana, kuliner laut yang menyenangkan.

 

(Harlan Montecir via llpdcpi.gov.ph)

 

2. Wisata danau

Salah satu danau cantik di Pulau Dinagat adalah Danau Bababu. Danau yang dikelilingi tebing batu ini juga punya gua bawah tanah yang terhubung ke laut. Sehingga di dasar danau air terasa asin, dan permukaannya berasa tawar. Hebatnya lagi rasa kedua air ini tidak tercampur lho, karena adanya fenomena meromictic.

 

Danau Bababu (Michael Franks via llpdcpi.gov.ph)

3. Wisata pulau

Banyak pulau cantik yang bisa kamu kunjungi, salah satunya Pangabangan Island. Pulau ini sangat subur dan ditumbuhi oleh tanaman hijau. Juga hamparan pasir putih, jajaran pohon kelapa, batu kapur besar tersebar di perairannya yang jernih. Yang paling menarik adalah adanya laguna yang apabila air pasang dan surut, pesonanya makin memikat.

Nah ada lagi namanya Isla Aga, pulau kecil yang berada di Kepulauan Dinagat yang formasinya terdiri dari batu kapur dengan tumbuh-tumbuhan. Kamu bisa naik ke atas batu-batu kapur in idan menikmati pemandangan pulau-pulau yang berada di sekitarnya.

Di kedua pulau ini, kamu bisa berenang, snorkling dan berfoto-foto. Tolong jaga kebersihan dan jangan buang sampah sembarangan ya.

4. Wisata sejarah

Kamu bisa berkunjung ke PBMA Shirine, sebuah bangunan yang didirikan untuk The Philippine Benevolent Missionaries Association (PBMA), sebuah organisasai persausaraan non sektarian dan asosiasi nirlaba. Bangunan ini menjadi salah satu tujuan populer terutama bagi anggota PBMA.

Kunjungi juga Islander’s Castle yang dikenal juga dengan nama Ehite Castle. Kastil ini mirip dengan Disney, berada di puncak bukit daari atasnya kamu bisa melihat pemandangan bukit, pulau dan laut yang menakjubkan.

Islander’s Castle (Kim via llpdcpi.gov.ph)

Cara ke Pulau Dinagat

1. Udara

Tidak ada penerbangan langsung dari Manila ke Pulau Dinagat. Namun kamu bisa terbang ke bandara terdekat yaitu Bandara Bancasi (Agusan del Norte) atau Bandara Surigao (Surigao del Norte).

2. Darat

Dari Surigao kamu bisa menaiki bus menuju Pulau Dinagat. Tentu kamu harus mengunakan transportasi laut menuju San Jose. Kamu akan menyeberang dengan lama perjalanan sekitar 1 jam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *