Pagudpud

Kincir Angin dengan pemandangan laut (dok PDOT)

Sekilas Tentang Pagudpud

Liburan ke Filipina banyak destinasi yang bisa membuat kamu terkagum-kagum. Mulai dari beragam situs sejarah yang menawan, bentangan alam yang hijau, hamparan pasir putih dan bawah laut dengan keberagaman mahluk laut.

Pagudpud, munisipalitas yang berada di Provinsi Ilocos Norte, Filipina. kawasan ini terkenal dengan bentangan pantainya yang menawan. Pantai yang langsung menghadap ke Laut Filipinpa Barat, dengan pasir putih dan jejeran pohon kelapa, selalu menjadi favorit wisatawan saat liburan di Pagudbud.

Berada di ujung utara pulau Luzon, Pagudpud merupakan kota pesisir yang tenang. Warganya murah senyum. Kota ini masih sepi dari wisatawan tapi mulai digemari. Tunggu apa lagi?

Kegiatan Utama

1. Wisata Pantai

Banyak pantai menawan yang bisa kamu temukan saat liburan di Pagudpud, Filipina. Begitu juga bangunan resor-resor sekitar pantai.

Pantai Saud merupakan lokasi favorit karena banyak penginapan mewah dan baru di sini. Jika ingin pantai yang lebih sepi, coba ke Blue Lagoon di Barangay Balaoi. Di sini kamu dapat melihat langsung nelayan menarik jala.

Silahkan mencoba untuk melihat-lihat hasil tangkapan mereka dan langsung tawar menawar ikan lapu-lapu (lepu) atau lobster. Anda bisa meminta warung di sekitar untuk memasaknya. Yang berjiwa petualang pasti senang mengetahui banyaknya penginapan homestay di sini. Tapi kalau Anda mau yang terbaik, segera ke Kapuluan Vista Resort, resor selancar yang bergaya.

Jika ingin ke sini, kamu bisa mencapai Pagudpud via Maharlika Highway. Jalan ini menelusuri garis pantai dengan bukit-bukit tropis di satu sisi dan perairan biru di sisi lainnya. Tidak ada kemacetan di sini jadi kalau ingin menggunakan kendaraan pribadi, Anda akan menikmatinya.

 

Pantai Saud (Photo by Edgar Alan Zeta-Yap/ vigattintourism.com)

2. Jelajah Alam

Tidak hanya pantai, liburan di Pagudpud kamu juga bisa menjelajah alamnya. Datang saja ke Air Terjun Kabigan dengan tinggi 24 meter. Untuk menuju ke sini kamu harus melewati hutan dan hijau dahulu.

Singgahlah di kota Adams dan kunjungi Air Terjun Anuplig. Kunjungi juga Air Terjun Abang di Bangui.

Berkunjung juga ke Kapurpurawan, formasi batuan putih yang terbentuk oleh alam. Main juga ke Byrgos Lighthouse, mercusuar yang ada sejak penjajahan Spanyol yang sekarang beralih fungsi menjadi museum.

Jangan lewatkan gua di tepi laut, Bantau Abot Cave, gua favorit untuk hunting foto. Ada lagi nih, Timmangtang Rock, formasi batuan sebelum Bantay Abot.

3. Wisata Kincir Angin

Kota Bangui memiliki kompleks kincir angin terbesar di Asia Tenggara. Selain menyediakan listrik untuk seluruh provinsi, kincir angin 70 meter berwarna putih cerah di sepanjang pantai memberikan pemandangan menakjubkan. Berkunjunglah dan ambil foto, tapi jangan mencoba memanjatnya!

4. Mercusuar

Karena Filipina memiliki garis pantai yang panjang, sudah sepantasnya ada banyak mercusuar. Mercusuar Tanjung Bojeador di Burgos merupakan bangunan abad ke-19 berbentuk segi delapan yang dibuat dari batu bata. Sampai hari ini mercusuar ini masih berfungsi dan memiliki museum kecil.

 

Kapurpurawan (dok PDOT)

Cara ke Pagudpud

1. Udara

Jika ingin liburan ke Pagudpud, kamu bisa mencapainya dengan melakukan penerbangan ke Laoag International Airport. Setelah itu berkendara selama 90 menit ke Pagudpud.

2. Darat

Banyak hotel dan agen wisata menawarkan paket ke Pagudpud jadi pastikan mencari informasinya di langganan Anda. Ada armada bus antar provinsi dan angkutan umum dengan rute Laoag-Pagudpud. Perjalanan memakan waktu 1.5 jam.

Anda bisa menggunakan bus jurusan Claveria atau Tuguegarao. Mintalah diturunkan di Pasar Pagudpud Baduang. Anda bisa juga memilih menggunakan Jeepney atau mini-bus ke Pagudpud. Perjalanan melewati pesisir dan pemandangannya indah, jadi jangan lupa membawa kamera Anda!

TIPS

1. Coba cicipi ‘gamet’ di Burgos, ini adalah Nori versi setempat

2.Jangan lupa menawar saat membeli hasil laut

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *