Nueva Vizcaya

Tentang Nueva Vizcaya

Nueva Vizcaya, sebuah provinsi yang berada di kawasan Lembah Cagayan di Luzon. Nueva Vizcaya beribukota Bayombong ini dieknal dengan jeruknya yang bermutu tinggi. Tidak heran kalau disebut sebagai ‘Ibu kota jeruk Filipina’.

Satu hal yang perlu kamu tahu, Nueva Vizcaya tidak memilik pantai. Namun walau begitu, banya kdaya tarik yang bisa kamu kunjungi saat liburan di sini.

Ibukota Nueva Vizcaya, Bayombong menawarkan beragam destinasi seperti gerjea, museum, dan juga wisata alam yang tidak kalah dengan daerah lain di Filipina.

Nueva Vizcaya kaya akan daya tarik gua, pegunungan, dataran tinggi, dan margasatwa, dan semuanya jauh dari pariwisata komersil yang cenderung membosankan. Tempat ini adalah tempat terpencil yang menawan yang bagi kebanyakan orang hanya mimpi.

Kegiatan Utama

1. Keliling kota

Bayombong, ibukota Nueva Vizcaya memiliki banyak objek wisata untuk melihat-lihat. Kunjungi Katedral St. Dominic yang terbuat dari batu bata dan dibangun di abad ke-17 dengan menara loncengnya yang berbentuk segi delapan.

Di dekat gereja tersebut ada People Museum’s Library yang memamerkan kekayaan warisan budaya suku asli Nueva Vizcaya. Berdiri megah di Bayombong ada kantor gubernur Nueva Vizcaya yang dijuluki ‘Luneta dari Utara’.

2. Cicipi jeruk setempat

Di Kotamadya Bayombong, jalanan dipenuhi penjaja jeruk seperti Sankis, Honey Dew, Sweet Ponkan, Yacon, Red Chandler Pomelo, dan Satsuma tanpa biji. Tapi kalau mau membeli grosiran, belanjalah di malam hari di Nueva Vizcaya Agricultural Terminal (NVAT) berlokasi di Kota Bambang.

Kebanyakan jeruk dibudidayakan di pedalaman Kasibu yang dingin dan kamu juga dapat membeli di tempat sambil memetik sendiri.

 

3. Jelajah Alam

Walau tidak ada pantai, Nueva Vizcaya memiliki daya tarik yang sangat alami yang menawan. Objek wisata alam yang paling terkenal adalah Jaringan Sistem Gua Capisaan di Kasibu.

Kagumi tiang-tiang batu yang terhubung ke batuan endapan licin dan stalagmit yang menjulang dari lantai gua. Jaringan Gua Lion-Alayan membanggakan stalaktit dan tirai batuan serta air yang mencurah ke sungai bawah tanahnya.

Untuk liburan yang lebih mendekatkan diri dengan alam, Anda bisa hiking menelusuri jalur Ambaguio melewati Gunung Pulag yang indah. Nikmati sunset menawan dan lautan awan yang membuatmu seolah berada di negeri awan! Hadapi juga tantangan Gunung Pullol dengan pemandangan menakjubkan Gunung Pulag.

Mau basah-basahan di air terjun? Datang saja ke Imugan Falls di Santa Fe. Nikmati kesegaran udara alam selama trekking 20 menit menuju air terjun ini. Juga ada Mapallao Falls di Quezon yang merupakan air terjun favoritnya warga lokal. Airnya jernih!

4. Menikmati beragam festival

Banyak festival menarik yang bisa kamu temui di Nueva Vizcaya. Sebut saja Kasipegan Festival, Baykat Festival, Panagsisibuyas Festival, Pabblat Festival, Panggayjaya Festival dan masih banyak lagi. Silahkan kamu lihat jadwalnya di sini ya.

 

Cara ke Nueva Vizcaya

Tidak ada penerbangan langsung menuju Nueva Vizcaya. Bila kamu ingin ke sini, bisa naik bus dari Filipina dnegan waktu tempuhp sekitar 5,5 jam (289 Km).

Ada juga Bus AC (Victory Liner, Baliwag Transit, dan Florida Bus) jurusan Tugeugarao di Provinsi Cagayan melewati Provinsi Nueva Vizcaya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *