Negros Occidental

 

 

(dok PDOT)

 

Sekilas Tentang Negros Occidental

Beragam destinasi menarik yang tersebar di Filipina yang bisa kamu kunjungi saat liburan di Filipina. Cobalah berkunjung ke Provinsi Negros Occidental.

Provinsi ini berada di wilayah Visayas Barat. Provinsi merupakan ketiga terpadat di Filipina. Provinsi ini memiliki 13 kota dan 19 kotamadya. Semua kota ini memiliki banyak destiasi wisata yang punya dari tersendiri untuk wisatawan yang liburan di Filipina, khususnya ke Negros Occidental.

Saat kamu liburan di Filipina, khususnya ke Negros Occidental kamu dapat berkunjung ke beragam destinasi menarik, mulai dari sejarah, pantai, dan aneka festival menarik.

Negros Occidental bukan sekedar dikenal karena sejarahnya. Provinsi ini juga dikenal karena pulau-pulau tropisnya yang indah dan lokasi menyelam.

 

The Ruins (reruntuhan) di Talisay City (dok PDOT)

Kegiatan Utama

1. Wisata Sejarah dan Arsitektur

Liburan ke Negros Occidental belum lengkap tanpa mengunjungi The Ruins (reruntuhan) di Talisay City. Rumah besar ini dibangun di abad ke-19 dengan arsitektur Neo-Romanesque-oleh baron gula Don Mariano Ledesma Lacson untuk istrinya yang berkebangsaan Portugis. Walau bangunan ini dibakar pada Perang Dunia II, kita masih bisa melihat eksteriornya.

Jalan-jalan ke kta tetangga Talisay adalah Silay yang indah. Ke mana pun kamu memandang, akan melihat rumah kolonial. Yang tercatat ada 31 rumah. Balay Negrense yang megah (rumah keluarga Victor Gaston), yang dibangun tahun 1898, memiliki taman yang indah dan 12 kamar yang luas dengan jendela yang berhiaskan pola rumit.

Ada juga rumah keluarga Bernardino Jalandoni peninggalan abad ke-19 yang masih berdiri tegak juga dibuka untuk umum. Lalu ada rumah keluarga Hofileña, yang menampilkan karya seni, koleksi barang antik, dan barang-barang peninggalan keluarga.

Kunjungi Cinco de Noviembre Revolution Marker yang berlokasi di seberang Farmacia Locsin. Tempat ini merupakan lokasi suku Negrense merencanakan revolusi terhadap bangsa Spanyol. Pro-katedral San Diego (dinamakan demikian karena didirikan untuk menghormati San Diego de Alcala dari aliran Fransiskan) tidak ada duanya di luar Manila. Gereja ini dibangun tahun 1920-an dalam gaya arsitektur Romanesque.

 

Rumah Hoflena (dok PDOT)

2. Kuliner

Sempatkan makan di El Ideal Bakery, yang konon merupakan tempat asal dari hidangan-hidangan Silay. Saat dibangun di tahun 1935, El Ideal bertujuan menyediakan camilan untuk pejudi. Rupanya mereka menyukai makanan manis.

3. Wisata Pantai

Sebagai negara kepulauan, Filipina tentu memiliki kekayaan pantai dan bawah laut yang beragam untuk dinikmati saat liburan di Filipina. Salah satunya juga bisa kamu temukan di Negros Occidental.

Datangi suaka laut dan gosong pasir yang tidak terlihat saat pasang tinggi di lepas pantai Sagay. Hidup di sini sederhana tapi indah. Terumbu karang Carbin memiliki pasir putih halus, air biru-hijau dan biota laut yang berwarna-warni.

Di pulau lainnya, Lakawon, ada pantai berpasir putih berhiaskan jajaran pohon kelapa dan beberapa pondok penginapan.

Sipalay juga memiliki pantai tropis yang indah. Punta Ballo memiliki resor menyelam dan resor mewah. Sugar Beach yang santai memiliki pasir coklat keemasan. Teluk Campomanes memiliki kapal karam yang pasti dicintai penyelam.

Penuh dengan hutan bakau, gua batu gamping, rumput laut, dan laguna yang jernih, Pulau Danjugan di Cauayan merupakan keajaiban alam. Tempat ini juga sangat sadar lingkungan karena dikelola oleh Philippine Reef dan Rainforest Conservation Foundation Inc (PRRCFI atau Lembaga Pelestarian Terumbu Karang dan Hutan Filipina). Snorkeling dan menyelam di sini sangat mengagumkan.

Lat-asan di Brgy.Matlag di Sipalay adalah teluk kecil yang tenang dan cocok untuk berenang dan berperahu. Di dekatnya ada Tinagong Dagat, danau yang sepi dan cocok juga untuk berenang, memancing, dan piknik. Laguna Malinab juga menjadi tempat yang menarik untuk berenang dan memancing.

4. Beragam Kegiatan Outdoor

Objek wisata di provinsi ini bukan sekedar aktivitas air. Kamu juga bisa trekking di Lembah Patag yang pemandangannya indah, dan menjelajahi Gunung Silay dan Gunung Marapara. Bagi yang ingin tantangan ekstra dapat hiking di Taman Kanlaon untuk melihat air terjun, alam liar, dan pemandangan menakjubkan lainnya.

Jelajah gua juga menjadi tujuan wisata di daerah ini. Di Sipalay City ada formasi Gua Matlag, dan sungai bawah tanah di Gua Mamara.

Objek wisata unik di Negros Occidental yaitu Choco Hills dapat dilihat dari Eco-translink Highway di Don Salvador Benedicto. Teras Sawah Codcod di San Carlos dipahat di muka gunung oleh petani setempat dan di situ ada koperasi yang memproduksi susu kerbau dengan merk Highland Squeeze.

Cara ke Negros Occidental

1. Udara

Ada penerbangan harian dari Manila ke Bacolod. Ada juga penerbangan dari Cebu, yang memakan waktu 30 menit.

2. Darat

Bacolod berjarak sekitar lima sampai tujuh jam dari Dumaguete City di Negros Oriental. Kamu bisa menaiki bus atau mobil pribadi.

3. Laut

Negros juga dapat dicapai dengan kapal dari Manila (18 jam perjalanan) dan dari Iloilo (45 menit) dengan menggunakan feri cepat yang berlabuh di Bacolod City.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *