Misamis Oriental

 

Divine Mercy Jesus (dok PDOT)

Tentang Misamis Oriental

Wisata ke Filipina, kamu bisa singgah ke Misamis Orienta, provinsi yang berada di wilayah Mindanao Utara, Filipina. Ibukotanya adalah Cagayan de Oro.

Provinsi ini kaya dengan sumber daya alam – baik di bawah air maupun di darat. Daerah ini juga bisa menjadi titik tolak ke Mindanao Utara, karena ibu kota provinsi Cagayan de Oro City memiliki penerbangan setiap hari ke Manila.

 

Divine Mercy Jesus (dok PDOT)

Bagaimana Mencapainya

1.Udara

Setiap harinya ada penerbangan oleh Philippine Airlines, Cebu Pacific, Zest Air, Air Philippines dari Manila ke Cagayan de Oro. Waktu perjalanan akan memakan waktu kurang lebih 2 jam.

2. Darat

Ada angkutan umum dari berbagai kota besar di Mindanao dengan jurusan Cagayan de Oro. Setiap harinya ada bus utama di Manila memiliki perjalanan harian ke area Cagayan de dan kota-kota lain di Mindanao.

3. Laut

Kamu juga bisa naik kapal feri menuju Cagayan de Oro dengan lama perjaalnan sekitar 30 jam.

Kegiatan Utama

1. Wisata pantai dan pulau

Di mana pun Anda berada, ada banyak lokasi yang bagus untuk berenang maupun snorkeling. Pertumbuhan koral yang sehat dan arus yang kuat menjadikan Misamis Oriental habitat ideal untuk berbagai jenis tumbuhan dan hewan laut. Pemandangan bawah laut di sini indah sekali.

Jangan lewatkan matahari terbenam di Pulau Agutayan yang sangat memukau. Ada mata air bawah tanah di Duka Bay Resort. Dari Mantangale Alibuag Dive Resort Anda dapat dengan mudah mengunjungi berbagai lokasi menyelam.

Setiap kali menyelam Anda akan menemukan keindahan yang berbeda. Lihat biota laut di Terumbu Agutayan dan Constancia, taman laut di Sepaka Point, air sejuk di Mata Air Medina, pemandangan laut yang indah di Punta Diwata, dan koral di sekitar gosong pasir Talisayan .

 

Gardens of Malasag Eco-Tourism Village (dok PDOT)

 

2. Jelajah alam

Jika Anda memilih di darat saja, tidak masalah. Ada banyak pepohonan ratusan tahun di Lasang Secret Adventure Eco-Tourism Park. Anda juga dapat mempelajari budaya berbagai suku di Mindanao di Gardens of Malasag Eco-Tourism Village.

Saksikan indahnya flora dan fauna di Mantianak Zoological and Botanical Park. Selain itu Anda juga bisa berarung jeram dan menjelajah gua. Jangan lewatkan Air Terjun Tiklas dan Gua Monigue.

Stalagmit dan stalaktit di Gua Monigue sangat indah. Sebelum mengunjunginya, Anda dapat mendinginkan kaki dulu di aliran air di pintu masuk gua. Airnya berasal dari sungai bawah tanah.

Adapun air terjun yang populer di Misamis Oriental adalah Sagpulon Falls setinggi 180 kaki (60 meter). Air terjun ini mengalir di tebing yang hijau.

 

Duca Bay (dok PDOT)

3. Kota dan landmark

Misamis Oriental juga menjadi tempat yang istimewa bagi umat Katolik. Tempat Doa Divine Mercy, di El Salvador City, memiliki patung Divine Mercy Jesus setinggi 15 meter.

Kunjungi Opol Aviary and Mini-zoo untuk melihat burung dan satwa lokal.

Kunjungi La Castilla Museum yang berada di Kauswagan, Cagayan de Oro. Kamu bisa melihat koleksi beragam benda dan gaya hidup Filipina selama abad 20. Jangan lewatkan juga City Museum of Cagayan de Oro, Museo de Oro, dan Museum of Three Cultures ya.

Kunjungi juga St. Augustine Metropolitan Cathedral, gereja dengan desain menawan dan interior dalamnya yang menakjubkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *