Mindanao Tenggara

 

 

 

 

Tentang Mindanao Tenggara

Mindanao merupakan provinsi yang meliputi Pulau Mindanao dengan pulau-pulau kecil di sekitarnya. Mindanao memiliki semua hal, dari pulau sampai gunung. Kalimat ini memberikan gambaran akan wilayah Davao, salah satu kota besar di Mindanao.

Berlokasi di Mindanao Tenggara, Davao menawarkan beragam pengalaman berwisata dengan latar belakang pemandangan hutan subur. Wisatawan bisa menikmati pantai berpasir putih sampai dataran tingginya yang sejuk.

Kota Davao merupakan pusat wilayah ini. Di kota ini terdapat Bandara Internasional Francisco Bangoy merupakan bandara tersibuk ketiga di Filipina.

Wilayah ini berlokasi strategis di luar jalur topan sehingga cuacanya stabil sepanjang tahun. Wilayah ini terdiri dari provinsi Lembah Compostela, Davao del Norte, Davao del Sur dan Davao Oriental.

Keragaman yang unik ini baik di segi alam maupun budaya, menjadikan Davao tempat yang wajib dikunjungi.

Rencana perjalan wisata akan sempurna apabila wisatawan mengunjungi baik kota-kota yang sudah maju maupun kota-kota kecil yang memiliki daya tarik tersendiri. Wisatawan akan merasakan hal-hal yang tidak ada di tempat lain baik mendaki tebing puncak tertinggi di Filipina maupun mengagumi flora dan fauna langka secara langsung, atau mencicip hidangan unik yang berbahan durian.

Bagi pengunjung yang menyukai pulau-pulau kecil yang tenggelam di saat pasang maupun pegunungan yang menjulang ke langit, Davao sanggup memenuhi berbagai keinginan wisatawan dan pastinya menawarkan petualangan seru.

Kegiatan Utama

1. Mengenal budaya setempat

Davao merupakan tempat berbaurnya berbagai budaya yang mencakup suku minoritas Bagobo, Mandaya, Mansaka, dan Maguindanaos. Penduduk setempat yang biasa disebut Dabawenyos dan Dabawenyas. Mereka adalah masyarakat yang ramah dan sangat bangga akan kampung halaman dan warisan budayanya.

Wilayah ini, terutama di Kota Davao, juga memiliki pengaruh jepang yang kuat karena merupakan tempat pemukiman imigran Jepang sebelum Perang Dunia II. Bahasa setempat yang umum digunakan adalah Dinabaw, Visayan, Filipino dan Inggris.

2. Compostela Valley

Wisatawan akan menemukan keindahan alam dan hal-hal menarik lainnya di provinsi ini, mulai dari air terjun sampai bunga terbesar di dunia.

3. Jelajah Kota Davao

Kota ini dikenal sebagai kota dengan populasi penduduk terpadat ketiga di Filipina, termasuk terkenal akan kebersihannya, modernitas, fasilitas umum, dan tujuan wisata lain yang mengagumkan.

Wisatawan yang lelah bisa beristirahat di Tempat Peristirahatan Pantai Mutiara bertaraf dunia di Kota Taman Samal atau Tempat Peristirahatan Hijo Estate di Kota Tagum, Davao del Norte.

Kamu juga bisa berkunjung ke Philippine Eagle Centre, pusat penangkaran elang salah satu yang terbesar di dunia. Di sini kamu bisa menemukan 35 jenis elang Filipina lho!

4. Wisata pantai dan laut

Berkunjung saja ke Pulau Taman Samal. Kamu akan dimanjakan dengan keasyikkan bersnorkeling, menyelam, serta eksplorasi keindahan alam seantero pulau!

Juga ada Davao Oriental dengan keindahan pemandangan alami dengan pantai berpasir putih, dan keanekaragaman hayati bawah air yang menggoda.

 

Elang di Philippine Eagle Centre (dok PDOT)

5. Jelajah alam

Davao del Sur, tempat terbaik bagi yang suka akan tantangan dan pecinta alam. Wisatawan akan diarahkan untuk menaklukkan alam Gunung Apo yang menakjubkan. Gunung ini memiliki puncak tertinggi di Filipina. Tertantang?

Wisatawan juga akan terpesona saat melihat bunga-bunga langka yang indah, mulai dari Anggrek Waling Waling yang anggun sampai bunga Raflesia Raksasa.

Pasti sangat menyenangkan apabila pengunjung menyempatkan berfoto ria di Air Terjun Aliwagwag yang merupakan air terjun tertinggi di Filipina.

Kamu juga akan takjub dengan satwa yang sangat terancam punah di Pusat Satwa Elang Filipina dan koloni kelelawar terbesar di dunia di Gua Kelelawar Monfort.

6. Kegiatan adrenalin

Berarung jeram di sungai berair jernih di Petualangan Arung Jeram Davao atau bersepeda ria menyusuri Kemah Sabros, jalur bersepeda terpanjang di Filipina.

Jangan lewatkan keseruan bersepeda ria di Taman Zorb atau berseluncur air raksasa di Maxima Aqua Fun.

Kunjungi juga peternakan buaya d Crocodile Park. Di sini kita bisa mengetahui tentang dunia buaya.

TIPS

1. Nikmati keindahan karya seni seniman Mindanoan, Kublai Millan di Taman Seni Kublai atau juga tak kalah menarik karya seni dari seniman nasional Napoleon Abueva di Tempat Peristirahatan Taman Malagos.

2. Nikmati kopi dan durian di Kafe Blugre, Gunung Apo.

Bagaimana Mencapainya

1. Udara

Ada penerbangan harian dari Manila ke Mindanao Tenggara dengan lama penerbangan 1 jam 40 menit.

2. Darat

Pengunjung juga bisa menaiki bus, tetapi harus menempuh jalur laut dahulu untuk menyeberang.

3. Laut

Ada kapal yang berlayar harian dari Manila menuju Ozamis dengan lama perjalanan 9 jam 12 menit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *