Masbate

 

dok PDOT

 

 

Tentang Masbate

Provinsi Masbate merupakan provinsi kepulauan yang berada di tengah kepulauan Filipina. Masbate beribukota Masbate City dan terdiri dari tiga pulau besar yaitu Masbate, Ticao dan Burias.

Masbate mempunyai julukan ‘Home of Philippine Rodeo’ karena di sini terdapat peternakan sapi yang digembalai oleh koboi dan aksi berkuda mereka yang keren. Juga di sini mengajari turis hidup layaknya seorang koboi. Jadi kamu tidak perlu jauh-jauh ke Texas bila ingin mengenal kehidupan koboi dan kuda.

Banyak spot menarik yang bisa kamu nikmati saat liburan ke Masbate. Mulai dari pantai, alamnya yang menawan, air terjun, peternakan dan perkebunan dan beragam festivalnya.

Yuk segera atur waktu kamu untuk berlibur ke Masbate.

Kegiatan Utama

1. Wisata pantai dan pulau

Sebagai provinsi kepulauan, tentu Masbate bangga dengan kekayaan lautnya dan pantainya. Beragam pantai dan pulau bisa kamu kunjungi saat liburan ke Masbate.

Kunjungi Buntod Reef Marine Sanctuary, kawasan ekowisata laut yang kaya akan terumbu karang. Bila kamu ke sini, kamu akan melihat kekayaan terumbu karang yang sangat indah. Selain itu juga ada pantai pasir putih dan hutam mangrove yang akan melengkapi liburan kamu ke sini.

Kunjungi juga Pantai Palani yang berada di selatan Kota Balud. Kawasan ini sebuah teluk dengan banyak pantai terpencil yang indah dan masih alami. Di sini hanya ada sedikit resor. Selain berenang dan menikmati pantai, kamu juga bisa bermain voli pantai, arung jeram bambu, kano, dan menikmati sunset yang menawan.

Pulau lain yang wajib kamu jelajahi di Masbate adalah Pulau Ticao. Pulau ini sangat terkenal dengan Air Terjun Catandayagan yang terkenal di media sosial. Kenapa tidak, air ini jatuh dari ketinggian dan langsung menuju ke laut. Ini adalah satu-satunya di Filipina!

Masih kurang? Kamu berkunjung saja ke Pulau Barias dan kunjungi pulau-pulau cantik di sekitarnya. Ada Pulau Animalola, Sembrero, Tinalisayan, dan Dapa.

 

Pulau Sumbrero (dok PDOT)

2. Jelajah alam dan landmark

Di Pulau Burias, kamu bisa jelajah Kota San Pascual untuk melihat sisa kejayaan Spanyol melalui reruntuhannya. Juga kunjungi Balinsasayaw, rumah bagi 80.000 burung walet. Jangan lewatkan berlayar di Sungai Mapanique yang dihiasi hutan mangrove, bebek liar dan burung-burung eksotis.

Jangan lewatkan peternakan sapi di provinsi ini. Kamu bisa melihat langsung bagaimana para peternak dengan kudanya menggembalai ratusan sapi di lahan hijau yang luas. Bahkan di sini juga ada festival yang mempertontonkan kebolehan para koboi dalam menggembala ternak.

3. Diving

Kamu yang inin melihat kekayaan dan keindahan laut dari Provinsi Masbate, datang daja ke Pulau Ticao. Di sini terdapat 12 spot cantik untuk kamu yang ingin diving. Salah satunya adalah spot untuk melihat hiu paus. Yakin nggak mau?

 

Lapay Bantigue Dance Festival (dok masbatecity.gov.ph)

4. Festival

Nikmati juga kekayaan budaya dan sosial melalui festival yang menarik di Mabaste. Mereka punya Festival Rodeo yang mempertontonkan koboi menggembala ratusan sapi mereka. Kamu juga bisa mencicipi daging sapi segar selama festival ini.

Ada juga Lapay Bantigue Dance Festival, festival tari jalanan yang meriah dan diikuti oleh semua kalangan. Selama festival, jalanan akan diramaikan oleh parade dan rentetan acara yang menarik.

5. Air terjun

Adapun air terjun yang terkenal di provinsi ini adalah Air Terjun Catandayagan di Pulau Ticao. Air terjun ini sangat instagramble! Bayangkan saja, air terjun ini jatuh dari tebing tinggi dan langsung ke air laut. Untuk ke sini kau harus naik kapal.

 

Air Terjun Catandayagan (dok zeotrip.com)

Cara ke Provinsi Mabaste

1. Udara

Kamu bisa terbang langsung ke Masbate dengan maskapai Philippine Airlines. Cek saja penerbangan kamu dan pastikan tidak terlambat dalam memesan penerbangan ya.

2. Darat

Terdapat rute bus di Araneta Center Bus (bus roro Montenegro dan Isarog) yang berangkat ke Masbatte. Lama perjalanan kira-kira 11 jam.

3. Laut

Jika kamu terbang ke Legazpi, kamu akan melewati jalur darat dan laut. Setelah dari bandara kamu naik van ke Kota Pilar dan naik kereta cepat ke Mabaste.

Dan untuk menyeberang ke Pulau Ticao, kamu harus menyeberang di Pelabuhan Pilar. Burias juga bisa ditempuh dari Pelabuhan Pio Duran di Albay.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *