Marikina

(marikina.gov.ph)

Sekilas Tentang Marikina

Kota lain yang ikut meramaikan Metro Manila adalah Marikina City. Kota ini dikenal sebagai ibu kota sepatu Filipina.

Kenapa kota ini sangat identik dengan sepatu? Karena di masa jayanya, sepatu-sepatu Filipina di produksi di sini. Kuaitas sepatunya tidak diragukan lagi. Bahkan terdapat museum Sepatu yan menyimpan sepatu tokoh-tokoh dunia lengkap dengan sejarahnya.

Sejarahnya di akhir tahun 1800-an, Kapitan Moy Guevarra belajar dan membuat sepatu dan bukannya bakya atau sandal kayu. Dia mengajari dan bekerja sama dengan warga setempat membuat sepatu di luar masa panen.

 

Museum Sepatu (marikina.gov.ph)

KEGIATAN UTAMA

1. Wisata Budaya

Banyak tempat bersejarah yang bisa kamu kunjungi saat liburan di Metro Manila, terutama di kawasan Marikina. Salah satunya adalah Museum Sepatu.

Kota ini terkenal sebagai ibu kota sepatu Filipina. Di masa jayanya, sepatu-sepatu buatan Filipina diproduksi di sini. Karena buatannya yang sangat halus, sepatu Marikina diakui sebagai sepatu klasik, tahan lama dan desainnya bagus. Kamu bisa dapatkan sepasang sepatu lokal di Marikina Shoe Trade Fair.

Sepatu Marikina begitu terkenal sehingga ada museum sepatu di JP Rizal St. Museum Sepatu manampilkan sejarah alas kaki Filipina dan dunia. Museum ini juga berisi koleksi sepatu para presiden Filipina dan aktor terkenal, termasuk 749 pasang sepatu milik seorang wanita yang ekstentrik dan boros dalam hal alas kaki, Imelda Marcos.

Bangunannya sendiri bersejarah, menggunakan bekas gudang senjata Spanyol, yang dulu juga merangkap penjara bagi Jenderal Macario Sakay selama perang Filipina-Amerika.

Selain Museum Sepatu, kamu juga bisa berkunjung ke Cultural Heritage Mapping, Immaculate Conception Parish, Rumah Kapitan Moy Guevarra sekarang menjadi Sentrong Pangultura ng Marikina (Pusat Budaya Marikina).

Kamu saat liburan di Marikina, juga bisa berkunjung ke beberapa gereja dengan arsitektur barok yang menyesuaikan untuk dapat bertahan dalam gempa. Gereja seperti ini banyak terdapat di Marikina, misalnya Gereja Lady of the Abandoned dan Gereja Jesus dela Peña.

2. Taman

Beberapa tahun terakhir, Marikina kembali giat menjadi kota percontohan. Marikina River Park memiliki jalanan yang diapit pepohonan. Sangat cocok untuk olah raga pagi dan jalur sepanjang 56 kilometer untuk bersepeda.

Selain itu, juga ada Roman Garden, Cityhood Park, The Chinese Pagoda, dan Freedom Park.

3. Beragam Festival

Marikina juga kaya akan beragam festival budaya, seperti Ka Angkan Festival, Marikina Christian Festival, Marikina Christma Festival, Sapatos Festival, dan masih banynak lagi.

4. Wisata Kuliner

Banyak cafe dan restoran dengan beragam menu menarik siap memanjakan lidah kamu saat liburan di Marikina, Filipina. Beberapa restoran dan cafe populer yang bisa kamu kunjungi diantaranya Delicere, Cafe Capitan, Industriya Marikina, Cafe Lidia, Pan de Amerikana, Patio Vera, Rustic Morning, Dapo at Tisa, dan Comedor Marikina.

Kuliner di Dapo at Tisa (dok PDOT)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *