Mandaluyong

dok SM Megamall Official/Facebook

 

Sekilas Tentang Mandaluyong

Satu lagi kota di Filipina yang harus kamu kunjungi saat wisata ke Filipina. Mandaluyong City adalah kota yang terdapat di kawasan Metro Manila dengan julukan nama yaitu Tiger City of the Philippines, Metro Manila’s Heart, and Shopping Mall Capital of the Philippine. Dari namanya kamu udah tebak bukan bisa apa saja di sini? Yap, belanja!

Cerita yang berkembang di masyarakat tentang asal usul nama Mandaluyong beragam. Ada yang bilang nama Mandaluyong berasal dari pohon luyong. Orang romantis berpendapat nama ini berasal dari kisah cinta tragis antara Manda dan Luyong. Apa pun asal-usul namanya, Mandaluyong masa kini sangat berbeda.

 

Kegiatan Utama

1. Wisata Belanja

Kamu penggila belanja dengan brand internasional datang saja ke Mandaluyong, Metro Manila, Filipina. Ada salah satu mall terbesar di dunia yang bisa kamu kunjungi yaitu SM Mega Mall seluas 348.000 meter persegi. Mall ini adalah favorit dan kebanggaannya Filipina lho.

SM Mall dapat diakses dari EDSA (Epifanio De Los Santos Avenue, jalan protokol di Metro Manila) dan MRT (Stasiun Ortigas dari Metro Rail Transit). Beragam promo dan cuci gudang setiap minggunya ada di mall ini. Mall ini dikunjungi ratusan ribu orang setiap harinya.

Juga untuk kamu yang malas dan tidak suka mall yang besar, datang saja ke The Podium, di sepanjang ADB Avenue. Cicipilah Sebastian’s Ice Cream di lantai empat memadukan cita rasa Filipina dengan bahan makanan mewah. Mau mencoba es krim mangga’t suman (kue tepung beras dan mangga)? Nyam nyam!

Satu lagi mall dengan barang berkelas dengan arsitekturnya yang mewah dan bergaya, yaitu Shangri-La Plaza, yang disebut ‘The Shang’ oleh warga setempat. Mall ini menjual produk Kate Spade, Furla, Burberry, dan Rustan’s.

Mencari hotel bintang lima yang sempurna? Tidak perlu repot. Di seberang jalan ada EDSA Shangri-La Hotel yang sangat bergengsi, salah satu dari 10 hotel teratas Filipina menurut versi Tripadvisor. Lancaster Hotel dan Go Hotel juga tempat yang bagus untuk bermalam.

2. Keliling Kota

– Berkunjung ke Shaw and Boni Avenue

– Berkunjung ke Gereja San Felipe Neri di ujung Boni Avenue

Gereja ini merupakan bekas medan perang di revolusi tahun 1896. Plaza Tatlong Bayani di sepanjang Bonifacio Street merupakan menumen peringatan bagi pahlawan revolusi termasuk Gat Andres Bonifacio, Jendral Kalentong, dan Laureano Gonzales.

– Berkunjung ke Dambana ng mnga Alaala (Monumen Peringatan), sebuah monumen untuk mengenang pejuang revolusi.
– Berkunjung saat natal, singgahlah di Policarpio Street

Filipina dikenal memiliki masa raya Natal terpanjang di dunia. Warga Filipina mulai mempersiapkan Natal setelah Halloween dan berakhir di Perayaan Tiga Raja. Singgahlah di Policarpio Street di masa raya natal dan kagumi lampu-lampu hias di setiap rumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *